Profil Idola Pria KPOP Terkaya Favorit Pembaca Ten Indonesia : Choi Siwon Super Junior

1

Hi, pembaca Ten Indonesia! 

Kali ini Ten Indonesia akan membahas profil tentang salah satu idola pria terkaya, yaitu Choi Siwon atau yang biasa dikenal Siwon Super Junior. Seperti yang kita ketahui, Super Junior sampai saat ini masih eksis sebagai grup idola pria terbesar dan popularitasnya berpengaruh kepada para membernya. Nama Choi Siwon terkenal tidak hanya di Korea melainkan mendunia, termasuk Indonesia. Pasalnya, Siwon merupakan brand ambassador merk makanan Indonesia dan aktif mempromosikannya di akun sosial media twitter. Siwon juga tak jarang mengabadikan semangat dirinya dalam belajar Bahasa Indonesia. Tak heran akun sosial Siwon baik twitter maupun instagram dibanjiri komentar lucu para netizen.

Sebelum membahas Siwon lebih dekat, yuk simak profil singkatnya dibawah ini!

Biodata

  • Nama Asli: Choi Siwon
  • Tempat, Tanggal Lahir: Seoul, Korea Selatan, 7 April 1986 
  • Zodiak: Cancer
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Pendidikan: Inha University, Apgu Jeong High School
  • Agama: Kristen Protestan
  • Nama Orang Tua: Choi Ki Ho (Ayah) dan Byun Jae Jeong (Ibu)
  • Nama Saudara: Choi Ji Won (Adik)
  • Tinggi Badan: 183 cm
  • Berat Badan: 65 kg
  • Golongan Darah: B
  • Posisi: Sub vokal (Super Junior)
  • Profesi: Aktor, penyanyi, model
  • Keahlian Khusus: Taekwondo
  • Hobi: Fotografi
  • Akun Instagram: @siwonchoi
  • Akun Twitter: @siwonchoi
  • Akun Facebook: Siwonchoi047

Pre Debut

Siwon lahir di Seoul, Korea Selatan. Dia memiliki seorang adik perempuan bernama Choi Ji-won. Ayahnya adalah seorang CEO Boryung Medicine, sebuah pharmaceutical company. Dia menyelesaikan sekolahnya di Gu Jeong High School pada Februari 2006 dan mendapatkan gelar sarjana dari Inha University pada Februari 2012.

Siwon ditemukan oleh agen pencari bakat SM Entertainment saat berusia 16 tahun saat dia menunggu temannya di SMA. Agen tersebut merekomendasikannya untuk mengikuti audisi di perusahaan Starlight Casting System. Dia mengikut audisi tanpa persetujuan orang tua; baru memberi tahu mereka setelah lulus audisi. Meskipun orang tuanya mengijinkannya menandatangani kontrak dengan SM Entertainment, mereka tidak memberikan bantuan sama sekali karena mereka ingin dia bertanggung jawab sepenuhnya pada keputusan yang diambil. Kemudian dia pindah ke asrama bersama rekan-rekan sesama trainee dan mendapat pelatihan bernyanyi, akting dan menari. Dia muncul dia video musik Dana The Grace pada tahun 2003. Tahun 2004, Siwon muncul di drama pendek, Precious Family, tahun 2005 sebagai Kang Bong-man di Eighteen, Twenty-Nine KBS drama dan sebagai Park Sang-woo di drama Spring Waltz in 2006.

Super Junior

Tidak lama setelah kemunculan Siwon di Televisi, SM Entertainment mengeluarkan pernyataan resmi bahwa dia akan memulai karier debut di dunia musik sebagai salah satu dari boy band beranggotakan 12 orang. Beberapa bulan sebelum debut sebagai Super Junior 05, Siwon muncul secara resmi di media dengan temannya sesama anggota boy band Han Geng sebagai salah satu model di fashion show Bum Suk.

Siwon resmi debut dengan proyek grup 12-member yang akan dirotasi, Super Junior 05 pada 6 November 2005 di acara musik Popular Songs SBS, menampilkan single pertama, “Twins (Knock Out)“. Album debut mereka SuperJunior05 (Twins) dirilis pada 5 Desember 2005 dan menempati peringkat #3 di tangga bulanan MIAK K-pop.

Bulan Maret 2006, setelah SM Entertainment merekrut member baru Kyuhyun, grup ini menghilangkan “05” dan resmi bernama Super Junior. Single pertama bentuk baru grup ini “U” dirilis 7 Juni 2006, Pada musim gugur 2007, Siwon bersama Super Junior merilis album kedua, Don’t Don, yang berhasil menjadi album terlaris kedua setelah SG Wannabe pada tahun tersebut.

Debut Akting

Setelah debut di bidang musik, dia terlibat di sebuah film Hong Kong epic film A Battle of Wits sebagai Pangeran Liang Shi, bersama Andy Lau. Dia mempromosikan film tersebut di Tiongkok pada November 2006. Siwon mendapat sambutan positif untuk penampilannya tersebut. Dia juga menerima pujian dari Andy Lau, yang menyatakan Siwon adalah aktor luar basa dan membuat contoh yang baik untuk aktor Hong Kong.Tahun 2007 Siwon bersama member Super Junior membintangi sebuah film komedi/misteri SMA Attack on the Pin-Up Boys yang dirilis 26 Juli. Dia berperan sebagai Ketua OSIS yang diktator dan severe yang menjadi salah satu korban yang sangat mungkin untuk diserang oleh penyerang misterius. Sebulan kemudian, Siwon bermain di drama Legend of Hyang Dan sebagai Lee Mong-ryong.

