Ramadhan di Korea di tengah Pandemi

0

Assalamualaikum, pembaca Ten Indonesia!

Tak terasa sudah hari Jumat dan kembali lagi di artikel K-Islam Ten Indonesia. K-Islam beberapa minggu ke depan akan terasa spesial karena kita akan memasuki bulan Ramadhan. Nantikan terus kegiatan Ramadhan di Korea melalui K-Islam update setiap minggunya di hari Jumat ya.

Kali ini, kita akan membahas tentang menyambut ramadhan di Korea. Sebagai negara yang mulai menggencarkan tagar ‘musim friendly’ Korea kini diserbu WNA, tak terkecuali warga negara muslim. Namun, di tengah pandemi COVID-19 ini, bagaimana cara masyarakat muslim di Korea menyambut bulan suci Ramadhan?

Sebagai negara yang mayoritas bukan muslim, tentu Ramadhan di Korea tidak se-spesial Ramadhan di Indonesia. Meski begitu, masyarakat muslim di Korea pastinya menyambut Ramadhan dengan rasa syukur dan bahagia. Di Korea, umat muslim harus berpuasa sekitar 16 jam 30 menit setiap harinya karena Korea memiliki waktu matahari terbenam yang jauh lebih lama dari Indonesia. Kebayang kan pasti bagaimana harus berpuasa di negara mayoritas bukan muslim apa lagi waktunya lebih lama dibandingkan dengan Indonesia?

Menurut informasi warga Indonesia yang melanjutkan studi di Korea, kini tak susah untuk menemukan makanan halal di Korea. Mencari bahan pangan daging, seperti ayam atau beef yang berlogo halal banyak ditemukan di supermarket. Jika ingin mencari rempah-rempah khas Indonesia, kalian juga bisa membelinya di Asia Mart yang biasanya terletak di dekat kampus maupun daerah Itaewon.

Sayangnya, di tengah pandemi COVID ini, warga muslim di Korea harus melaksanakan ibadah di rumah karena aturan protokol COVID yang tidak memperbolehkan lebih dari 4 orang berkumpul (area Seoul dan sekitarnya). Untuk informasi masjid Seoul Central Mosque yang terletak di Itaewon, kabarnya telah dibuka untuk umum. Namun, mengenai untuk ibadah sholat tarawih sepertinya belum dilaksanakan di masjid.

Sekian K-Islam minggu ini, kita bertemu lagi minggu depan ketika menjalani ibadah puasa!

Wassalamualaikum warahmatuallahi wabarakatuh