[Q&A] Suho EXO Akui Turut Berpartisipasi Langsung dalam Perencanaan Konsep Album Solo ‘Self-Portrait’

0

By Suci A.   

그룹 엑소 수호./ 사진제공=SM엔터테인먼트
Suho EXO / SM Entertainment

Suho EXO merilis mini album solonya yang berjudul Self-Portrait pada hari ini (30/3), pukul 6 pm KST.

Sehubungan dengan perayaan perilisan album solo pertama Suho, agensi SM Entertainment telah merilis interview seputar mini album Suho.

Berikut ini Q&A bersama Suho EXO

Q1. Bagaimana rasanya debut sebagai penyanyi solo?

Suho : Di sisi lain aku merasa tidak sabar untuk segera menunjukkan warna khas musikku sebagai seorang Suho, yang berbeda dengan musik EXO di mata para EXO L atau pendengar lainnya. Namun di sisi lain aku juga merasa cukup terbebani dan gugup.

Q2. Apa arti dibalik judul album Self-Portrait?

Suho : Aku ingin menunjukkan seorang Suho atau Kim Jun Myeon yang sebenarnya. Aku juga ingin berkomunikasi dengan banyak orang melalui musik yang kusampaikan.

Q3. Apa yang menjadi titik fokus selama persiapan album solo?

Suho : Aku selalu fokus dalam segala hal, khususnya di bagian lirik lagu. Aku ingin menyampaikan lirik yang tulus kepada EXO L dan khalayak umum.

Q4. Kamu turut berpartisipasi dalam perencanaan konsep album. Bisa jelaskan ide apa yang kamu sampaikan secara lebih detail?

Suho : Sejak awal aku sudah mengajukan ideku, dengan mendapatkan inspirasi dari Vincent van Gogh ketika melakukan perjalanan luar negeri. Melihat lukisannya, aku berpikir untuk membuat Self-Portrait versi diriku sendiri. Karena itu, aku ingin mengekspresikannya, mulai dari cover album, lirik, dan struktur album. Aku juga terus berdiskusi dengan tim produksi untuk dapat menciptakan album yang benar-benar menggambarkan seorang Suho. 

Q5. Tolong jelaskan tentang lagu utama Let’s Love?

Suho : Siapapun yang mendengar lagu ini akan merasakan perasaan yang berbeda-beda tergantung malam atau siang hari, juga suasana hati. Lagu ini juga mengisahkan tentang cerita cinta yang bisa dirasakan oleh siapa pun. Aku harap pendengar dapat menikmati lagu ini dengan baik.

Q6. Kamu menjadikan slogan grup EXO saranghaja (Let’s Love) menjadi judul lagu. Itu menandakan kasih sayangmu terhadap grup EXO. Apakah EXO bagi seorang Suho?

Suho : EXO… itu grup yang menggambarkan pribadiku. Selama 30 tahun hidup di dunia ini, aku telah bergabung dengan agensi selama 15 tahun, membuat EXO dan EXO L telah bersatu dalam hidupku dengan sendirinya.

Q7. Kami sering menunjukkan konsep powerful bersama grup EXO, lalu konsep seperti apa yang ingin ditunjukkan oleh Suho sebagai penyanyi solo?

Suho : Bukan lagu menari yang intens. Aku mencoba untuk mengungkapkan kisah pribadiku dengan lirik yang lebih emosional. 

Q8. Bagaimana reaksi para member? Apakah member yang lebih dulu debut solo telah memberikanmu banyak nasehat?

Suho : Dibandingkan nasehat, mereka lebih banyak memberikan pujian dan dukungan kepadaku. Mereka juga mengatakan bahwa lagu Let’s Love akan memiliki makna yang mendalam untuk EXO L.

Q9. Bagaimana kisahmu sampai akhirnya berkolaborasi dengan Younha dan kedepannya ingin kolaborasi dengan siapa saja?

Suho : Sebenarnya lagu For You Now pada awalnya adalah lagu solo, namun aku pikir lagu ini akan terdengar lebih baik jika menambahkan vokal wanita sehingga aku mengusulkan untuk mengajak kolaborasi senior Younha. Aku sangat berterima kasih kepadanya. Kedepannya, aku ingin melakukan kolaborasi dan tampil bersama senior Nell.

Q10. Apa saja kegiatan dan target yang ingin kamu capai melalui kegiatan album solo kali ini?

Suho : Aku hanya berharap dapat menyampaikan kisahku yang tulus pada EXO L dan pendengar secara umum. Aku ingin ini menjadi kesempatan baik untuk memperdengarkan suara dan musikku kepada semua orang.

Original article : https://tenasia.hankyung.com/music/article/2020033013184 

Translation by : Suci A. sucii.anggunisa@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here