[TEN ISSUE] Film Kim Ji Young, Born 1982 Sukses Raih 1 Juta Penonton

0

by Suci A.

Poster Film Kim Ji Young, Born 1982/ Lotte Entertainment

Film Kim Ji Young, Born 1982 meraih 1 juta penonton hanya dalam waktu 5 hari setelah perilisan. Walau sebelumnya, film ini sempat mendapat kritikan terkait isu gender, kini film ini mendapat pujian penonton dengan ceritanya yang bisa ditemukan dan dirasakan dalam kehidupan.

Pada (28/10), Korean Film Council menyatakan bahwa Film Kim Ji Young, Born 1982 pada tanggal 27 Oktober 2019 sudah mendapat 307.455 penonton dengan akumulasi 1.120.447 penonton.

Film Kim Ji Young, Born 1982 sudah dirilis sejak tanggal 23 Oktober lalu dan mendapat 138.761 penonton di hari pertama. Setelah itu, menduduki peringkat 1 box office harian dan mendapat 1 juta penonton sejak 5 hari perilisan per tanggal 27 Oktober 2019. Ini merupakan pencapaian yang cepat dibandingkan Film Aladin (1 juta penonton sejak 6 hari perilisan) dan Bohemian Rhapsody (1 juta penonton sejak 9 hari perilisan).

Sebelum perilisan, Kim Ji Young, Born 1982 telah menjadi topik hangat, di mana film ini merupakan adaptasi dari novel yang mengangkat tema tentang konflik gender. Setelah itu, banyak kritikan yang ditujukan kepada film ini, khususnya komentar-komentar pedas yang ditujukan kepada para pemain film. Walau begitu, baik sutradara dan para pemain tidak menyembunyikan kebanggaan mereka terhadap film ini. Mereka menyatakan keprihatinan tentang konflik gender dan menekankan bahwa ini bukan hanya cerita Kim Ji Young, tetapi cerita yang bisa terjadi di kehidupan kita semua.

Reaksi publik terhadap Film Kim Ji Young, Born 1982 cukup positif. Di situs film Naver, sebelum film dirilis, penonton pria memberikan 1 poin dan wanita memberi 10 poin. Namun setelah film dirilis, penilaian penonton semakin tinggi, di mana penonton wanita memberi 9.58 poin dan penonton pria memberi 9.42 poin. Beberapa penonton juga memberi komentar, “Aku seperti melihat diriku 10 tahun yang lalu ketika hidup sambil merawat anak, memasak, menangis, tertawa bersama”, “Aku menangis ketika melihat adegan antara istri dan mertua”, “Ini kisahku dan ibuku” dan berbagai komentar positif lainnya.

Still cut Film Kim Ji Young, Born 1982 / Credit : Lotte Entertainment

Berbeda dengan kisah di novel, di mana diceritakan sang wanita yang mengalami diskriminasi, film ini memberikan warna lain melalui kasih seorang ibu terhadap anaknya dan seorang suami yang berusaha untuk membantu dan memahami istrinya. Di dalam novel, sang suami Dae Hyun (Gong Yoo) digambarkan sebagai karakter yang datar, namun di dalam film digambarkan sebagai tokoh yang berusaha untuk memahami istrinya, Ji Young (Jung Yu Mi). Sang ayah yang aslinya digambarkan sebagai karakter yang memberi luka kepada Ji Young, namun di dalam film digambarkan sebagai tokoh yang memiliki sisi yang hangat dan tulus dibalik sikapnya yang jutek. Sedangkan Ibu Jiyoung, Mi-sook (Kim Mi-kyung) digambarkan dengan karakter yang sama seperti di dalam novel, di mana ia melepaskan mimpinya sebagai guru karena menjaga kakak-kakaknya. Kini ia terus mendukung anaknya untuk tidak melepaskan mimpi seperti yang dia lakukan.

Huh Nam Woong, seorang kritikus film, mengatakan, “Film ini tidak menggambarkan pria sebagai orang jahat. Sebaliknya, film ini menceritakan poin penting di mana kehidupan sosial pria dan wanita dijalani dengan saling membantu satu sama lain.”

Kang Yoo Jeon, seorang kritikus film, memberikan penilaian, “Jika novel menceritakan kronologi kehidupan seorang wanita, film ini mengisahkan kehidupan Kim Ji Young yang dapat menyentuh hati penonton.” 

Banyak juga aktor dan aktris lain yang memberikan kesannya terhadap film ini melalui media sosial mereka, seperti Yoo Ah In, “Jangan tergoda dengan suara-suara negatif dan semoga kita bisa melihat sebagaimana adanya.” Choi Woo Shik mengatakan, “Film ini sungguh sedih, menyenangkan dan menyakitkan.” Penyanyi sekaligus aktris Bae Suzy menulis, “Kisah kita semua.” 

Film Kim Ji Young, Born 1982 telah melampaui angka 1 juta penonton. Mari kita nantikan apakah film ini akan terus melanjutkan kesuksesan mereka dengan berbagai penilaian positif dari para penonton.

Original article : http://tenasia.hankyung.com/archives/1841919

Translation by : Suci A. sucii.anggunisa@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here