Dituduh Dispatch Berikan Pernyataan Palsu Soal Lagu Suga BTS, Big Hit Kembali Merespons

3

Sebelumnya pada pagi hari ini, outlet media ‘Dispatch’ sempat menuduh Big Hit Entertainment merilis pernyataan tanggapan palsu di mana sebenarnya, Agust D (Suga BTS) mungkin mengetahui asal dari sampel pidato kontroversial yang dimasukkan ke dalam lagu “What Do You Think?” miliknya.

Pada 3 Juni, menanggapi tuduhan tersebut, Big Hit mengulangi pernyataan sebelumnya dengan, “Seperti yang telah kami ungkapkan dalam pernyataan kami sebelumnya, produser yang bekerja pada lagu ini memilih sampel audio sambil mempertimbangkan suasana lagu secara menyeluruh, tanpa niat tersembunyi dan pengetahuan tentang individu yang memberikan pidato.”

Lagu mixtape SUGA “What Do You Think?” dari ‘D-2’ sempat menyebabkan kontroversi setelah terdengarnya sebuah sampel pidato oleh pemimpin aliran sesat kontroversial Amerika, Jim Jones, yang digunakan pada awal lagu. Setelah itu, Big Hit Entertainment mengakui kesalahannya serta menyatakan ketidaktahuan produser akan makna sampel tersebut dan merevisi audio dengan menghapus sampel yang dimaksud.

Sementara itu, meskipun menimbulkan kontroversi hebat, album mixtape Suga BTS atas nama Agust D tetap meraih prestasi dengan mencetak rekor sebagai solois asal Korea pertama yang berhasil menduduki peringkat 11 di Billboard 200. Rekor ini sebelumnya dipegang oleh RM BTS dengan “mono” di peringkat 26 pada Billboard 200, Oktober 2018 lalu.  

Curator’s comment:

Terdapat banyak pro dan kontra atas kontroversi ini serta pernyataan yang diberikan oleh Big Hit Entertainment. Banyak yang beranggapan bahwa tidak mungkin sang produser dari perusahaan besar dengan sembarangan memasukkan sesuatu yang tidak dipahami dengan jelas ke dalam lagu yang akan dirilis secara resmi. Ada juga yang beranggapan bahwa kesalahan tersebut bisa terjadi dengan murni tanpa maksud tersembunyi. Dengan munculnya kecurigaan yang dituduhkan oleh media Dispatch, netizen dibuat semakin bingung dan berdiskusi mengenai pihak mana yang jujur dan yang tidak. Sepertinya, masalah ini akan segera berakhir jika Suga pribadi merilis pernyataannya mengenai kontroversi yang ditimbulkan oleh albumnya sendiri.

Kpop Curator, Uta.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here