[HAi] Asal Muasal Kata ‘Han-guk’ Sebagai Nama Korea

1
Image result for olympic korea 1988

By Bu Eva Latifah

Apa yang kalian pikirkan ketika mendengar kata ‘Korea’?

Yap, sebuah negara bernama Korea yang berhasil mengenalkan budaya melalui Hallyu atau Korean Wave seperti Kpop dan drama, maupun kegiatan pendidikan seperti mengundang banyak pelajar asing untuk belajar ke negeri Gingseng tersebut.

Meski kini Korea sukses menjadi perhatian dunia melalui Hallyu yang mulai merebak di tahun 2000-an ini, nyatanya Korea jaman dulu hanya dikenal sebagai negara yang terpisah menjadi Selatan dan Utara, ataupun sebagai penyelenggara Olimpiade 1988 (bahkan tahunya berkat nonton drama Reply 1988 hihi).

Nah sebagai peminat Korea, apakah kamu tahu nama ‘Korea’ dalam bahasa Korea? Betul banget, Han-guk! Apa kalian juga tahu dari mana asal dan arti kata han-guk? Yuk, cari tahu lebih dalam!

Asal Muasal Kata Han-guk

Image result for 한국   hanguk

Sebagian menduga bahwa Han-guk berasal dari kata Daehan Minguk. Sementara, setelah ditelusuri di Kamus Besar Bahasa Korea terbitan Lembaga Bahasa Korea, Han-guk bukan berasal dari kata Daehan Minguk. Lalu dari manakah asal muasal kata Han-guk? Dua dari lima arti akan dibahas dalam artikel ini.

Pertama, Han-guk berarti sebuah negara yang diperintah oleh kepala suku Gahan atau Han, yang merupakan etnis baru di Tiongkok). Hal ini merujuk pada Korea yang sebagian wilayahnya pernah menjadi bagian Tiongkok. Bahkan sampai saat ini, di wilayah Manchuria masih ada yang menggunakan bahasa dan mempertahankan budaya Korea, loh.

Kedua, Han-guk berasal kata Han, yang merupakan singkatan dari Kerajaan Daehan. Daehan Jeguk atau Kerajaan Daehan dibuat oleh Raja Gojong 34 pada tahun 1897.

Han dan Ketangguhan Korea

Selain nama suku asli bangsa Korea, han juga punya arti “permasalahan dan ujian bertubi-tubi. Namun pada saat yang sama, ada ketangguhan untuk melaluinya”. Menurut saya, Han salah satu kata bahasa Korea yang sangat khas. Menurut Cheon Idu (1993), Han merupakan perasaan kompleks berupa penekanan keinginan, frustasi, kesia-siaan, kenihilan, dan kehilangan yang terus diwariskan selama ratusan tahun dan telah lebih dari sekedar perasaan individu, tetapi menjadi nilai kolektif dan bangsa. Han dalam budaya Korea mudah terlihat dalam ungkapan keluhan, permainan tradisional, min-yo (민요), seni, dan mantra.

Contoh lain tergambar dari Godegayo (lagu/puisi klasik Korea) berjudul Gongmoduhaga. Karya ini menjadi salah satu puisi favorit saya karena menggambarkan betapa “tough” masyarakat (dalam kasus puisi ini adalah perempuan) Korea. Puisi ini bercerita tentang ratapan seorang perempuan yang melihat suaminya yang tenggelam ke dalam air. Walau telah berusaha mencegah dengan memanggil sang suami, namun karena dalam keadaan mabuk, pada akhirnya sang suami tercebur dan tenggelam. Menariknya, meski ia merasa kehilangan sang suami, namun ia justru juga mengkhawatirkan nasib suaminya yang kini juga sendirian tanpa kehadiran dirinya di sisi.

Ilustrasi Gongmudohaga. Sumber: EBSi

Kisah tersebut menggambarkan bahwa sejak zaman dahulu orang Korea terbiasa untuk menahan dan menghadapi penderitaan. Pada saat yang sama, walau didera berbagai penderitaan, ada unsur ketangguhan karena mampu bertahan dari penderitaan tersebut. kata han, menunjukkan ketangguhan orang Korea. Dalam riset yang dilakukan oleh Sung, Jong, dan Jung (1997) menunjukkan bahwa kebanyakan orang Korea mencoba untuk bertahan dan memendam perasaannya saat mengalami penderitaan.

Jadi bisa dimengerti ya kenapa orang Korea tahan banting, meski dimarahi oleh atasan kantor, layaknya yang kita tonton di drama. Orang Korea secara historis terbukti mampu melalui berbagai kesulitan, seperti halnya penjajahan Jepang dan Perang Korea yang sebenarnya belum usai.

Sebagai orang Indonesia yang tertarik tentang Korea, menambah wawasan selain Kpop atau drama sangat bermanfaat loh! Banyak hal yang bisa kita pelajari agar Indonesia dapat maju seperti Korea. Salah satunya adalah belajar berani menghadapi seperti yang tergambar dari kata Han.

Fighting!

1 COMMENT

  1. Very good, the hair feels very smooth and the color is very close to mine. I tried it on and it felt good. The increased hair volume is very easy to use. It is very breathable. Overall, it is recommended.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here