Simak Kunci Sukses Market Kurly, E-Commerce Asal Korea!

0

Market Kurly, didirikan oleh Sophie Kim, seorang wanita asal Korea Selatan yang menyelesaikan kuliahnya di Wellesley College, merupakan sebuah e-commerce yang bergerak dibidang bahan makanan sehari-hari dengan sistem pengiriman satu malam di Seoul dan beberapa daerah di sekitarnya. 

Bahan makanan yang ditawarkan oleh Market Kurly merupakan produk segar dari pertanian langsung dan produk siap masak dengan kualitas premium. Biasanya, ini khusus ditawarkan untuk memenuhi permasalahan yang kerap dirasakan oleh pasangan rumah tangga yang keduanya sibuk bekerja dan kesulitan menemukan waktu untuk berbelanja ke pasar swalayan. 

Pelanggan dapat memesan produk bahan makanan hingga pukul 11.00 malam sebelum tidur, dan produk akan sampai pada keesokan harinya pada pukul 7 pagi. 

Kunci sukses Market Kurly berada pada tangan Sophie Kim. Ia beranggapan bahwa semua produk yang ditawarkan di Market Kurly pasti sudah melewati proses percobaan olehnya sendiri. Selain itu, ia juga mengaku bahwa Market Kurly tidak terlalu fokus terhadap kompetitor, karena menurutnya, jika Market Kurly terlalu fokus terhadap kompetitor maka akan susah untuk menjaga business model Market Kurly dan akan melupakan tujuan utamanya, yaitu menyediakan makanan enak untuk kepuasan seluruh pelanggan. 

Selain itu, Market Kurly juga berhasil melakukan demand forecasting (perhitungan peramalan permintaan) dan pengiriman di pagi hari untuk meminimalisir kemacetan. 

Perkembangan bisnis Market Kurly dapat dilihat dari penggunanya yang mencapai 5,8 juta pengguna dengan pendapatan sebesar USD 392 juta (Rp. 5647,446 Miliyar) pada tahun 2019 silam. 

sumber  : https://asia.nikkei.com/Business/Startups/Seoul-s-Kurly-remakes-home-cooking-with-overnight-food-delivery