Buat Kamu yang Selalu Tanya Apa Alasan Suka Drakor, Ini Jawabannya!

0

Drama Korea sudah lama menjadi salah satu ‘makanan’ sehari-hari bagi para penikmatnya di Indonesia. Popularitas drama Korea sendiri kian meningkat berkat banyaknya kemunculan artis baru dan plot cerita yang tidak membosankan. Namun begitu, banyak pula orang yang kontra dengan kehadiran drama Korea di Indonesia, karena dinilai dapat menghilangkan rasa cinta masyarakat Indonesia terhadap budaya tanah air, khususnya industri penyiaran di Indonesia.

Berikut ini Tenasia merangkum beberapa alasan kuat mengapa drama Korea masih banyak dicintai di Indonesia :

1. Gak melulu jual kisah romansa, banyak pesan moral dan pelajaran hidup yang bisa kamu nikmati sambil nonton drakor

Setiap drama Korea memiliki tema dan kisah masing-masing, yang bisa menjadi pelajaran hidup bagi pemirsa. Banyak drama yang mengangkat kisah tentang keluarga, cinta, medis, persahabatan, dan lainnya, yang banyak mengandung pesan positif kepada para pemirsanya.

2. Korea memiliki budaya ketimuran yang mirip dengan negara kita, sehingga kita dapat lebih memahami dan larut di dalam cerita. Drakor sering menceritakan tentang hubungan kekeluargaan yang erat dan juga rasa saling menghormati yang tinggi.

Seperti yang diketahui, banyak Drama Korea yang mengangkat tema kekeluargaan. Di sini, para penonton dapat melihat bagaimana budaya dalam keluarga masyarakat Korea sangat diutamakan. Penonton pun dapat belajar banyak dari kebiasaan orang Korea, walaupun tidak semua budaya tersebut dapat diterapkan di Indonesia. Namun begitu, ini tetap saja membuka wawasan kita untuk lebih memahami budaya Korea itu sendiri.

3. Gak asal punya tampang, cast dalam drakor bertalenta semua! Bahkan populer diakui dan terkenal hingga ke ranah international.

Tidak dipungkiri, banyak aktor dan aktris Korea yang tampil dengan penampilan yang bersih dan kulit yang cemerlang. Memiliki wajah yang tampan dan cantik, tentu saja menarik perhatian dan enak dipandang. Terlepas dari fakta bahwa sebagian besar dari aktor dan aktris telah melakukan operasi plastik, namun mereka tetap disanjung berkat visual dan kemampuan aktingnya.

4. Tidak seperti sinetron lokal yang ceritanya berlarut-larut, drakor memiliki episode yang sedikit dengan cerita yang compact

Drama Korea biasanya terdiri dari 16-20 episode, berbeda dengan sinetron Indonesia yang jumlahnya bisa mencapai ratusan. Ini membuat pemirsa tidak merasa bosan dan tidak membutuhkan banyak waktu untuk menontonnya. Dibandingkan sinetron Indonesia, ini menjadi salah satu daya tarik drama Korea itu sendiri.

5. Tampil dengan berbagai busana yang keren, kita juga bisa lebih stylish dengan belajar trending fashion di drakor!

Fashion menjadi salah satu pesona yang ditonjolkan dalam drama Korea, dimana ini jarang dapat ditemui di drama asing lainnya. Tak jarang, banyak fashion Korea yang viral dan popular di luar negeri berkat para pemain drama yang mengenakan fashion tertentu.

6. Meskipun bukan tayangan layar lebar, drama korea selalu menampilkan kemampuan akting yang luar biasa! Emosi dan kepribadian setiap karakter menjadi faktor penting dalam drama Korea.

Setiap karakter dalam drama Korea memiliki warna tersendiri, yang mana sering menunjukkan emosional yang rumit, yang ditunjukkan karakter dalam setiap episodenya. Hal ini menunjukkan bagaimana para pemain drama Korea menunjukkan kemampuan akting yang dapat meningkatkan emosional para pemirsa. Tak jarang, kita juga ikut larut dalam cerita.

7. Selain jalan cerita yang asyik, dialog dalam drakor sering menyisipkan kata-kata mutiara untuk memotivasi penonton!

Seperti dialog dalam Itaewon Class, “Kenapa kita menyerah sebelum mencobanya sendiri” atau dialog dalam The World of The Married,Biasanya orang-orang tetap menderita karena tidak cukup berani melarikan diri”, begitu banyak dialog dalam drama Korea yang bisa menjadi motivasi dalam hidup. Salut banget nih sama penulis naskahnya!

8. Yang kita tonton adalah tayangan serial TV, tapi kualitas gambarnya seperti film layar lebar! Drakor gak pernah main-main dalam teknik pengambilan gambar dan juga pengeditan. Epic abis!

Ini sudah jelas-jelas diakui oleh seluruh pemirsa bahwa drama Korea memiliki kualitas yang tidak tanggung-tanggung. Mulai dari pengambilan gambar, penambahan BGM dan efek CG membuat kualitasnya semakin bagus layaknya film-film layar lebar.

9. Gak asal dempul, make up setiap karakter dalam drakor sangat diperhatikan tekniknya. Special Effect Make Up sering digunakan untuk karakter-karakter khusus. Sampai bikin para pecinta make up kagum!

Pemakaian special effect makeup (SFX Make up) biasanya sering digunakan dalam drama Korea dengan tema-tema tertentu, seperti drama Kerajaan yang sering menunjukkan scene peperangan atau drama dengan kisah fantasi. Tidak seperti bohongan, aplikasi SFX make up dalam drama Korea terlihat sangat natural dan meyakinkan.

10. Seiring naiknya pamor drakor, banyak lokasi shooting yang bisa jadi referensi wisata saat kita travelling!

Hayo ngaku, siapa yang sering mengunjungi lokasi syuting drama ketika jalan-jalan di Korea? Ini menjadi sebuah hal wajib yang dilakukan para pecinta drama Korea. Tak jarang, banyak lokasi syuting drama yang menjadi viral dan banyak dikunjungi para turis yang memiliki kesempatan untuk berkunjung ke negeri Ginseng ini. Hal ini menambah wawasan pemirsa tentang lokasi-lokasi menarik yang ada di Korea, dan bisa menjadi rekomendari tempat wisata saat berkunjung ke Korea.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here