KPOP Semakin Mendunia, Simak Sejarah Singkat fandom K-POP Di sini!

0

Siapa yang tidak mengenal K-POP? Kini hampir semua orang telah mengenal KPOP berkat kesuksesannya menembus pasar dunia. Berbicara tentang KPOP, maka tidak lepas dari istilah fandom. Tahukah kamu awal mula adanya fandom? Daripada penasaran, mari kita simak di bawah ini!

Dimulai pada tahun 1970 hingga 1980-an dimana genre musik hanya berfokus kepada lagu trot dan beberapa musik yang dipengaruhi oleh Jepang, grup musik bernama Seo Taiji dan The Boys hadir untuk membangkitkan musik di Korea. Kedua grup musik tersebut dianggap sebagai pionir dalam membawa musik pop barat. Dengan penampilan bergaya Korea, mereka memadukan tren musik dan tarian korea sehingga menciptakan genre yang kini dikenal sebagai K-POP. Kesuksesan Seo Taiji dan The Boys membangkitkan suara musik anak muda di Korea, dan menyebar ke Cina dan Jepang pada akhir 1990-an. 

Kebangkitan budaya Korea sangat luar biasa terlihat dari kesuksesannya di mana industri hiburan Korea berhasil mencapai pasar China, Jepang, dan beberapa negara tetangga di Asia Timur. 

Target pasar K-POP yaitu anak muda menjadi salah satu kunci kesuksesan dunia K-POP. Banyak anak muda kini yang membentuk fandom untuk para artis yang mereka sukai. Para anak muda ini membentuk nama dari fandom mereka dan memiliki warna hingga logo tersendiri. Pada akhir 1990-an dimana komunikasi masih sangat sempit, para fandom ini memiliki presiden daerah sebagai jembatan menuju artis favorit mereka. Namun pada era tersebut, para fans internasional dengan fans lokal sangat sulit untuk berkomunikasi hingga akhirnya pada awal tahun 2010-an, media sosial sangat berkembang sehingga para fans internasional dapat dengan mudah berkomunikasi. Twitter menjadi salah satu platform terbesar bagi para fandom. 

Hingga kini, banyak artis KPOP yang sangat peduli terhadap fans internasionalnya. V-live menjadi salah satu bentuk apresiasi para artis KPOP terhadap para fans, baik lokal dan internasional. Pada platform tersebut, para artis dapat memulai streaming yang dapat diakses dari seluruh dunia.