10 Kemiripan ‘Record of Youth’ dan ‘The Heirs’, Kamu Tim yang Mana?

0

Setiap minggunya dramanya Record of Youth menunjukkan kenaikan rating berkat kisah yang menarik tentang betapa sulitnya mengejar impian ketika harus dihadapkan dengan realita kejamnya persaingan di dunia kerja. Meski terbilang unik dan menarik, kisah dalam Record of Youth ternyata banyak dijumpai alias klise di drama anak muda lainnya, salah satunya The Heirs. Coba kita list dulu hal apa aja sih yang sama dari drama Record of Youth dan The Heirs?

Kisah si kaya dan si miskin yang menjadi konflik penting

Kalau di The Heirs kisah si kaya dan si miskin diperankan dua tokoh utama yang saling jatuh cinta, berbeda dengan Record of Youth yang berfokus menyorot kisah hidup si kaya dan si miskin, dimana Sa Hye Jun (Park Bo Gum) memiliki hidup sederhana, sedangkan si kaya merupakan sahabat dekatnya bernama Won Hae Hyo (Byeon Woo Seok) yang datang dari keluarga terpandang dan selalu mendapat dukungan dari keluarganya, khususnya sang ibu.

Persahabatan antara si kaya dan si miskin

Kalau di The Heirs, si miskin Cha Eun Sang (Park Shin Hye) selalu mendapat dukungan penuh dari sahabatnya yang lahir dari keluarga berada, Yoon Chan Young (Kang Min Hyuk), namun di Record of Youth, Hye Jun dan Hae Hyo yang telah bersahabat sejak SD meniti karir di industri model dan bahkan sama-sama bermimpi menjadi seorang aktor. Meski selalu tertinggal di belakang Hae Hyo, Hye Jun selalu mendukung yang terbaik untuk sahabatnya salah satunya ketika Hae Hyo yang berhasil mendapatkan peran film sedangkan Hye Jun yang gagal tetap memberi selamat dan pelukan hangat.

Anak orang kaya yang baik hati, tapi ibunya ambisius dan ngeselin abis!

Dibandingkan kata ‘baik hati,’ Kim Tan (Lee Min Ho)  di The Heirs lebih ke ngeselin gitu ya… Tapi gimanapun dia rela melakukan apapun untuk membela Eun Sang, eaaa. Kim Tan memiliki Ibu yang suka tampil mewah dan nyablak, namun tetap baik hati kepada Eun Sang. Berbeda dengan ibunya Hae Hyo yang selalu melakukan apapun demi anaknya itu sukses di industri hiburan. Meski Hae Hyo ingin berusaha secara mandiri, namun tanpa sepengetahuannya sang ibu telah melakukan berbagai macam hal untuk bisa mendongkrak kesuksesannya. Tentu saja itu semua dengan memanfaatkan kekayaannya.

Ibu tokoh utama menjadi pembantu di keluarga sahabat anaknya

Jika di The Heirs ibunya Eun Sang bekerja di keluarga pacarnya, Kim Tan, di Record of Youth ibu Hye Jun bekerja sebagai pembantu di rumah keluarga Hae Hyo. Meski begitu, hal ini tidak mempengaruhi hubungan persahabatan antara Hae Hyo dan Hye Jun. Hae Hyo bahkan tetap sopan kepada ibu dari sahabatnya itu meski bekerja di rumahnya.

Meski beda kasta dan sering cekcok, ibu kaya raya sangat membutuhkan pembantunya

Sama seperti Ibu Kim Tan dan Ibu Eun Sang yang suka cekcok, Ibu Hae Hyo yang kegiatannya hanya di rumah atau shopping, sangat iseng pada Ibu Hye Jun untuk tetap melakukan pekerjaan rumah. Sempat menolak dengan berani, namun Ibu Hye Jun tetap menyelesaikan pekerjaan yang diminta. Meski kadang suka iseng, Ibu Hae Hyo tetap baik dengan memberinya uang lembur meskipun ditolak. Namun begitu melihat sang anak dekat dengan Ibu Hye Jun, Ibu Hae Hyo kelihatan banget cemburu dan iri.

Bertemu dengan rekan kerja yang toxic

Mengangkat kisah anak SMA, drama The Heirs berfokus dalam kehidupan sekolah dan percintaan, namun kalau ditanya siapa yang paling toxic, tentu saja Rachel (Kim Ji Won) yang nggak pernah pernah bahagia lihat Kim Tan dan Eusang Bahagia. Dalam Record of Youth, An Jeong Ha (Park So Dam) sebagai karakter wanita utama juga digambarkan sebagai anak muda yang berlatar belakang keluarga sederhana dan semangat dalam meraih mimpinya. Di antara banyaknya lika-liku pekerjaan, ia dihadapkan dengan rekan kerja yang toxic.

Pertemuan bagaikan sebuah takdir

The Heirs sendiri memiliki cerita unik dimana Eun Sang dan Kim Tan bertemu di California, AS namun tak disangka mereka dipertemukan kembali di Korea, sedangkan Jeong Ha dan Hye Jun Record of Youth bertemu di sebuah event peragaan busana. Jeong Ha yang mengidolakan Hye Jun sangat menantikan hari itu, tak disangka Jeong Ha merias Hye Jun langsung hingga menjadi teman akrab.

Malu-malu tapi mau

Meski Eun Sang kesal dengan sifat egois dan kekanak-kanakan Kim Tan, namun pada akhirnya Eun Sang jatuh hati pada Kim Tan. Hal yang sama dengan Jeong Ha yang tak berani mengakui dirinya penggemar Hye Jun, namun karena kesalahpahaman itu membuat kedua menjadi lebih dekat.

Kisah cinta ‘sampingan’ antara keluarga pemeran utama

Kim Jin Woo (Kwon Soo Hyun) yang juga sahabat dekat Hae Hyo dan Hye Jun, ternyata memiliki hubungan asmara dengan adik Hae Hyo. Mirip banget cerita kakaknya Kim Tan dengan kekasihnya yang juga guru di sekolah Kim Tan.

Kesuksesan yang berawal dari mimpi!

Mengangkat tema meraih mimpi, drama Record of Youth mengajak kamu untuk terus berusaha dalam meraih mimpi meski banyak lika-liku yang harus dihadapi.

Ternyata cerita-cerita di drama itu klise banget dan ada banyak kemiripan di dalamnya. Bukan untuk membandingkan, The Heirs dan Record of Youth pun memiliki keunikan masing-masing yang tidak bisa disamakan, setuju?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here