Penyebaran Virus Meningkat, Pekerja Sauna di Korea Lakukan Tes PCR

0
Suasana tempat Sauna di Korea – inikpop

Para pekerja sauna di Korea akan melaksanakan tes COVID-19 pada hari senin (22/03). Hal ini dilakukan karena meningkatnya penyebaran virus di sauna. 

Badan Penanggulan Bencana dan Keselamatan pusat mengatakan bahwa akan menerapkan tindakan khusus pada sauna yang memiliki pekerja sauna (scrubber, tukang cukur, ahli kecantikan) untuk melakukan tes PCR (Polymerase Chain Reaction).

Selain itu, akan ada kewajiban untuk mengecek suhu dan pendataan dengan QR Code untuk pelanggan sauna. Demi mempersempit penyebaran virus, petugas kesehatan merekomendasikan para pelanggan untuk tidak mengobrol, tetap menggunakan masker, tidak makan, dan tidak lebih dari satu jam di dalam sauna. 

Sejak bulan Oktober 2020 lalu, diberitakan lebih dari 1200 kasus covid-19 berasal dari sauna. Kasus terakhir, pada sebuah sauna di Jinju, Gyeongsang, dicatat sebanyak 198 kasus sejak Jumat (19/03).

Hal tersebut diduga karena ruangan sauna yang tidak memiliki ventilasi dan orang dapat berdiam lama selama beberapa waktu sehingga penyebaran virus menjadi lebih cepat. 

Pemerintah lokal telah melaksanakan inspeksi terhadap 3,486 pemandian sauna di seluruh Korea, dan akan melaksanakannya kembali pada minggu terakhir di bulan Maret 2021 ini.

Jumlah kasus covid-19 di Korea Selatan – Koreajoongangdaily

Jumlah yang terus meningkat diduga karena pada musim semi, masyarakat lebih aktif dalam kegiatan sehari-hari dibandingkan pada musim dingin. 

Untuk menangani permasalahan ini, Korea akan memberikan vaksin AstraZeneca pada 376,000 orang.