Ondol, Sistem Pemanas Ruangan Tradisional Korea

2

Negara Korea Selatan memiliki kekayaan budaya tradisional yang unik dan dikagumi banyak wisatawan, salah satunya budaya tradisional Ondol.

Ondol (온돌), yang juga dikenal dengan istilah goodeul (구들) atau banggoodeul (방구들), adalah sistem pemanas tradisional Korea di mana batu besar yang membentuk lantai kamar dipanaskan oleh udara panas yang bersirkulasi di bawahnya.

Image source : permies.com

Sistem pemanas unik yang berasal dari Kerajaan Goguryeo (37 SM-668 M) ini membuat orang Korea mengadopsi “budaya duduk”. Mereka akan melepas sepatu mereka, duduk dan tidur di lantai, alih-alih menggunakan kursi atau tempat tidur.

Image source : Naver

Ondol juga menciptakan berbagai manfaat kesehatan. Sesuai aturan termodinamika, udara di dalam ruangan bersirkulasi secara alami saat udara yang dipanaskan oleh lantai panas bergerak ke atas dan udara dingin bergerak ke bawah. Karena orang tidur di lantai, panasnya meningkatkan sirkulasi darah di kaki dan punggung mereka. Beberapa bahkan mengklaim bahwa sistem ondol memiliki manfaat kesehatan yang sama dengan sauna Finlandia, mata air panas Jepang, dan bermanfaat dalam hal membantu orang bertahan di musim dingin.

Sebagian besar bangunan dan rumah modern di Korea masih menggunakan metode pemanas yang mirip dengan ondol. Saat ini, pipa air panas dipasang di bawah lantai untuk menghangatkan ruangan alih-alih perapian dan saluran asap.

Image source : kto id

Meskipun ondol tradisional tergolong langka saat ini, namun kamu masih bisa mencoba untuk merasakan pengalamannya dengan menginap di berbagai kuil, hanok tradisional, atau bahkan beberapa hotel. 

2 COMMENTS