Hyundai Motor Membangun E-pit di Korea

0
Pompa bensin mobil listrik buatan Hyundai, E-PIT – electrive.com

Hyundai Motor Group akan membangun infrastrukturnya sendiri di Korea Selatan untuk kendaraan listrik pengisian cepat (EV). Nama yang dipilih untuk pompa bensin adalah E-pit.

E-Pit akan menyediakan layanan untuk kendaraan listrik produksi Hyundai Motor Group khususnya kendaraan listrik E-GMP. Namun, selama kendaraan listrik produksi pabrikan lain menggunakan konektor yang sama untuk pengisian bahan bakar listrik, maka akan tetap dapat menggunakan fasilitas E-pit. 

Hyundai Motor Group mengatakan pada hari Selasa (23/03) bahwa setidaknya 120 pengisi daya cepat E-pit akan dipasang di 20 pompa bensin di Korea Selatan tahun ini, dan 72 akan dipasang di halte jalan raya, sementara 48 sisanya akan berada di kota.

Bengkel elektronik akan dilengkapi dengan pengisi daya 350 kWh yang dapat mengisi daya 80% dari EV yang dilengkapi dengan sistem 800 volt dalam waktu 18 menit. Menggunakan pengisi daya cepat yang ada, dibutuhkan sekitar 30 menit untuk mengisi daya EV hingga penuh.

Perusahaan menjelaskan bahwa istilah “E-pit” terinspirasi dari pitstop di motorsport, di mana pengemudi dapat berhenti untuk mengisi bahan bakar. 

Perusahaan tersebut berharap  agar E-pit dapat menjadi platform pengisian daya di mana berbagai layanan dapat disediakan dengan cepat dan nyaman.

Ketika informasi pembayaran pengemudi disimpan di kendaraan, pengisi daya e-pit akan menggunakan sistem pembayaran yang mudah. Saat ini, fungsi tersebut hanya tersedia di kendaraan listrik E-GMP yang diproduksi oleh Hyundai, Kia, dan Genesis.

Melalui aplikasi E-pit, orang akan dapat mengantri secara digital untuk menggunakan pengisi daya saat mereka sibuk.

Hyundai juga mencari kemitraan dengan operator stasiun pengisian Korea. Perusahaan mengatakan kemitraan dapat diperluas ke layanan terkait mobil lainnya, seperti parkir dan pencucian mobil.

Pengisian telah menjadi masalah utama bagi produsen mobil listrik untuk menarik pelanggan.

Demikianlah teknologi di Korea yang kini terus berkembang dengan sangat cepat dan efisien. Keren ya?

Sumber : koreajoongangdaily.joins