Tak Enak Melulu, Realita TKI yang Kerja di Korea yang Rela Tinggal Kontainer hingga Sengsara di Musim Dingin

0

Bagi pecinta korea, bekerja di Korea merupakan impian agar bisa bertemu dengan idola. Berharap kerja di industri hiburan, namun bagi warga asing seperti kita yang datang dari Indonesia tentulah bukan hal mudah. Berbagai faktor memengaruhi seperti kurang menguasai bahasa korea hingga belum sesuai klasifikasi. 

Lupakan tentang bekerja di industri hiburan, ternyata banyak tenaga kerja Indonesia atau TKI yang bekerja di negeri Gingseng yang memulai pekerjaan dari bawah, salah satunya seorang wanita bernama Nindi Yusinta, yang bekerja di pabrik Korea Selatan. Melalui Youtube channel nya ia berbagi cerita tentang kehidupannya sebagai TKI yang tak selalu menyenangkan meski berada di negara nya bintang drakor. 

Rumah kontainer di Korea

Dia menceritakan awalnya difasilitasi asrama yang cukup baik. Namun tak lama ia juga pernah harus pindah ke tempat lain yaitu kontainer selama satu tahun. Kontainer yang ia tinggali bentuknya memang sudah seperti rumah kecil yang bahkan banyak orang Korea ada juga yang tinggal di ‘rumah’ seperti itu, namun ada sejumlah hal ada yang membuatnya kurang nyaman, salah satunya saat di musim panas atau musim dingin, rumah tersebut tak bisa melindunginya dari hawa panas musim panas bahkan dinginnya musim dingin. Selain itu rumah kontainer tersebut tidak ada toilet. Jadilah kalau ingin buang air dia harus ke luar ke toilet umum menerjang dingin. Nindi menegaskan memang kerja di Korea Selatan kesannya menyenangkan namun tak lupa ia mengingatkan bahwa ia tetap harus bekerja keras dan berbagi kisah jika kehidupan nyata di sana  tak seindah dalam drama. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here