11 Perbedaan Kebiasaan dan Budaya Indonesia dan Korea

1

Setiap negara tentunya memiliki budaya dan kebiasaan tersendiri yang unik dan membedakannya dengan budaya asing. Dalam hal ini, kita akan membahas seputar perbedaan budaya orang Indonesia dan Korea, yang terkadang sama-sama membuat heran ketika berkunjung ke negara tersebut.

Nah, tanpa basa-basi, Yuk simak 11 hal yang menunjukkan perbedaan budaya orang Indonesia dan Korea di bawah ini :

Orang Korea memilih jalan kaki atau naik kendaraan umum, sedangkan di Indonesia lebih banyak berkendara dengan sepeda motor/mobil

Image source : google

Nyamannya sarana transportasi membuat warga Korea banyak memilih untuk bepergian dengan transportasi umum atau jalan kaki. Penggunaan sepeda motor di Korea lebih banyak dikendarai oleh tukang pos atau tukang antar makanan. Sedangkan di Indonesia lebih banyak berkendara dengan sepeda motor atau mobil, meskipun ke tempat yang berjarak dekat sekali pun.

Setiap restoran di Korea menyediakan air minum gratis dan bisa di-refill sepuasnya, sedangkan di Indonesia, harus beli minuman mineral dan hanya sebagian kecil yang menyediakan air minum gratis

Image source : blog naver

Jika kamu berkunjung ke restoran Korea, maka yang paling utama disuguhkan adalah sebotol minum yang nantinya bisa di-refill. Air minum ini pun disediakan secara gratis. Sementara kalau di Indonesia, banyak restoran besar yang tidak menyediakan air minum gratis, malah kita diminta untuk membeli air mineral yang disediakan.

Orang Korea kebanyakan minum teh tawar, sedangkan di Indonesia banyak minum teh manis

Image source : google

Kebanyakan orang Korea yang berkunjung ke Indonesia akan terkejut ketika meminum teh di Indonesia. Hal ini dikarenakan banyak orang Indonesia yang menyuguhkan teh manis. Di Korea sendiri, minum teh sudah menjadi kebiasaan atau adat orang Korea. Hanya saja, kebanyakan jenis teh yang mereka minum bersifat tawar.

Restoran ayam fast food di Korea tidak menyediakan nasi, sedangkan di Indonesia biasanya langsung paketan dengan nasi

Image source : steemit

Bagi orang Indonesia, memang belum lengkap kalau belum makan nasi. Eits, tapi jangan kaget nih kalau kamu berkunjung ke restoran ayam di Korea dan tidak diberi nasi. Hal itu dikarenakan semua restoran ayam di Korea tidak menjual nasi dan hanya menjual menu utama saja.

Trotoar di Korea selatan lebar dan luas, sedangkan Indonesia memiliki ruang sempit untuk pejalan kaki

Image source : seohoblock.kr

Mungkin ini menjadi salah satu hal yang membuat orang Korea kurang nyaman ketika berjalan kaki di Indonesia. Ketika di Korea, mereka dengan bebas berjalan kaki di atas trotoar yang luas dan lebar, sementara Indonesia hanya memiliki sedikit ruang untuk pejalan kaki.

Orang Korea sangat individualis, sedangkan orang Indonesia murah senyum dan gampang akrab dengan orang yang baru dikenal

Image source : lotusbungalows

Orang Korea yang baru datang ke Indonesia mungkin akan merasa canggung ketika banyak orang Indonesia yang menyapa atau menebar senyum ke arah mereka. Padahal di Korea, mereka lebih cenderung individualis dan tidak terbuka kepada orang asing atau orang yang tidak dikenal. Sementara orang Indonesia memang terkenal murah senyum dan cepat akrab dengan siapa saja.

Sarana transportasi seperti subway dan bus menyediakan wifi, sedangkan di Indonesia masih sebagian kecil yang menyediakan wifi untuk penumpang

Image source : asiae.co.kr

Untuk memberikan kenyamanan kepada setiap penumpang, Korea sudah menyediakan layanan wifi di hampir semua sarana transportasi seperti subway dan bus. Sementara itu, fasilitas wifi masih belum memadai di Indonesia

Orang Korea kaget dan belum terbiasa ketika mendengar suara azan di Indonesia

Image source : telisik.id

Mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam, sehingga mendengar suara adzan adalah sesuatu yang sudah tidak asing. Namun, orang Korea tidak pernah mendengar adzan di Korea karena penganut agama Islam di Korea sangat kecil. Ketika orang Korea berkunjung ke Indonesia, maka mereka sering kaget dan terbangun ketika mendengar adzan yang berkumandang. 

Orang Korea kaget karena tisu toilet dijadikan tisu tangan di warung makan Indonesia

Image source : dr. song’s blog, steemit

Kalau tisu gulung dijadikan sebagai tisu toilet di Korea, maka mereka akan terkejut ketika melihat tisu gulung disediakan di sejumlah warung makan Indonesia. 

Orang Korea tidak terbiasa dengan pemakaian gayung ketika mandi di Indonesia

Image source : ikea, media indonesia

Gayung mungkin menjadi benda wajib di setiap kamar mandi orang Indonesia. Hal ini dikarenakan pemakaian gayung ketika mandi sudah menjadi kebiasaan tersendiri di Indonesia. Sementara kebiasaan ini adalah hal yang tidak biasa dilakukan orang Korea, karena mereka mandi menggunakan shower.

Korea belum punya aplikasi semacam Gojek atau Grab yang menyediakan berbagai layanan

Image source : blog ojek online

Banyak orang Korea yang kagum karena selama tinggal di Indonesia dimudahkan dengan aplikasi yang menyediakan berbagai layanan dalam satu akun saja, misalnya antar jemput motor/mobil, pesan antar makanan, bersih-bersih rumah, antar paket, dan sebagainya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here