Sisi Gelap Dibalik Kehidupan Serba Glamor Idola KPOP

0
Image source : Naver

Menjadi seorang idola yang digemari banyak orang dengan popularitas mendunia tentu menjadi impian banyak kaum muda. Kehidupan glamor, dikenal publik, tampil di TV, menjadi model majalah, jalan-jalan ke luar negeri dan berbagai kehidupan ‘mewah’ lainnya tentu menjadi sebuah keberuntungan yang tidak bisa dimiliki oleh semua orang.

Berkat berkembangnya Hallyu di mancanegara, banyak kaum muda Korea yang berlomba-lomba untuk bisa berdiri di atas panggung yang mereka impikan. Hal itu dicapai dengan berbagai perjuangan yang mungkin akan membuatmu tercengang.

Berikut ini adalah beberapa sisi gelap di balik kehidupan serba glamor pada idola KPOP yang wajib kamu ketahui:

1. Menjalani masa training selama bertahun-tahun

Image source : The Korea Times

Banyak agensi besar yang telah melahirkan sejumlah idola ternama dan sebagian besar dari mereka telah debut di usia dini. Mereka memulai pelatihan jauh di usia muda dan menghabiskan waktu bertahun-tahun hingga bisa debut. Bagaimana dengan mereka yang tidak bisa debut? Pahitnya, mereka akan dikeluarkan kalau tidak memenuhi syarat khusus atau tidak memiliki kemajuan, entah berapapun lama masa latihan yang telah mereka jalankan.

2. Operasi plastik untuk memenuhi standar kecantikan

Image source : Naver

Selain memiliki bakat, calon idola dituntut untuk memiliki penampilan yang sempurna. Banyak agensi artis yang menekan para trainee untuk memperbaiki penampilan mereka sebelum debut dengan menjalankan operasi plastik. Meskipun tidak banyak idola yang blak-blakan soal ini, ada juga para idola yang terang-terangan mengaku telah menjalani operasi plastik, seperti di mata, hidung, dahi, dan sebagainya.

3. Diet ekstrim dan rutinitas gym yang padat

Image source : Naver

Artis diminta untuk menjaga kestabilan berat badan untuk mencapai image ‘tubuh yang sempurna’. Banyak artis yang ‘curhat’ tentang kisah diet ekstrim yang mereka lakukan di masa pra debut. Bahkan agensi akan memasang CCTV di asrama para trainee untuk mengecek kegiatan trainee. Sejumlah idola KPOP juga mengakui bahwa agensi akan mengecek berat badan secara teratur dan akan dihukum jika melebihi standar berat badan yang ditentukan.

4. Tidak semua idola dapat penghasilan yang ‘sesuai’

Image source : The Fact

Penggemar mungkin melihat para idola selalu ceria dan menyambut penggemar dengan senyuman manisnya. Padahal di balik itu, mereka menghadapi kesulitan untuk menghasilkan uang. Ini dikarenakan mereka harus membayar hutang kepada agensi atas seluruh biaya yang dikeluarkan agensi selama menanggung biaya pelatihan sebelum debut. Hanya mereka yang cukup terkenal akan menerima love call sebagai model iklan. Sementara yang lainnya hanya bergantung pada penjualan album, tiket konser, atau bayaran tampil di TV, yang belum tentu mencukupi.

5. Terkadang mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari CEO agensi

Image source : Yonhap News

Meskipun ini tidak berlaku untuk semua agensi, tetapi banyak dari calon idola yang harus menerima perlakuan tidak menyenangkan dari atasan mereka, seperti pelecehan seksual dan prostitusi. Ini tidak hanya terjadi pada idola wanita, tetapi juga idola pria.

Demikianlah beberapa sisi gelap dibalik kehidupan glamor para idola KPOP. Nah, sekarang kita bisa belajar untuk menghargai karya-karya para idola, ya!