Khawatir Lonjakan Baru Kasus COVID-19, Universitas Nasional Seoul Adakan Tes Rapid Mingguan

0
Image source : Yonhap News

Menurut laporan Universitas Nasional Seoul pada Jumat (23/4), pihaknya akan menggelar tes rapid mingguan, di mana hasilnya bisa didapatkan dalam waktu 2 jam. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk mendeteksi infeksi dengan cepat dan memperluas kelas tatap muka di kampus.

Dilansir dari Yonhap News, ini adalah langkah pertama yang dilakukan oleh salah satu institusi pendidikan tinggi di Korea Selatan, yang terhuyung-huyung akibat menurunnya pendaftaran dan protes mahasiswa atas biaya kuliah yang mahal dan kelas online yang berkepanjangan.

Image source : Yonhap News

Langkah itu dilakukan di tengah kekhawatiran atas lonjakan baru kasus COVID-19. Korea Selatan melaporkan 797 kasus baru pada hari Jumat (23/4), terbesar sejak awal Januari.

Universitas Nasional Seoul, yang merupakan salah satu universitas paling bergengsi di Korea Selatan, mendirikan pusat pengujian di kampus pada hari Kamis (22/4), yang akan menawarkan tes molekuler cepat berdasarkan teknologi yang disebut Loop Mediated Isothermal Amplification (LAMP).

Menurut keterangan universitas, tes tersebut sangat sensitif bahkan untuk sejumlah kecil virus dan efektif karena memberikan hasil yang cepat, dengan sampel diproses di lokasi.

Image source : Yonhap News

Setelah dua hari uji coba pada 22-23 April, universitas akan secara resmi meluncurkan program tersebut pada hari Senin (26/4) untuk sekitar 2.700 mahasiswa pascasarjana, anggota fakultas dan pejabat dari departemen sains. 

Hal ini bertujuan untuk meyakinkan mahasiswa dan dosen bahwa kampus adalah tempat yang aman untuk menjalani kegiatan belajar mulai melanjutkan kegiatan pra-pandemi mereka.

Sementara itu, tes ini hanya bersifat pendukung dan bagi mereka yang memiliki hasil tes positif, maka akan dirujuk ke pusat kesehatan umum terdekat untuk menerima tes virus laboratorium yang lebih akurat.