BTS Mencetak Rekor Baru Selama Mengadakan Tur Dunia

0

by Suci A.

Grup BTS telah menyelesaikan konse LOVE YOURSELF: SPEAK YOURSELF-THE FINAL pada tanggal 26 & 27 Oktober 2019 dan diakhiri hari ini, 29 Oktober 2019. Konser ini merupakan akhir dari rangkaian tur LOVE YOURSELF.

BTS telah memulai tur sejak bulan Agustus tahun lalu yang dimulai dengan konser di Seoul, AS, Canada, Brazil, Inggris, Perancis, Belanda, Jerman, Jepang, Taiwan, Singapura, Hongkong, Thailand, Arab Saudi dan lain-lain. Tur LOVE YOURSELF di Amerika Utara dan Eropa terdiri dari total 20 kota dan 42 konser. Kemudian, sejak bulan Mei lalu BTS melanjutkan tur stadium LOVE YOURSELF: SPEAK YOURSELF dan mendapat sambutan meriah dari seluruh penggemar.


◆ Tur Dunia dengan total 62 konser dan mengumpulkan 2.060.000 penonton
BTS telah mengadakan 62 konser selama 1 tahun 2 bulan. Berdasarkan keterangan pihak Big Hit Entertainment, BTS telah mengumpulkan 1.040.000 penonton dengan total 42 konser untuk tur LOVE YOURSELF dan berikutnya dilanjutkan dengan tur LOVE YOURSELF : SPEAK YOURSELF yang ditonton sebanyak 320.000 orang (AS), 100.000 orang (Brazil), 230.000 orang (Inggris & Perancis), 210.000 orang (Jepang) dan 30.000 orang (Arab Saudi). Jika ditambah jumlah penonton di konser Seoul yang berlangsung selama 3 hari dengan jumlah penonton per hari rata-rata 45.000, maka diperkirakan jumlah penonton bertambah 130.000 orang. Dengan begitu, total jumlah penonton konser LOVE YOURSELF : SPEAK YOURSELF sekitar 1.020.000 orang. Selama 1 tahun mengadakan 62 konser, BTS telah mengumpulkan 2.060.000 penonton.

Pada bulan Juni lalu, Pollstar mengumumkan bahwa ‘BTS mencatat US$ 78 juta pendapatan dalam penjualan box office untuk 12 dari 16 konser. Jika ditambah dengan penjualan tiket untuk delapan konser di Jepang, Arab Saudi, dan Seoul, diperkirakan mencapai lebih dari 150 miliar won. Selain itu, jika digabung dengan pendapatan pop up store yang dioperasikan di seluruh dunia, penjualan goodies dan pendapatan live-stream online diperkirakan total pendapatan akan mencapai 200 miliar won.

BTS / Credit : Big Hit Entertainment
Army berkumpul demi menonton LOVE YOURSELF: SPEAK YOURSELF di London / Credit: Big Hit Entertainment
Vlive menyiarkan konser BTS di Inggris / Credit : Naver


◆ BTS yang ‘pertama’

Selama mengadakan tur dunia, BTS mencatat berbagai macam rekor baru. Mereka telah menerangkan jalan sejarah dunia musik Korea di mancanegara.

Pada tanggal 6 Oktober 2018 (waktu setempat) lalu, BTS mengadakan konser LOVE YOURSELF di Citi Field, New York, AS. BTS merupakan penyanyi Korea pertama yang mengadakan konser di sana. 

Citi Field dibuka pada tahun 2009 sebagai rumah bagi tim liga baseball New York Mets. Ini juga menjadi tempat pertama grup band Inggris The Beatles mengadakan pertunjukan stadium pertama pada tanggal 15 Agustus 1965. Ini merupakan tempat yang menjadi saksi British Invasion (fenomena ketika musik Inggris masuk dan mengguncang dunia musik Amerika). Saat itu, The Beatles mengumpulkan 55.600 penonton. Sebelumnya di tahun 1956, Elvis Presley mengadakan konser di Cotton Bowl Stadium di depan 26.500 penonton, namun total penonton konser The Beatles dua kali lebih banyak sehingga dikatakan sebagai ‘pelopor tur stadium.’ Di tempat sebagai saksi sejarah musik pop itulah grup BTS maju dan mengukir sejarah baru.

BTS menjadi penyanyi Korea pertama yang mengadakan konser di Wembley Stadium di Inggris pada tanggal 1-2 Juni lalu. Sekitar 70.000 kursi dari total 90.000 kuris telah terjual habis hanya dalam waktu 90 menit sejak penjualan tiket dimulai. Inggris memuji pertumbuhan BTS dan menjuluki mereka sebagai ‘The Beatles abad ke-21.’

Pada tanggal 11 Oktober lalu, BTS terbang melintasi perbatasan untuk membuat momen bersejarah dengan penggemarnya di seluruh dunia. BTS tercatat sebagai penyanyi asing pertama yang mengadakan konser eksklusif di stadium Arab Saudi. Konser LOVE YOURSELF: SPEAK YOURSELF ini diselenggarakan di King Fahd International Stadium Arab Saudi yang ditonton oleh 30 ribu penggemar. Para penggemar di Arab Saudi menikmati konser sambil memegang lightstick ‘Army Bomb’ dan turut menyanyikan lagu berbahasa Korea. Member BTS pun memberikan kesan dan pesan kepada para fans dengan menggunakan Bahasa Arab yang sudah mereka siapkan sebelumnya.

Dengan demikian, BTS mencatat rekor sebagai penyanyi Korea pertama yang mengadakan tur stadium di Amerika Utara & Selatan, Eropa, Asia dan lain-lain. Selain itu, BTS mencatat rekor sebagai penyanyi asing pertama yang mengadakan konser eksklusif di stadium Arab Saudi.

BTS telah mengakhiri perjalanan indah dan panjang sebagai grup ‘pertama’ dan ‘terbaik’. Pada tanggal 26 dan 27 Oktober lalu, mereka telah menunjukkan penampilan yang lebih kuat dan bersemangat dari sebelumnya berdasarkan semua pengalaman dan kemampuan yang telah ditunjukkan pada konser-konser sebelumnya. Hari ini (29/10), konser final yang ditunggu-tunggu ini telah menarik perhatian ARMY (nama fanclub BTS) dari seluruh dunia.

Original article : https://entertain.naver.com/read?oid=312&aid=0000417400

Translation by : Suci A. [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here