Mengenal Doljanchi, Pesta Ulang Tahun Pertama di Korea Selatan

0
Image source : 문화뉴스

Pernahkah kamu mendengar istilah Doljanchi dalam bahasa Korea? Doljanchi adalah sebuah istilah yang berarti sebuah pesta ulang tahun pertama di Korea, dimana 돌 (Dol) berarti ulang tahun pertama di Korea dan 잔치 (janchi) berarti pesta.

Doljanchi biasa dirayakan secara besar-besaran untuk memberkati anak tersebut dengan masa depan yang sejahtera dan kehidupan yang sehat.

Meskipun perayaan ini dilakukan berbeda-beda dalam setiap keluarga, namun akhir-akhir ini doljanchi dilakukan semaksimal mungkin. Pada umumnya, sebelum pesta dimulai, orang tua dan sang anak berfoto untuk membuat album kenangan. Tempat pesta pun bisa dilakukan di rumah, di restoran atau hotel (bahkan ada agen yang menawarkan paket jasa seperti fotografer, pembawa acara MC, persewaan hanbok, dan sebagainya)

Image source : parabebe.tistory

Jika perayaannya disebut dengan Doljanchi, maka puncak acara itu dinamakan Doljabi. Doljabi dari kata 돌 (Dol) yang berarti ulang tahun pertama di Korea dan 잡이 (jabi) yang berarti mengambil, merupakan tradisi dimana anak ditempatkan di depan berbagai barang atau benda (Biasanya 6 – 8 barang). Kemudian, anak didorong untuk mengambil satu atau dua dari kumpulan benda, di mana setiap pilihan mewakili masa depan tertentu dari anak tersebut sehubungan dengan karir atau gaya hidupnya.

Image source : goitable.com

Barang-barang yang biasa disiapkan adalah benang, buku, pulpen, stetoskop dokter, mikrofon, dan lain-lain. Misalnya, jika seorang anak memilih stetoskop dokter, ia kelak akan menjadi dokter. Jika memilih uang, ia akan menjadi orang kaya. Benda lain seperti pulpen melambangkan keinginan untuk belajar dengan baik, benang warna-warni melambangkan umur panjang, bola melambangkan pemain sepak bola, mikrofon melambangkan anak itu kelak menjadi penyanyi, dan sebagainya.