Kpop Radar Memilih X1 Sebagai ‘Artist of The Month’ Bulan September

4

by Suci A.

Kpop Radar dari Fandom Data Observatory ‘Blip’ yang didirikan oleh perusahaan musik Space Oddity memilih grup X1 sebagai Artist of The Month Bulan September.

Kpop Radar merupakan platform yang mengamati skala dan perubahan data fandom sebuah grup. Kpop Radar tengah mendata total 381 member grup dan penyanyi Kpop seperti BTS, EXO, BLACKPINK, IU, Kim Dong Ryul, band Jannabi, rapper Benzino dan lain-lain. Kini Kpop Radar tengah menarik perhatian penggemar setelah merilis 2019 Global Kpop Map.

Melalui kategori ‘brief’ dalam laman resmi Kpop Radar, X1 menarik perhatian dengan menjadi peringkat pertama dalam Monthy Kpop Radar dan menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. 

Kpop Radar menyatakan, “Sebelum resmi 1 bulan debut, X1 sudah menduduki peringkat ketiga dengan jumlah member fancafe terbanyak. Ini merupakan angka yang mendekati jumlah member fancafe dari grup yang sudah debut selama 7-8 tahun”.

Selanjutnya, Kpop Radar menjelaskan kemungkinan perkembangan X1 dengan berkata, “Music video title song ‘FLASH’ dari mini album pertama X1 berjudul ‘Emergency : Quantum Leap’ memuncaki tangga music video harian selama 14 hari berturut-turut. Tahun ini, hanya 3 grup yang lagu debutnya berhasil mendapat tontonan sejumlah lebih dari 5 juta kali dalam 24 jam setelah perilisan, yaitu ITZY, TXT dan X1.”

Selain itu, melalui grafik perhitungan penayangan Youtube, K-Pop Radar memperkirakan bahwa MV BLACKPINK As If It’s Your Last akan mencapai 700 juta tontonan dan MV EXO LOVE SHOT akan mencapai 200 juta tontonan pada bulan Oktober ini.

Kpop Radar juga merilis grafik SNS bulan. Pertama, twitter official BTS mengalami peningkatan jumlah follower sebanyak 40.789 orang dan meraih tingkat pertama dengan jumlah follower terbanyak. Sedangkan X1 menduduki peringkat pertama dengan peningkatan jumlah member fancafe terbanyak sebanyak 15.170 orang.

Sementara itu, akun instagram pribadi milik member BLACKPINK menduduki peringkat teratas dengan jumlah follower terbanyak. Menariknya, X1 yang baru debut beberapa waktu lalu mengalami pertumbuhan yang cukup drastis. Bahkan sebelum resmi debut, jumlah follower instagram X1 mengalami peningkatan sebanyak 766.590 hanya dalam satu bulan, membuat X1 sempat naik ke peringkat ketiga dengan peningkatan jumlah follower terbanyak.

Melalui Monthly Kpop Radar, kita dapat mengecek peringkat perkembangan jumlah follower atau jumlah penayangan Youtube di setiap channel resmi para grup Kpop di bulan lalu.

Di sisi lain, Kpop Radar akan mengumumkan hot issue tentang artis KPOP selama sebulan yang akan dirilis di minggu kedua setiap bulannya melalui laman resmi Kpop Radar dalam kategori ‘brief’.

Original article : http://tenasia.hankyung.com/archives/1829344

Translation by : Suci A. sucii.anggunisa@gmail.com

4 COMMENTS

  1. Hey there just wanted to give you a quick heads up.

    The text in your post seem to be running off the
    screen in Ie. I’m not sure if this is a format issue or something to
    do with web browser compatibility but I figured I’d post to let you know.

    The style and design look great though! Hope you get the issue
    fixed soon. Kudos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here