Profil Penyanyi Pilihan Pembaca Ten Indonesia Minggu Ini: IU

1

Hi pembaca setia Ten Indonesia.

Setelah minggu lalu kita membahas tentang profil Cha Eun Woo, kali ini Ten Indonesia akan membahas tuntas tentang profil penyanyi sekaligus aktris cantik IU.

Yap, IU sendiri sudah lama aktif di industri hiburan, sehingga nggak heran kalau banyak banget penggemar yang kagum dengan bakat IU, baik di dunia musik, juga di dunia akting.

Nama IU juga selalu masuk ke dalam list para penyanyi kesayangan masyarakat Korea. Jadi, kita bakalan bahas nih kenapa dan pesona apa yang dimiliki IU hingga dicintai banyak penggemarnya.

Yuk, kita langsung simak aja profil IU di bawah ini :

Biodata

Nama Panggung : IU (아이유)

Nama asli : Lee Ji Eun (이지은)

Asal : Korea Selatan

Tanggal Lahir : 16 Mei 1993

Tinggi : 161.7 cm

Berat : 44 kg

Golongan darah : A

Agensi : EDAM Entertainment

Masa kecil IU

IU pernah tampil dalam program Win Win dan berbicara tentang kisah masa lalunya yang cukup suram. Ketika dia masih muda, ia sudah memiliki keinginan menjadi selebriti daripada bermimpi menjadi penyanyi. Ia juga mengatakan kalau dia pernah belajar di akademi akting.

IU tumbuh dalam kehidupan keluarga dengan ekonomi yang tidak stabil dan terlilit hutang. Karena itu, ia dipisahkan dari orang tuanya dan diasuh oleh neneknya. Saat itu, ia tinggal di satu kamar di mana kecoa sering muncul selama kurang lebih satu tahun. IU juga pernah tinggal di rumah saudara, namun yang ada ia sering menerima sindiran dan komentar pedas yang melukai hatinya.

Kemudian pada tahun 2006, ketika IU duduk di bangku SMP, IU pernah menyanyikan lagu Crush milik Joo Hyun Mi di depan teman-teman sekelasnya sebagai hukuman ketika bercanda dan mengobrol bersama. Setelah mendengarkan lagu tersebut, guru olahraga merekomendasikan IU untuk tampil dalam pembukaan kompetisi olahraga, dan setelah tampil dalam acara tersebut, disitulah IU menyadari bahwa ia memiliki bakat untuk tampil di atas panggung. Setelah itu, IU memutuskan untuk menjadi penyanyi dan berusaha mewujudkan impiannya untuk bisa debut.

Pre-debut IU

Demi mewujudkan impiannya menjadi seorang penyanyi, IU mengikuti berbagai audisi, hingga pernah gagal sebanyak lebih dari 20 kali audisi. IU juga diketahui pernah mengikuti audisi di JYP Entertainment di tahun 2007 lalu. IU juga pernah menjadi trainee di Good Entertainment, dan lulus audisi pada Oktober 2007 di Loen  Entertainment

Perjuangan IU untuk menjadi penyanyi tidak selalu berjalan mulus. IU juga pernah ditipu oleh agensi pencari bakat. IU pernah mengirimkan sejumlah uang setelah dijanjikan untuk memberikan penampilan di TV, namun orang-orang tersebut menghilang tanpa kabar. Yang lebih menyakitkan, uang itu tidak lain adalah uang yang disiapkan Neneknya ketika menjual aksesoris untuk memenuhi kebutuhannya.

Setelah masuk Loen Entertainment, ia dipuji karena memiliki nada suara yang baik, dan menerima dukungan penuh dari penyanyi Ha Dong-kyun dan Gummy, membuatnya debut secara resmi pada September 2008 pada usia 15 tahun setelah menjalani 10 bulan pelatihan. 

Di sisi lain, agensi tidak mendebutkan IU ke dalam girl group karena dinilai IU memiliki suara yang sangat kuat dan sulit diselaraskan dengan suara orang lain.

Kesuksesan IU

Segalanya tidak menjadi lebih baik segera setelah debutnya. Itu karena lagu debut Lost Child tidak menciptakan hasil yang memuaskan. IU mulai mendapatkan popularitas pada tahun 2009 dengan beralih ke konsep idola yang lebih ceria.

