Dua Orang Pejabat LH Corps Tewas Bunuh Diri

0

Korea Land and Housing Corporation (LH Corp.) adalah sebuah perusahaan milik pemerintah Korea yang bertanggung jawab atas pengembangan tanah di kota, pemeliharaan, dan manajemen tanah dan bangunan. 

Seorang pejabat senior dari perusahaan LH Corp ditemukan tewas di Paju, Seoul pada sabtu (13/3) kemarin. Pejabat tersebut ditemukan dalam keadaan bunuh diri karena adanya skandal properti, di mana pemerintah Korea Selatan menyatakan perang terhadap kejahatan properti. 

Sebelumnya, pada hari Jumat (12/3) ditemukan seorang pejabat pemimpin kantor perusahaan LH di provinsi Jeolla Utara, Yonhap yang juga tewas dan diduga karena bunuh diri. Ia meninggalkan sepucuk surat yang menyatakan penyesalannya atas perlakuan “hal-hal yang tidak diinginkan”. 

Menurut penyelidikan, setidaknya terdapat 20 karyawan LH yang mencoba melakukan cara rahasia untuk membeli tanah yang belum dikembangkan sehingga saat proyek pembangunan dijadwalkan, mereka akan mendapatkan uang pengganti yang banyak. Hal ini tentunya sangat mengundang kemarahan warga Korea, sehingga harga properti di Seoul melonjak dan perumahan terjangkau semakin sulit ditemukan. 

Menanggapi hal ini, Byeon Chang Heum, selaku menteri infrastruktur, dan transportasi mengundurkan diri dari jabatannya karena skandal yang ada. Byeon sendiri merupakan ketua dari LH sejak April 2019 hingga Desember 2020.

Sumber : asia.nikkei