Mengenal Istilah-Istilah Positif dalam Bahasa Korea

2

Hi, pembaca Ten Indonesia! Masih semangat belajar Bahasa Korea-nya belum?

Kali ini, kita akan belajar tentang beberapa istilah Bahasa Korea yang bisa memberikan energi positif untuk diri sendiri dan juga orang lain.

Yuk, langsung saja kita pelajari istilah-istilah di bawah ini ya:

화이팅! / 파이팅! = Semangat!

Hwaitting / Paiting

Ini merupakan sebuah istilah yang bertujuan untuk mendukung atau memberikan dorongan semangat, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Istilah ini sering digunakan dalam olahraga atau setiap kali kita menghadapi tantangan, misalnya ketika kesulitan mengikuti ujian. Istilah ini juga berasal dari Konglish, yang mengambil dari kata dalam Bahasa Inggris “Fighting!”

Contoh: 

오늘 하루도 화이팅입니다!

Oneul harudo hwaitting-imnida

Semangat juga untuk hari ini! 

힘내세요 = Semangat

Himnaeseyo

Himnaeseyo adalah kata untuk menghibur seseorang. 힘 (Him) berarti kekuatan dan 내세요 (Naeseyo) adalah cara yang sopan untuk membuat atau mengeluarkan. Jadi, ketika kamu ingin menghibur  seseorang, coba ucapkan ‘Himnaeseyo‘ atau ‘Himnae‘.

Contoh :

힘내세요! 우리가 있어요.

Himnaeseyo! Uriga Isseoyo.

Semangat! Ada kami di sini.

최선을 다하세요 = Lakukan yang terbaik

Choeseon-eul Dahaseyo

Ini merupakan kalimat untuk menyemangati seseorang yang sedang berjuang dalam melakukan sesuatu. Kalimat ini juga biasa diucapkan guru kepada para murid yang sedang mempersiapkan ujian. 

Contoh :

항상 최선을 다하세요.

Hangsang choeseon-seul dahaseyo

Selalu lakukan yang terbaik

할 수 있어요 (kamu/aku bisa)

Hal su isseoyo

Ini merupakan istilah yang yang dibutuhkan setiap orang untuk mencapai sesuatu. Kamu  memerlukan kata ini jika masih kesulitan untuk belajar bahasa Korea. Di saat kamu hampir merasa ingin menyerah, kamu bisa mengatakan kata ini dengan lantang. Tidak hanya untuk diri sendiri, kamu bisa menyemangati temanmu dengan mengatakan 너는 할수 있어 (neoneun hal su isseoyo), yang artinya ‘kamu pasti bisa’.

Contoh :

혼자서도 할 수 있어요 

Honjaseodo hal su isseoyo

Aku bisa meskipun melakukannya sendiri

네 자신을 믿어 (percaya pada dirimu sendiri)

Ni jasineul mideo

Ini merupakan istilah untuk memberikan dukungan kepada orang lain yang sedang merasa tidak percaya diri akan kemampuan yang dimilikinya. 

Contoh :

너무 불안해 하지마. 잘 이겨낼테니 네 자신을 믿어

Neomu buranhae hajima. Jal Igyeonaelteni ni jasineul mideo

Jangan terlalu khawatir. Kau pasti akan melewatinya, jadi percayalah pada dirimu sendiri

Demikianlah beberapa kata positif yang bisa kamu gunakan untuk menyemangati dirimu sendiri atau orang lain! Terus latihan ya!

2 COMMENTS

  1. I’m really inspired together with your writing abilities and also with the structure on your blog. Is that this a paid topic or did you modify it yourself? Either way stay up the nice high quality writing, it’s uncommon to see a nice weblog like this one these days..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here