Bulan Januari 2010, Siwon membintangi drama SBS Oh! My Lady. Sebuah drama komedi romantis tentang seorang bintang muda papan atas yang memiliki seorang putri. Demi mengurus putrinya ini dia terpaksa hidup dengan mantan pembantu rumah tangga yang kini menjadi manajer-nya, seorang wanita berusia 35 tahun yang berusaha mengumpulkan uang untuk mendapat hak asuk anakanya. Dia juga membintangi musik video rekan sesama label-nya, seperti Girls’ Generation‘s “Hoot“, dan bersama rekan se-grupnya Han Geng duet Zhang Liyin dan Xiah TVXQ (Sekarang Junsu JYJ)” Timeless (Zhang Liyin song).

Tahun 2015, Siwon membintangi drama MBC “She Was Pretty” sebagai pemeran utama kedua, Kim Shin-hyuk. Seorang editor majalah fashion yang ternyata juga seorang penulis misterius yang karyanya sangat terkenal. Sukse dalam perannya, ia berhasil membuat banyak penonton mengalami second lead syndrom.

Kehidupan Pribadi

Choi Siwon masuk wajib militer seteleh menyelesaikan drama “She Was Pretty”. Tanggal 19 November 2015 bersama Changmin, mereka pergi secara diam-diam tanpa sorotan media ataupun perpisahan dengan penggemar. Pada Februari 2016, Siwon dipercaya oleh Kepolisian Metropolitan Seoul untuk tampil dalam sebuah iklan sosial “Kind Call 112 Project”, sebuah seruan untuk menghentikan kekerasan pada anak-anak. Selain itu, bersama Donghae, Changmin TVXQ, dan Sungje Supernova terpilih sebagai duta program kampanye untuk memerangi kekerasan di sekolah.

Siwon secara mengejutkan muncul di video musik berjudul “Watch Out” yang dinyanyikan oleh rekan segrupnya di Super Junior yang sama-sama tengah menjalankan wajib militer, yakni Donghae. Dirilis tanggal 5 September hasil kerja sama antara Kepolisian lalu lintas Korea Selatan dan Danal Entertainment dalam rangka kampanye lalu lintas, khususnya berhati-hati dalam menyeberang. Siwon menjadi perbincangan karena tampilan barunya dengan kawat gigi.

Tanggal 22 Oktober 2016 Siwon tampak hadir di Kedutaan Besar Thailand di Seoul untuk melakukan penghormatan terakhir atas wafatnya Raja Bhumibol Adulyadej

Siwon menyelesaikan wajib militer pada 18 Agustus 2017. Setelah menjalani wajib militer selama kurang lebih dua tahun, dia bergabung dengan UNICEF Korea yang mengadakan kampanye “SMile for U” di Vietnam. Dia berada di negara tersebut selama lima hari, dari tanggal 21 hingga 25 Agustus 2017, untuk melakukan kegiatan sosial, terutama mengajari anak-anak tentang musik. Berkat kontribusinya sebagai relawan, dia mendapatkan piagam penghargaan dari UNICEF.

Diskografi

Filmografi

T.M.I

  • Tak hanya pintar menyanyi dan berakting, Siwon juga mahir bermain drum.
  • Penyanyi asal Korea Selatan ini menjadi perwakilan UINCEF Korea untuk masalah anak-anak dan terpilih sebagai Duta Besar Regional UNICEF untuk Asia Timur dan Pasifik November 2019.
  • Awalnya, lelaki berusia 33 tahun ini tidak memberitahu orang tuanya untuk audisi SM Entertainment. Ia baru memberi tahu ketika lolos audisi.
  • Siwon juga memiliki nama panggilan lain seperti Simba, Horse, dan The Lord No. 1 Fan.
  • Di akta kelahirannya, tanggal lahir Siwon tertulis 10 Februari 1987.
  • Penyanyi tembang Sorry Sorry ini merupakan seorang Kristen Protestan yang taat. Ia ingin menjadi misionaris setelah berkarier.
  • Dirinya muncul di perangko Cina tahun 2008, menjadi salah satu dari empat artis Korea Selatan yang melakukan.
  • Laki-laki berpostur 183 cm ini selesai menjalani wajib militer pada 18 Agustus 2017.
  • Selain memiliki nama Korea Selatan, Siwon juga memiliki nama barat, Andrew Choi.
  • Makanan kesukaannya adalah wafel dan minuman kesukaannya espresso.
  • Sejak kecil Siwon dekat dengan ibunya.
  • Ia dinobatkan sebagai member terkaya di Super Junior karena ayahnya adalah seorang CEO di Boryung Medience Co.
  • Selain menjadi member terkaya, ia dikenal sebagai pria paling gentleman dan keren di SuJu.
  • Ia pernah tampil bersama TRAX sebagai drummer tahun 2006.
  • Aktor Oh! My Lady ini mampu berbahasa Mandarin, Korea, Inggris, dan sedikit bahasa Kanton dan Jepang.

Nah itu dia sekilas tentang Choi Siwon, tidak hanya tampan, cerdas juga multitalenta. Jangan lewatkan Ten Polling setiap sabtu malam hanya di instagram Ten Indonesia. Sampai jumpa!

1 COMMENT