Vaksin Janssen Terbukti Efektif di Korea

0

Komisi Keamanan Makanan dan Obat Korea mengkonfirmasi keefektifan vaksin Janssen Johnson & Johnson untuk menghadang infeksi COVID-19.

Pikiran rakyat

Berdasarkan studi di Amerika Serikat, Belgia, Jepang, Jerman dan lainnya, vaksin Janssen diketahui efektif melawan infeksi Covid-19 sebesar 66,9 persen, 14 hari setelah vaksinasi. Sementara itu, jika disuntikkan pada pasien yang terinfeksi parah, vaksin Janssen terbukti efektif dengan persentase 76,7 persen, 14 hari setelah vaksinasi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan vaksin dengan persentase keberhasilan sebesar di atas 50 persen layak digunakan karena mampu dianggap mampu menangkal COVID-19 yang dianggap penyakit berbahaya.

Sementara itu, komisi yang dikumpulkan oleh kementerian menemukan vaksin Janssen cukup efisien untuk dipertimbangkan dan menunggu untuk persetujuan pemerintah Korea. Meski begitu, 0,4 persen yang telah divaksinasi oleh vaksin Janssen, mengalami efek samping yang serius.

Selain persetujuan komisi, vaksin Janssen perlu disetujui pada dua tingkat lagi di dalam kementerian sebelum dapat diizinkan untuk digunakan di Korea. Korea telah menandatangani kesepakatan dengan Johnson & Johnson dengan membeli vaksin Janssen untuk 6 juta masyarakatnya. Berbeda dengan vaksin AstraZeneca atau Pfizer yang membutuhkan dua kali suntikan, vaksin Janssen hanya membutuhkan satu kali suntikan.

Korea memulai rangkaian vaksinasi pada 26  Februari lalu. Menurut Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA), hingga pada tanggal 29 Maret, total 793.966 orang telah divaksinasi dengan suntikan pertama, yakni vaksin AstraZeneca atau Pfizer. Kebanyakan mereka ialah pasien dan pekerja medis di fasilitas berisiko tinggi, seperti panti jompo untuk rumah sakit lansia dan penyembuhan, serta pekerja medis di rumah sakit yang berfokus pada perawatan COVID-19. Menurut Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan, guru di sekolah khusus penyandang disabilitas, dan guru kesehatan di pusat penitipan anak, juga diketahui akan mendapatkan vaksin pada April ini.

Sementara bulan Mei, anggota awak kabin di seluruh maskapai akan memenuhi syarat untuk vaksinasi. Dan di bulan Juni, anggota staf medis di rumah sakit umum, apoteker, guru penitipan anak, TK hingga SD kelas satu dan dua,akan mendapat suntikan vaksin, bersama dengan polisi, pemadam kebakaran, dan tentara.

Korea berencana akan menyelesaikan tahapan vaksin hingga bulan November mendatang.

Sumber : https://koreajoongangdaily.joins.com/2021/03/29/national/socialAffairs/janssen-korea-covid19/20210329173400361.html