Penerima Vaksin Dibebaskan dari Isolasi Mandiri Wajib 14 Hari di Korea Selatan

0
Image source : The Korea Herald

Mulai hari ini (5/5), Korea Selatan menerapkan peraturan baru terkait pembebasan isolasi mandiri wajib 14 hari bagi mereka yang telah divaksinasi. 

Dilansir dari The Korea Herald, aturan baru ini diterapkan hanya untuk mereka yang telah diinokulasi penuh di Korea Selatan dua minggu setelah menerima suntikan vaksin COVID-19, menurut Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA). 

Meski demikian, mereka masih perlu menerima tes COVID-19 dan tidak memiliki gejala terkait untuk dibebaskan dari isolasi mandiri wajib. 

KDCA mengatakan pendatang dari negara-negara yang bergulat dengan kasus varian yang lebih menular, termasuk Afrika Selatan dan Brasil, tidak termasuk dalam pengecualian. Per Minggu, (2/5), total 9 negara termasuk Afrika Selatan, Brasil, Malawi, Botswana, Mozambik, Namibia, Tanzania, Republik Suriname, dan Paraguay, dikecualikan dari peraturan ini.

KDCA sebelumnya mengatakan pihaknya berencana untuk menghasilkan langkah-langkah untuk memverifikasi sertifikat vaksinasi dari luar negeri dan menerapkannya secara bertahap untuk mereka yang divaksinasi di negara lain berdasarkan prinsip timbal balik.

Suci A.