Tak Seindah Drakor, Inilah Potret Kehidupan Korea yang Sesungguhnya

2

Drama korea memang tak hanya menampilkan kisah cinta romantis, namun juga menampilkan bocoran tentang kehidupan negara Korea Selatan yang sempurna yang bikin para penonton khususnya penonton asing ingin datang ke Korea. Namun, tahukah kalian? Menurut OECD Better Life Index, Korea Selatan termasuk salah satu negara yang menduduki peringkat terendah dalam tingkat kebahagiaan warganya. Apa benar hidup di Korea Selatan tak seindah di drama-drama? Simak beberapa potret kehidupan negara Korea Selatan yang sesungguhnya yang nyaris tak seindah drakor!

Musim dingin yang berat setiap tahun

FOTO: Salju Turun di Seoul

Karena di Indonesia sendiri nggak ada musim dingin, tentunya kita punya keinginan untuk merasakan hidup di negara yang ada musim dingin. Apalagi kalo di drakor, musim dingin digambarkan sangat indah dan romantis, contohnya saja dalam drama Crash Landing on You. Namun, bagi warga Korea sendiri, musim dingin cukup merepotkan loh! Meski tak separah di Rusia, namun tak sedikit bencana terjadi di musim dingin, seperti kendaraan tergelincir dan badai salju.

Tak ada kata santai

The 10 Commandments of Subway Etiquette In Korea | 10 Magazine Korea

Korea Selatan memang dikenal memiliki budaya ‘ppali ppali’ atau harus melakukan segala pekerjaan dengan cepat dalam segala hal. Coba saja kalian mengunjungi stasiun subway saat jam kerja, orang-orang berlari kesana dan kemari untuk dapat sampai kantor dengan cepat.Hidup mereka serasa terus dikejar waktu dan ini dapat memberi tekanan pada hidup orang sehari-harinya.

Senioritas yang mengakibatkan bullying

Punya Pesan Moral, 6 KDrama Ini Mengangkat Tema Bullying Sekolah

Bullying di drama korea ternyata benar adanya loh! Hal tersebut banyak diangkat di drama untuk menyinggung isu bullying yang terjadi di sekolah dan berharap hal tersebut dapat diatasi. Bullying sangatlah umum terjadi di kalangan anak sekolah dan kuliah. Umur atau tingkatan adalah hal yang sangat penting karena mereka bisa bertindak seenaknya untuk menindas juniornya. Karena hal ini, nggak sedikit pula siswa depresi yang mengakibatkan mereka mengakhiri hidupnya. 

Standar kecantikan tinggi

Korean Beauty Standards | Typecasting Term Assignment

Berkaca di drakor, kita pasti berpikir kalau orang Korea memang ganteng dan cantik. Hal itu memang benar terjadi dan hal lumrah di Korea, karena masyarakat Korea memiliki standar kecantikkan yang sangat tinggi, seperti tubuh kurus, wajah kecil tirus, mata berkelopak, dan masih banyak lainnya yang membuat setiap warganya jadi stres karena standar tersebut. Untuk mendapatkan hal itu, masyarakat Korea memutuskan untuk melakukan operasi plastik.

Terobsesi dengan pendidikan

Korean Teenagers Study Hard But Feel Unhappy - K-Herald - 애틀랜타 조선일보

Memiliki obsesi pada pendidikan tentunya merupakan hal positif karena pendidikan merupakan salah satu hal penting yang membentuk seseorang. Namun beda cerita di Korea dimana kebanyakan anak-anak SMP dan SMA dituntut harus belajar untuk masuk di perguruan tinggi terbaik di Korea Selatan, yaitu Seoul National University, Korea University, dan Yonsei University. Karena bagi masyarakat Korea, jika berhasil masuk ke salah satu universitas tersebut, maka hidupnya akan ‘terjamin’ karena akan mudah mendapat pekerjaan. Anak-anak SMP dan SMA di Korea setelah belajar di sekolah masih harus melanjutkan belajar di tempat les hingga larut pukul 10 malam. Sesampainya di rumah, mereka masih harus belajar lagi untuk meraih keinginan masuk ke universitas terbaik. Masalah sosial ini juga diangkat ke dalam sebuah drama yaitu SKY Castle yang mengisahkan obsesi anak dan orang tua terhadap pendidikan. Merinding banget.

Kompetitif dalam segala hal

11 Bukti Kehidupan di Korea Selatan Tak Seindah di K-Drama!

Tak hanya pendidikan, masyarakat Korea dikenal kompetitif dalam segala hal. Misalnya ingin menjadi yang terbaik, entah di dalam kelas maupun dalam kantor. 

Kesenjangan sosial yang sangat jelas

🇰🇷 Korean Drama Movie 🇮🇩 on Twitter: "#RecordOfYouth eps 1 bener-bener  bikin jatuh cinta ♥️♥️♥️ Mulai dari visual pemainnya, karakternya, alur dan  konfliknya, ostnya, editing gambarnya, sinematografinya 👏…  https://t.co/Vx2vmOydMo"

Di Korea Selatan juga terdapat kesenjangan sosial yang cukup besar. Meski Korea Selatan adalah negara yang makmur, tingkat pertumbuhan ekonominya sangatlah baik. Akan tetapi, masih ada masyarakat biasa yang tidak merasakan privilege yang didapat masyarakat kelas atas.

Masih ‘perang’ dengan Korea Utara

7 Idol K-Pop dan Aktor Pria yang Keluar Wajib Militer di Tahun 2019 -  Tribun Jogja

Meski kelihatannya adem ayem aja, ternyata Korea Selatan dan Korea Utara belum damai seutuhnya. Kedua negara saat ini dalam posisi gencatan senjata yang bisa terjadi perang tiba-tiba jika salah satu negara melanggar perjanjian yang telah disepakati. Maka dari itu, Korea mempersiapkannya dengan mewajibkan penduduk pria dengan wajib militer selama 18 bulan. Karena kewajiban untuk negara ini, banyak juga penduduk pria jadi stres karena kehidupan yang sudah biasa dijalani harus berubah karena harus menjalani wajib militer. Seperti menunda masuk kuliah atau harus hiatus dari industri hiburan seperti para selebriti Korea.

Stres berat

S. Korean children near global top in physical environment, near bottom in  happiness : National : News : The Hankyoreh

Karena berbagai tekanan yang datang, membuat masyarakat Korea stres berat dan berkepanjangan hingga tak sedikit yang memilih untuk mengakhiri hidupnya demi lepas dari hiruk pikuk yang mengganggu pikiran serta fisik mereka. Bahkan negara Korea Selatan saat ini memegang peringkat pertama dalam tingkat bunuh diri paling tinggi sedunia.

Meski kehidupan aslinya tak seindah di drakor, kita harus bijak nih ambil hal positifnya saja. Berkompetisi nggak selamanya jadi hal buruk kok! Tentunya kita juga perlu memandang bahwa banyak tekanan yang telah dijalani masyarakat Korea dan malah menjadikan negara Korea sebagai negara maju dan masyarakat Korea menjadi bangga apalagi kini negara Korea jadi pusat perhatian banget!

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here