Alasan Orang Korea Suka Minum Alkohol!

0

Jika kalian salah satu pecinta drakor alias drama korea, kalian pasti sering memperhatikan salah satu ‘kegiatan’ yakni orang Korea yang minum alkohol. Mungkin kalian bertanya-tanya kenapa orang Korea sering sekali minum alkohol. Ternyata, dibalik kebiasaan masyarakat Korea terhadap minum alkohol, terdapat faktor budaya dan etika yang berdampak pada mereka. Yuk kita simak!

Soju, korean alchohol – trazy blog

Mendekatkan orang

Orang Korea percaya bahwa minum alkohol membantu lebih dekat dengan orang lain yang membuat orang saling terbuka. Tidak hanya itu, orang Korea percaya bahwa minum bersama bisa membangun persahabatan yang lebih kuat dengan orang lain. Ini sepertinya berlaku untuk hubungan interpersonal dan kerja.

Alkohol dijual bebas

Alkohol di Korea bisa ditemui dimana saja, bahkan minimarket dekat rumah. Meski begitu, bagi pembeli dikenakan aturan ketat yakni harus menunjukkan kartu identitas. 

Minum adalah bagian dari budaya kerja

Makan malam dengan rekan kerja terjadi dari waktu ke waktu. Seperti yang kerap terjadi pada drama Korea, banyak rekan kerja yang menghabiskan waktu bersama sepulangnya dari kantor. 

Budaya rekan kerja minum alkohol bersama – my korea trip

Budaya minum Korea punya sejarah yang panjang

Sejak ditemukannya alkohol Korea ratusan tahun lalu, orang Korea memiliki kebiasaan meminum alkohol pada festival-festival penting. Sejak saat itu hingga saat ini, semua dilakukan dalam ritual untuk menghormati leluhur.

Sistem Hierarki 

Adanya sistem hirarki pada kebudayaan Korea mendorong masyarakatnya untuk sulit menolak orang yang lebih tua, hal ini berlaku juga pada saat meminum alkohol. 

Ada etika lain saat minum dengan manula: saat menuangkan dan minum dengan kedua tangan, Anda harus selalu memegang botol dengan kedua tangan, dan Anda tidak boleh menuangkan minuman Anda sendiri.

etika menerima soju dari orang yang lebih tua – blacklink

Katakan “tidak” dengan bijak

Biasanya, menolak alkohol adalah tindakan yang tidak sopan. Namun, jika Anda tidak minum karena alasan medis atau agama, orang Korea akan mengerti. Jika Anda benar-benar tidak ingin minum, sebaiknya Anda menolaknya dengan sopan.

Berikut merupakan beberapa alasan yang mendorong orang Korea suka minuman alkohol. Tapi tenang pembaca Ten, orang Korea akan sangat menghargai kamu jika kamu menolak tawaran minum dengan sopan! 

Sumber : https://www.90daykorean.com/drinking-culture-in-korea/