6 Jajanan Khas Korea yang Wajib Dicoba di Musim Dingin!

0

Halo sobat Tenasia Indonesia semuanya!

Tidak terasa sekarang sudah di penghujung tahun 2019 nih. Apa kalian sudah bikin rencana untuk melakukan perjalanan berlibur di Korea? Jika iya, kalian patut mencoba makanan yang bakal kami kenalin ke kalian. Kali ini, Tenasia ingin memberikan informasi tentang jajanan Korea yang wajib dicoba ketika musim dingin. Berhubung di Korea lagi musim dingin, tidak ada salahnya kan jika kalian coba jajajan berikut ini.

1. 호떡 (Hotteok)

Credit : Kim Jeongsun – pinterest

Hotteok adalah sejenis pancake khas Korea Selatan. Hotteok ini terbuat dari adonan tepung yang di dalamnya berisi kombinasi gula atau madu. Cara memasaknya pun dengan digoreng di atas wajan datar dengan cetakan bulat, kemudian dibolak-balik hingga matang. Ketika kalian menggigitnya, maka kalian dapat merasakan madu manis yang mengalir dari dalam dan kehangatan dari hotteok itu memiliki sensasi sendiri di musim dingin.

2. 호빵 (Hoppang)

Credit : ohfun.net 

Hoppang adalah jajanan khas Korea Selatan yang berbentuk seperti bakpao. Pada awalnya, hoppang hanya terdiri dari dua jenis, yaitu hoppang yang berisi sayur-sayuran dan hoppang yang berisi kacang merah. Namun untuk memenuhi kepuasan para penikmat hoppang, kini tersedia berbagai rasa dengan memasukkan kimchi, seafood, keju, karamel, dan lain-lain. Hoppang adalah jajanan yang sangat populer ketika musim dingin, jadi jangan lupa untuk mencobanya ya!

3. 붕어빵 (Bungeoppang)

Credit : inven.co.kr 

Bungeoppang adalah kue berupa waffle yang berbentuk ikan. Mungkin bagi kalian sudah pernah mengunjungi negeri Gingseng, kalian tidak akan asing dengan kue yang satu ini, karena kue ini banyak dijual di pinggiran jalan, stasiun, dan tempat wisata. Bungeoppang sendiri cuma bisa ditemukan di musim dingin loh! Kabarnya, bungeoppang ini pertama kali diperkenalkan oleh Jepang dengan nama Taiyaki pada tahun 1930-an. Bungeoppang terbuat dari adonan yang dicetak ke dalam cetakan hitam dan dipanggang dengan kacang merah manis di dalamnya. Kini bungeoppang dibuat dengan tersedia dalam bentuk mini dan isinya dapat diganti dengan krim.

4. 군고구마 (Gun Goguma)

Credit : pinterest

Gun Goguma berasal dari kata Gun (bakar) dan Goguma (ubi). Jadi, gun goguma adalah ubi bakar dan menjadi makanan yang sering dimakan ketika musim dingin. Alasan mengapa ubi bakar sangat dinikmati oleh kebanyakan masyarakat Korea adalah karena memiliki rasa manis yang semakin meningkat ketika ubi dipanaskan. Walaupun ubi bakar adalah makanan yang cukup familiar karena banyak ditemukan di Indonesia, tetapi ubi bakar ini memiliki sensasi nikmat yang luar biasa, apalagi kalau dimakan di musim dingin! Jadi, jangan lupa untuk mencobanya ya!

5. 어묵 (Eomuk)

Credit : wishbeen.co.kr 

Bagi kalian para pecinta Korea, kalian pasti sudah tahu, atau bahkan sudah sering mencoba yang namanya eomuk ini! Yap, benar! Eomuk ini terbuat dari ikan yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung dan bumbu. Cara penyajiannya pun beragam. Ada yang ditusuk dengan tusuk sate, ada yang dibiarkan berbentuk kotak, atau dipotong panjang-panjang. Eomuk juga dihidangkan dengan cara yang beragam, bisa dengan direbus, diberi sambal, ditumis dengan bumbu dan kecap asin, dan lain-lain. Namun jika di musim dingin, maka kalian harus mencoba eomuk rebus, karena kuahnya dapat membantu menghangatkan tubuh kita.

6. 계란빵 (Gyeranppang)

Credit : eggro.net

Gyeranppang adalah roti yang diatasnya berisi telur ayam dan dimasak secara bersamaan. Walau telurnya sendiri akan masak setengah matang, namun itu memberikan kenikmatan tersendiri bagi yang mencobanya. Gyeranppang banyak ditemukan di pinggir jalan dan hanya tersedia di musim dingin lho! Harganya juga tergolong murah dan makan 2-3 biji sudah bikin perut kenyang.

Bagaimana nih teman-teman? Apakah ada dari kalian yang sudah pernah mencobanya? Atau bahkan belum pernah sama sekali? Bagi kalian yang punya kesempatan mengunjungi Korea Selatan di musim dingin, jangan lupa untuk mencoba jajanan-jajanan khas Korea ini ya!


Suci A. sucii.anggunisa@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here