Di tahun 2010, lagu-lagu IU mulai mendapatkan pengakuan dari masyarakat dan menyinari karirnya. IU mulai berkolaborasi dengan beberapa penyanyi lain seperti Im Seulong 2AM dan Sung Si Kyung melalui beberapa lagu yang ditulis oleh Kim Eana dan disusun oleh Lee Min Soo. 

IU mencapai popularitasnya dengan single utama Good Day. Pada tahun 2011, IU menjadi penyanyi yang menghasilkan 10 miliar won dalam setahun.

Karir Akting

IU memiliki citra yang jauh lebih kuat sebagai penyanyi daripada sebagai aktris, tetapi ia tampaknya telah banyak berinvestasi dalam akting, dengan muncul di sebagian besar drama sebagai karakter utama sejak tahun 2011. 

Meskipun prosesnya tidak begitu mulus dengan segala kritikan yang tertuju pada kemampuan aktingnya, namun sebagai hasil dari upaya terus menerus, popularitas IU semakin meningkat pesat.

Kini, IU diakui sebagai seorang multi-entertainer.

Daftar drama yang pernah dibintangi IU

2011 – Dream High

2013 – You Are the Best!

2013 – Bel Ami

2015 – The Producers

2016 – Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo

2018 – My Mister 

2019 –  Hotel Del Luna

Pesona IU 

IU sebagai malaikat donasi

IU dikenal sebagai malaikat donasi. Khususnya, di masa pandemi COVID-19 seperti ini, ada selebriti yang sangat rajin memberikan donasi. Yap, dia adalah IU. Selama masa pandemi, IU diketahui telah memberikan donasi sebanyak 5 kali dengan dengan total donasi sebesar lebih dari  300 juta won atau 3.8 miliar rupiah.

Memiliki berbagai image

Tidak hanya terpaku dalam satu konsep, tetapi IU mampu mencerna berbagai konsep yang menunjukkan sisi lain dari dirinya, seperti konsep dark, ceria, seksi, polos, dan sebagainya.

Kemampuan bermusik dan akting

Semua orang tahu bahwa IU memiliki kemampuan vokal yang luar biasa. Selain itu, IU juga bisa memproduksi musiknya sendiri, seperti menciptakan beat dan menulis lirik. IU mencoba untuk mengasah bakatnya dengan baik di bidang musik. Ia juga pandai memainkan gitar lho! Salut banget deh!

IU juga dikenal sebagai aktris berbakat, yang mampu memainkan berbagai peran dalam drama dan menciptakan emosional tersendiri bagi pemirsa. IU juga mengisi OST untuk dramanya sendiri. Duh, sebenarnya apa sih yang nggak bisa dilakukan IU?

Punya sifat yang mengesankan

Selain dikenal sebagai malaikat donasi, IU juga terkenal sebagai selebriti yang punya sifat yang baik dan mengesankan. Khususnya, IU sangat pintar memberikan fanservice dan memuaskan penggemar yang datang menyaksikan konsernya. IU juga terkenal akan sikap baik dan perhatiannya kepada para manajer, sekuriti dan tim yang bekerja untuknya.

TMI (Too Much Information) IU

*Nama fandom IU adalah UAENA, yang artinya You Love Me.

*Semenjak membintangi Dream High, IU dan Suzy memiliki hubungan pertemanan yang sangat dekat dan mendukung kegiatan individu satu sama lain.

*Roti kesukaan IU adalah kanpan dan ia senang memakannya dengan selai stroberi.

*Hewan kesukaan IU adalah puppy dan kuda.

*Webtoon kesayangan IU adalah The Sound of Your Heart, Guardians of The Video Game, Gosam Ran Away From Home, dan sebagainya.

*Sebagai penggemar Taeyang BIGBANG, IU pernah pergi ke konser BIGBANG di Jepang bersama Yoo In Na dan menggoyangkan lightsticknya di standing seats.

*Role model sekaligus penyanyi kesayangan IU adalah penyanyi sekaligus song writer asal Inggris, Corinne Bailey Rae.

*IU senang mengambil foto selfie dan ia sering mengambil selfie dengan kamera belakang ponselnya.

Nah, itu dia seputar profil IU yang sangat menarik! Selanjutnya, jangan lupa untuk ikuti instagram Ten Indonesia untuk ikutan poling bagi para idola yang ingin profilenya juga dimuat ya~

(1) (2) (3) (4) (5)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here