3 dari 7 Wanita Pengungsi Korea Utara Pilih Menikahi Pria Asal Korea Selatan

0
Image source : Bussiness Insider

Banyak orang Korea Utara meninggalkan tanah air mereka setelah kelaparan dan krisis ekonomi yang menghancurkan pada pertengahan 1990-an.

Dilansir dari Republic World, sebuah survei yang didanai pemerintah tahun 2019 menunjukkan bahwa 3 dari 7 wanita, atau sekitar 43% wanita pengungsi Korea Utara yang sudah menikah, tinggal bersama suami Korea Selatan. Data ini menunjukkan adanya kenaikan sekitar 19% pada tahun 2011.

Selain itu, terdapat 20-30 agen perjodohan untuk memasangkan wanita Korea Utara dengan pria Korea Selatan yang masih beroperasi saat ini.

Karena Korea Utara adalah masyarakat yang sangat patriarki, banyak wanita pengungsi Korea Utara mengatakan pria Korea Selatan, secara umum, lebih perhatian dan lembut.

“Saya merasa pernikahan ini membuat saya menyesuaikan diri dengan masyarakat yang lebih dalam tanpa banyak usaha,” kata pengungsi wanita Hwang Yoo-jung (37 tahun), tentang pernikahannya di tahun 2018 dengan seorang pria Korea Selatan.

Sementara dari data yang dilansir dari The Korea Herald, situasinya sangat berbeda untuk para pengungsi pria Korea Utara. Dari pria yang sudah menikah, hampir 9 dari 10 pria, atau sekitar 88,6% pria menikah dengan pengungsi Korea Utara lainnya atau dengan wanita yang masih tinggal di Utara.

Sementara 5,8% pria Korea Utara menikah dengan wanita kelahiran Cina, dan hanya 4% yang menikah dengan wanita kelahiran Korea Selatan. 1,7% lainnya memiliki pasangan dari negara lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here