Ini Idol K-Pop dan Youtuber Korea yang rayakan Ramadan

0

Ini dia idol K-Pop dan Youtuber Muslim yang rayakan Ramadan. Cekidot yah J

  1. Manny Varsity

Manny  adalah member termuda dalam grup K-Pop Varsity dan berasal dari China. Fakta bahwa dirinya adalah seorang muslim terkuak ketika Varsity sedang melakukan wawancara tentang makanan yang mereka nikmati, Sup Kimchi.

Seorang member Varsity mengungkapkan jika member lainnya, Manny tidak menikmati Sup Kimchi karena mengandung daging babi, sedangkan Manny adalah seorang muslim.

Ternyata, Industri musik Korea atau yang biasa disebut K-pop kini semakin terbuka dengan keberagaman dalam tubuh mereka, terbukti dengan diterimanya Manny, member grup K-Pop Varsity yang beragama islam.

Happy banget keragaman diterima dengan baik dimanapun. Iya ga?

Manny ternyata ngga cuman ganteng loh, tapi juga rajin beribadah.

2. Ujung Oppa

Ujung Oppa merupakan seorang Youtuber asal Korea Selatan.  Nama aslinya adalah Hwang Woo Jong . Ia dikenal karena kelancarannya dalam berbicara bahasa Indonesia. Namanya semakin menjulang sejak tampil dalam saluran YouTube channel Raditya Dika berjudul “Orang Korea Masuk Islam”.

Berkat keputusannya, Ujung Oppa kini laris mengisi kajian bertema talkshow dan sharing mualaf.

Dalam sebuah video di akun YouTubenya, Ujung Oppa mengatakan bahwa keluarganya memiliki agama yang berbeda-beda. Awalnya ia memilih untuk mengikuti agama orangtuanya, yaitu Buddha. Namun, sejak SMA ia memilih untuk mengikuti ajakan temannya untuk masuk ke agama Protestan. Sedangkan sang adik tidak menganut agama apa pun.

Alasannya memeluk agama Islam dikarenakan ia merasa senang mendengar salawat dan ia juga mempunyai sahabat yang juga menjadi mualaf.

Ujung Oppa sendiri mengatakan bahwa dirinya dulu tidak merasakan kebahagiaan meskipun memiliki kondisi finansial yang stabil. Namun, saat melihat teman-teman yang beragama Islam, ia bisa merasakan kebahagian yang mereka miliki. Hal tersebut akhirnya membuat Ujung Oppa merasa penasaran sehingga memutuskan untuk masuk Islam. Wah Selamat ya oppa!

3. Daud Kim

Jay Kim merupakan vlogger yang mempunyai suara merdu dan sering membagikan konten bernyanyi. Di kanal YouTube miliknya, Jay Kim sering memposting dirinya meng-cover lagu dari berbagai genre.

Sebelum memeluk Islam, Jay Kim sering mengunggah beberapa konten berbau Islami. Tak hanya itu, dia bahkan pernah membawakan lagu ‘Deen Assalam’ yang dipopulerkan oleh Sabyan Gambus. Malah baru-baru ini, dia mengunggah video dialognya bersama ulama dan menanyakan mengapa daging babi dan alkohol haram.

Setelah memeluk agama Islam, Jay Kim mempunyai nama Islam. Jika dulu dia menggunakan nama David, sekarang nama itu diganti menjadi Daud Kim.

4. Song Bora

Bora sudah menjalani kehidupannya menjadi seorang muslim sejak 2007 lalu. Wanita yang populer sebagai selebgram muslim Korea dengan akun Instagram @olaborasong ini memang dikenal inspiratif dengan perannya sebagai seorang guru agama Islam dan juga Bahasa Arab di Korea sana. Bora atau bisa dipanggil Ola ini memang seringkali menampilkan dirinya sedang mengajarkan bahasa Arab serta membagikan kehidupan sehari-harinya sebagai muslim di Korea Selatan.

Perjalanan Bora menjadi muslim bisa dibilang sangat panjang, seperti dalam wawancara bersama dengan media Korea, gadis yang menolak dipanggil ‘Eonni’ (kakak perempuan) ini mengaku bahwa ia tidak pernah mendapatkan pengetahuan tentang negara-negara Arab dan Asia Tenggara di sekolahnya. Ia pun akhirnya mencari tentang negara tersebut di buku dan internet. Ia pun mengambil jurusan bahasa Arab di bangku kuliah. Gadis yang dulunya atheist ini pun akhirnya mendalami pelajaran agama Islam dan mantab untuk masuk Islam pada tahun 2007. Keren yah!

5. Kang Nayeon

Kang Nayeon menggunakan nama Safiya sebagai nama muslimahnya. Nayeon diikuti oleh 14 ribuan akun di Instagramnya. Teman dari Song Bora ini juga aktif dalam organisasi muslim di Korea dan turut berpartisipasi sebagai cameo dalam Hijab Traveler. Dengan bangga, Kang Nayeon mengunggah foto-foto kebersamaannya dengan Asma Nadia dan Bunga Citra Lestari ke Instagram.

Si cantik Safiya adalah pecinta jalan-jalan. Ia sudah berkeliling banyak negara, termasuk ke Eropa. Berusaha istiqomah, Kang Nayeon tidak melepas hijabnya meski berada di tanah Eropa waktu itu.

Kang Nayeon sering melakukan foto selfie yang memperlihatkan aneka gaya hijab kasual yang sering dipakainya sehari-hari. Selain itu, ia juga suka berdandan namun dengan makeup yang minimalis. Kamu bisa melihat cantiknya hijab ala Kang Nayeon di akun @safiya.kang.nayeon. Coba cek deh! 🙂

6. Ayana Jihye Moon

Hijabers asal Korea Selatan Ayana Jihye Moon yang laris jadi bintang iklan di Indonesia dikenal sebagai seorang mualaf. Ayana melalui jalan berliku untuk memeluk Islam.

Sebelum berhijab, Ayana Jihye Moon merupakan salah satu personel girlband F-VE DOlls atau 5Dolls. Ayana Jihye Moon memutuskan untuk belajar agama Islam lewat internet dan kegiatan yang terkait dengan muslim.

Hijabers kelahiran 28 Desember 1995 itu mengaku sejak masih kecil memang sudah tertarik dengan agama Islam. Dalam bukunya yang dirilis pada Maret 2020 ini berjudul Ayana Journey To Islam, Ayana mengungkapkan perjalannya yang tak mudah untuk menjadi seorang muslimah.

 Ayana mengaku pertama kali mendengar cerita tentang dunia Islam di Timur Tengah dari kakeknya yang kerap berpergian ke negara lain. Sang kakek bercerita tentang kebiasaan umat muslim dan bagaimana para wanita di negeri tersebut berbusana. Sejak itu Ayana tertarik dan mulai mempelajari tentang Islam. Ayana pergi Ke Malaysia untuk belajar tentang Islam walaupun keluarganya tidak setuju dan memutus dukungan finansial.

Ketika itu Ayana hampir menyerah dan memutuskan akan kembali ke Korea. Namun sebelum pulang, dia sempat singgah di Indonesia, dan di negeri inilah hidupnya berubah.

Gimana menurut kalian dengan idola K-Pop dan Youtuber tersebut sudah pernah tahu belum nih guys?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here