Setelah Palme d’Or, Akankah film Parasite Memenangkan Piala Oscar?

0

by Aisya J.

Pada bulan ini, film Parasite karya sutradara Bong Joon Ho dirilis di pasar Amerika. Di sisi lain, media film lokal juga menaruh perhatian pada film-film yang diperkirakan berada di daftar pemenang tanpa memandang perbedaan bahasa.

Kemarin (28/10) waktu setempat, media pengkritik film, ‘IndieWire’ dan media hiburan ‘Hollywood’ dan ‘Variety’, mengatakan bahwa penghargaan bagi film Parasite merupakan awal yang bagus dan sangat kuat.

Tentang film Parasite yang berhasil meraih box office dan menghasilkan $ 376.264 di 3 bioskop, IndieWire mengatakan, “Meski (penayangan) dibatasi, namun ini merupakan awal yang bagus.” Meski tidak sebesar film Marvel seperti seri Avengers atau film blockbuster besar lainnya, namun ini merupakan hasil yang mengesankan bagi film asing yang memenangkan penghargaan.  

IndieWire juga melaporkan bahwa film Parasite memperoleh pendapatan sebesar $ 93 juta di seluruh dunia. Popularitas film ini sebanding dengan film La La Land yang dirilis pada tahun 2016. Film La La Land berhasil menyabet lima penghargaan Academy Awards.

Selain Parasite, orang-orang juga membandingkan dengan film Roma karya sutradara asal Meksiko, Alfonso Cuaron, yang dinominasikan untuk 10 kategori dan berhasil memenangkan 3 penghargaan termasuk Penghargaan Film Berbahasa Asing.

IndieWire mencatat bahwa ada tren perubahan pada Academy Awards. Media film Amerika meramalkan bahwa perubahan ini dapat menciptakan suasana yang menguntungkan bagi film Parasite, yang merupakan film berbahasa asing dalam nominasi.

Variety mengungkapkan bahwa beberapa film yang dirilis tahun ini akan bersaing memenangkan piala Oscar yaitu Parasite, Joker, Once Upon a Time in Hollywood, Rocketman, Hustlers, Pain and Glory, JUDY, The Farewell, Jojo Rabbit, dan The Lighthouse. Diantara semuanya, berdasarkan pendapatan box office, film Parasite saat ini berada di peringkat ke-5, dibelakang Joker dan Rocketman.

Original article : http://tenasia.hankyung.com/archives/1842356

Translation by : Aisya Julia [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here