[TEN ISSUE] Kontroversi Manipulasi Voting dalam Acara ‘Produce X 101’ Apa yang Sebenarnya Terjadi?

0

by Ilham R.

Mnet terkenal dengan produksi program-program survival yang tidak terhitung jumlahnya mulai dari Superstar K, Idol School, hingga Produce series. Apa yang sama dari program ini adalah mereka membuat konsep survival dimana penonton dapat berpartisipasi langsung dengan memilih dalam bentuk voting sms pada siaran langsung. Tetapi hasil vote dari para penonton tidak dapat diketahui dengan pasti bagaimana proses akumulasi akhir pada saat siaran langsung. Karena ini adalah masalah tingkat kepercayaan pada sistem akumulasi voting suara, sehingga para penonton awalnya tidak perlu mengetahui ini secara detail.

Namun, transparansi dan tingkat kepercayaan pada sistem perhitungan suara telah rusak karena kontroversi baru-baru ini tentang pembuatan grup debut dalam program Produce X 101. Dalam proses menentukan grup debut Produce X 101, mulai timbul kecurigaan terhadap manipulasi dalam hasil pemungutan suara. Beberapa juga mempertanyakan apakah perusahaan pengumpulan data pemungutan suara itu benar-benar ada.

Menurut pihak terkait dalam acara ini, hasil voting dari para penonton saat siaran langsung memang dijumlahkan. Seperti pada saat final Produce X 101, dapat menjumlahkan berapa suara yang didapat dari setiap finalis. Jumlah suara diteruskan dari control room ke tim desain untuk dibuat subtitle dan dimasukkan ke dalam layar siaran. Tim desainlah yang langsung memasukkan angka bilangan tersebut yang sebelumnya telah mereka terima.

Dalam proses ini ada kemungkinan digantinya data asli tersebut. Karena yang memasukkan data itu ke dalam layar adalah tim desain dari tim produksi program tersebut, bukan dimasukkan langsung oleh perusahaan pengumpulan data pemungutan suara. Karena itu, tim desain dari masing-masing perusahaan penyiaran biasanya sering saling menghubungi untuk memeriksa jumlah suara. Dikatakan bahwa pada umumnya tim desain banyak memperhatikan hal ini agar tidak ada kesalahan dalam memasukkan angka bilangan karena jika menambahkan satu 0 saja dapat menimbulkan perbedaan jumlah suara yang besar. Tetapi karena tim desain juga bagian dari staff produksi, kecil kemungkinan memasukkan hasil voting suara yang salah secara sengaja.

Pada siaran MBC PD Note yang ditayangkan pada tanggal 15 Oktober lalu, salah seorang PD perempuan tim produksi Produce X 101 mengatakan ia menyampaikan hasil voting kepada control room. “C”, salah satu tim produksi mengatakan, “(Hasil voting yang didapat dari PD perempuan) Karena tidak boleh salah sedikitpun, jadi aku memeriksanya satu-satu dan menulis subtitlenya.”

Pada siaran Mnet M Countdown dahulu, mereka pernah mengumumkan dengan mengubah peringkat karena salah memasukkan skor sosial media. NU’EST dinobatkan sebagai peringkat pertama sampai memegang trofinya tetapi tepat setelah siaran selesai, para penggemar menyatakan ada masalah dalam jumlah skor, tim produksi mengoreksi dan mengganti peringkat pertama dengan OH MY GIRL. Pada saat itu tim produksi secara resmi mengatakan bahwa ada kesalahan yang dilakukan penanggung jawab dalam proses memasukkan bagian jumlah skor sosial media.

Tanggal 24 Juli adalah awal mula mencuatnya kontroversi manipulasi voting. Tim produksi Produce X 101 secara resmi mengatakan, “Kami menemukan kekeliruan pada proses penyampaian dan jumlah voting terakhir per orang yang diumumkan pada saat siaran.” Mereka juga mengatakan tidak ada kejanggalan di final terakhir termasuk anggota ‘X.’ Tetapi setelah itu channel Mnet yang menayangkan program Produce X 101 menyatakan akan bertanggung jawab jika ada yang harus dipertanggung jawabkan, lalu kontroversi ini semakin meluas ketika polisi meminta melakukan penyelidikan. Polisi yang telah memastikan tentang jumlah voting yang muncul pada waktu siaran dan data asli dari final Produce X 101 memperluas penyelidikan dari seluruh series Produce hingga program Idol School.

PD Note mengatakan hasil voting dikirimkan ke control room melalui ponsel PD perempuan yang bertanggung jawab menghitung jumlah pemungutan suara di ruang yang terisolasi dan tidak ada PD yang bertugas sebagai orang yang menangani pemungutan suara di lokasi control room. Namun, tidak diketahui dari siapa PD yang bertanggung jawab itu menerima hasil pemungutan suara yang kemungkinan besar telah dimanipulasi.

Melalui narasi di PD Note memunculkan pertanyaan, “Kalau begitu siapa yang mengirimkan hasil voting itu?” “(Pemalsuan Produce X 101) ini bukan masalah yang bisa ditangani produser Ahn Joon Young sendirian,” kata tim produksi lain Produce X. “Ada kemungkinan besar bahwa bahkan atasannya mungkin telah terlibat.” Itulah sebabnya perhatian ditujukan pada latar belakang sebenarnya dari kontroversi program Produce X 101. Tim produksi Produce X 101 saat ini masih dalam penyelidikan polisi.

 Original article : http://tenasia.hankyung.com/archives/1832221

Translation by : ilhamrams@gmail.com 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here