Dewan Sosial Dibentuk untuk Atasi Konflik Pembangunan Masjid di Daegu yang Belum Terselesaikan

1

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya bahwa terjadi konflik mengenai pembangunan masjid di Daegu, Korea Selatan.

Protes dari para warga setempat pun berimbas pada penangguhan konstruksi masjid untuk sementara waktu.

Setelah berbulan-bulan mengalami penangguhan konstruksi, kini sebuah proposal telah dibuat untuk membentuk “dewan konsultatif sosial” untuk menyelesaikan masalah masjid Daegu tersebut.

Empat organisasi, termasuk Solidaritas Partisipatif Daegu, Dewan Profesor Demokrat Universitas Nasional Kyungpook, dan Solidaritas Gerakan Hak Asasi Manusia, mengumumkan pada hari ini (11/6) bahwa mereka akan mengusulkan untuk membentuk dewan sosial untuk menyelesaikan masalah pembangunan masjid.

“Karena pembangunan masjid di Daehyeon-dong telah ditangguhkan selama lebih dari empat bulan, tidak hanya kerugian ekonomi para arsitek tetapi juga hubungan antara mahasiswa Islam dan warga menjadi sulit,” kata organisasi tersebut dalam sebuah pernyataan bersama.

“Situasi ini tidak terbatas pada daerah Buk-gu, tetapi masalah yang harus dipecahkan oleh seluruh komunitas Daegu,” katanya. Para warga, arsitek, Kantor Distrik Buk-gu, dan anggota Dewan Distrik Buk-gu menanggapi positif pembentukan dewan sosial.

Cr. khan.co.kr

Kelompok sipil menyampaikan, โ€œKantor Buk-gu dan Dewan Buk-gu harus membentuk badan konsultatif sosial, membuat forum diskusi sosial yang melibatkan gugus warga, komunitas mahasiswa Islam, Universitas Nasional Kyungpook, kelompok sipil, dan warga Daegu.โ€

Seorang pejabat Solidaritas Partisipatif Daegu menjelaskan latar belakang proposal tersebut, dengan mengatakan, “Usulan untuk membentuk badan konsultatif didasarkan pada prinsip kebebasan beragama, semangat konstitusional hak asasi manusia universal, dan keadilan administrasi.”

Seorang pejabat dari Kantor Buk-gu mengatakan, “Konsultasi antara warga dan pemilik bangunan akan segera diadakan lagi mengenai pembangunan masjid Islam. Kami tidak memihak salah satu pihak, tetapi berusaha menyelesaikan keluhan sipil dengan lancar.”

Sementara itu di bulan Februari lalu, Kantor Buk-gu di Daegu menangguhkan konstruksi masjid setelah pengaduan diajukan oleh warga setempat. 

Semoga konflik ini segera terselesaikan ya!

(Suci A.)

1 COMMENT