Pemeran Sang Tae Dalam Serial It’s Okay To Not Be Okay Menderita Prosopagnosia!

0

Peran Sang Tae dalam drama korea It’s Okay To Not Be Okay memiliki kesan tersendiri bagi para penonton. Selain menampilkan kisah brotherhood dengan Gang Tae si pemeran utama yang begitu menyentuh, tokoh Sang Tae dikisahkan mengidap autism dan memiliki bakat melukis yang luar biasa.

Karakter Sa Tae diperankan oleh aktor berusia 43 tahun yaitu Oh Jung Se. Oh Jung Se sukses membawakan karakter Sang Tae, hingga penonton seperti dapat merasakan dan mengenali Sang Tae dikehidupan nyata. Tak hanya ekspresi wajah, Oh Jung Se juga sangat mendetail dalam memerankan karakter Sang Tae. Dari cara berjalan, mimik wajah, gerakan tangan hingga suara yang begitu menyatu dengan karakter Sang Tae.

Dibalik kehebatannya dalam berakting, Oh Jung Se sebenarnya mengidap penyakit prosopagnosia. Prosopagnosia adalah kelainan dalam mempersepsi wajah yang membuat orang yang mengalaminya akan sulit mengenali wajah termasuk wajahnya sendiri. Keadaan ini biasanya diakibatkan oleh kerusakan otak akut, walaupun bukti terkini juga memperlihatkan adanya kemungkinan pengaruh faktor keturunan

Diketahui pula bahwa ternyata belum banya terapi yang dikembangkan untuk kelainan ini. Beberapa orang biasanya mencoba mengatasi kelainan ini dengan strategi pengenalan terhadap beberapa ciri wajah serta pengenalan terhadap ciri sekunder seperti pakaian, warna rambut, bentuk badan, dan suara.

“Kalau aku bertemu dengan kamu di jalan, aku enggak akan mengenali kamu. Itu bukan karena aku tak mengingat kamu, tapi karena aku tak bisa melihat dan mengidentifikasi wajah kamu. Karena hal ini, aku sering merasa kasihan pada orang-orang di sekitarku,” kata Oh Jung Se pada dalam acara ‘Park Sun Young’s Cine Town’.

Meskipun menderita kelainan tersebut, keahlian Oh Jung Se dalam bermain peran tidak dapat diragukan. Terbukti bahwa Oh Jung Se telah memenangkan dan masuk nominasi dalam berbagai awards. Salah awards yang dimenangkannya adalah Baeksang Arts Award for Best Supporting Actor. Mengawali karir dibidang acting sejak tahun 2000, Oh Jung Se mengawali langkahnya dengan berperan dalam drama musical. Mulai tahun 2001, baru ia masuk ke dalam film komersil.

Di balik kesuksesan karier Oh Jung Se saat ini, ada seorang istri setia yang selalu mendukungnya. Mereka bertemu saat masih duduk di bangku kelas 6 SD, Oh Jung Se pernah bercerita kalau istrinya adalah cinta pertamanya. Mereka melalui masa pacarana selama 19 tahun! Pernah putus selama 3 bulan, dan lalu memutuskan untuk Kembali dan menikah.

Oh Jung Se menikah pada tahun 2006, dan saat ini ia sudah dikaruniai 2 orang anak. Akibat prosopagnosia yang dideritanya, Oh Jung Se pernah tak mengenali wajah anaknya sendiri. Bukan hanya itu, ia juga kesulitan untuk mengenali selebritas terkenal.

Selain disibukkan dengan shooting drama ‘It’s Okay to Not Be Okay’, saat ini Oh Jung Se juga tengah berperan dalam drama ‘The Good Detective’. Hal ini begitu memukau dan menuai banyak pujian dari penonton, sebab karakter yang ditampilkan oleh Oh Jung Se dalam dua drama ini sangat bertolak belakang. (Cut)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here