Pro-Kontra Artis Korea tentang Aplikasi Viral Clubhouse

0

Clubhouse, yang merupakan sebuah aplikasi sosial media yang baru diluncurkan pada bulan April 2020 oleh Paul Davison dan Rohan Seth ini menjadi tren besar di Korea. Clubhouse sendiri merupakan aplikasi dimana penggunanya harus diundang oleh orang lain untuk bergabung, aplikasi ini baru tersedia bagi pengguna apple. Beberapa orang penting di Korea memiliki minat yang tinggi pada aplikasi ini, beberapa orang tersebut yaitu; 

profile perdana menteri Korea di Clubhouse – clubhouse

Chung Sye Kyun yang merupakan seorang perdana menteri di Korea pun ikut meramaikan aplikasi Clubhouse, dengan username @yunvely. 

Chung Sye Kyun cukup aktif dalam aplikasi popular tersebut. Ia kerap bergabung dan membuat ruangan selama satu jam bersama para anggota demokrasi lainnya seperti Jung Cheong-rae dan membicarakan mengenai isu politik seperti harga perumahan yang tinggi hingga isu panas lainnya. 

Menurutnya, aplikasi Clubhouse dinilai cukup unik karena siapapun bisa berbicara dan fokus aplikasi tersebut hanya mengeluarkan suara sehingga aplikasi ini dinilai menjadi alat komunikasi yang paling baik diantara platform sosial media lainnya. 

Selain itu, beberapa artis K-POP lainnya pun turut meramaikan Clubhouse di antaranya :

Mino ‘WINNER’ – MSN

– Mino ‘WINNER’ @songminho

– Taeyeon dan Yuri ‘SNSD’ @taeyeonn @yulyulk89

– Eric Nam @ericnam

– SUJU @siwonchoi @earlyboysd 

– Amber F(X) @ajol_llama 

Jae ‘DAY6’ -Liputan6

– Jae ‘DAY6’ @eajpark

Para idol memanfaatkan Clubhouse sebagai jembatan bagi para fans untuk berinteraksi secara langsung dengan para idol. 

Meski demikian, ada beberapa idol yang mengkritik fitur undangan Clubhouse. Rapper Din Din mengkritik fitur undangan ini terlalu kuno karena ada beberapa oknum yang menjual fitur undangan ini seharga 10 ribu won hingga 20 ribu won (Rp126 ribu hingga Rp253 ribu). Hal tersebut mengingatkannya pada orang yang ingin memasuki pesta di abad pertengahan yang kuno dan menurutnya percakapan di Clubhouse terkesan satu arah. 

Selain Din Din, aktor Kim Ji Hoon juga menyuarakan kritikan melalui laman instagram pribadinya. Ia berpendapat bahwa aplikasi tersebut terlalu mempengaruhi harga diri orang. Ia beranggapan jika seseorang tidak mendapatkan undangan Clubhouse, maka itu seolah menjadi sesuatu yang penting yang tidak bisa didapatkan dan menimbulkan kecemasan tersendiri dalam pribadi seseorang. Kim Ji Hoon sendiri tampak cukup ragu untuk menggunakan platform tersebut. 

Pembaca Ten Indonesia, sudah mencoba clubhouse? Menurut kalian bagaimana? 

Sumber : techcrunch, koreabizwire