Salut Abis! Berbagai Fandom Kpop hingga Pecinta Drakor Kumpulkan Rp 1,5 M Untuk Korban Bencana di Indonesia

1
BTS / credit: nocutnews.co.kr

Di awal tahun 2021 ini Indonesia diterpa bencana alam mulai dari banjir di Kalimantan Selatan hingga gempa bumi di Sulawesi Barat. Di tengah duka para korban yang banyak kehilangan tempat tinggal, penggemar grup Kpop hingga pecinta drama korea Indonesia menggalang dana untuk daerah terkena dampak bencana alam di dua pulau tersebut.

Fandom dari berbagai grup Kpop seperti BTS, Blackpink, Red Velvet hingga pecinta drama korea menunjukkan rasa simpati dengan menggalang dana di situs donasi terbesar Indonesia, Kita Bisa. Berdasarkan data Kita Bisa, 44.573 donatur yang tergabung dari 14 fanclub grup yang berbeda telah berhasil menyumbangkan hampir Rp 1,5 M per tanggal 23 Januari lalu. Nominal ini merupakan hasil penggalangan dana yang yang baru dimulai pada tanggal 15 Januari saat gempa bumi melanda pulau Sulawesi. 

credit: Hangukilbo
credit: Hangukilbo

Salah satu fandom terbesar di Indonesia, BTS ‘Army Indonesia’ berhasil mengumpulkan hampir Rp 643 juta  dari target Rp 777 juta, padahal penggalangan dana baru dibuka tanggal 15 lalu. Selain ARMY,  EXO L (penggemar EXO) berhasil mengumpulkan hampir Rp 277 juta, ELF (penggemar Super Junior) berhasil melampaui jumlah target sebesar Rp 50 juta dalam kurun waktu seminggu.  Selain itu, penggemar gabungan NCT dan WayV, Black Pink, dan Red Velvet juga menyumbang kurang lebih sebesar Rp 150 juta, Rp 25 juta, dan Rp 11 juta. 

credit: Hangukilbo

Bukan hanya fandom, pecinta drama korea juga tak ragu untuk menggalang dana dengan total Rp 30 juta yang tercapai hanya dalam kurun waktu seminggu. Uniknya, penggemar yang ikut menyumbang menuliskan nama mereka dengan ‘nama samaran’ para karakter yang muncul di drama seperti Nam Do San, Seol Dal Mi, dan Han Ji Pyeong yang merupakan nama karakter di drama Start-Up. Ternyata ini bukan kali pertama bagi pecinta drama korea menggalang dana untuk musibah yang terjadi di Indonesia. Diketahui mereka juga pernah menggalang dana untuk membeli perlengkapan yang dibutuhkan sebagai upaya pencegahan COVID-19, seperti hand sanitizer dan masker. 

Salut banget deh sama fandom dan penggemar drama korea di Indonesia yang ikut simpati dengan musibah yang ada di negara sendiri. Terima kasih fandom dan pecinta drakor!

source: Hangukilbo (https://n.news.naver.com/article/469/0000574240)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here