Mengangkat Tema Sejarah Bendera dan Gerakan Nasional, Program 2D1N Edisi Wando Raih Rating Tertinggi Sebanyak 16.3%

0

By Suci A.

Cuplikan program 2 Days 1 Night / KBS2

Program KBS2 2 Days 1 Night (2D1N), tidak hanya menunjukkan kisah perjalanan para member, namun juga mengangkat tema makna berharga dari sejarah Korea. Dalam episode 2D1N yang tayang tadi malam, bagian pertama meraih rating pemirsa sebanyak 9.4% (Nielsen Korea) dan bagian kedua meraih rating sebanyak 12.8%, menjadikannya sebagai reality show dengan peringkat 1 yang tayang di hari Minggu. Khususnya, para member mengunjungi pulau Wando, sambil mengenang pergerakan sejarah Korea, berhasil membuat haru para pemirsa hingga meraih rating terbaik sebanyak 16.3%.

Dalam episode hari itu, para member menikmati hari yang spesial di Pulau Wando, dengan mengadakan permainan pencarian harta karun untuk mengenang sejarah bendera dan pergerakan perlawanan terhadap Jepang.

Para member melakukan berbagai misi untuk menemukan lokasi harta karun yang tersembunyi, yang sontak mengundang tawa pemirsa dengan tingkah dan obrolan lucu para member.

Dengan segala perjuangan, mereka akhirnya menemukan lokasi dari harta karun yang tersembunyi di Pulau Soahn. Setelah tiba di Pulau Soahn dan menerima sejumlah petunjuk, mereka terkejut karena petunjuk tersebut mengarah pada gambar bendera nasional Korea. Sedangkan dalam misi yang lain, mereka menemukan jawaban dari gabungan angka 3.1, yang menandakan Pergerakan 1 Maret Korea.

Pulau Soahn adalah pulau yang menetapkan peraturan untuk mengibarkan bendera nasional Korea selama 365 hari. Selain itu, pada tahun 1922, penduduk di pulau ini mendirikan sekolah swasta dengan ideologi ‘belajar sebagai jalan pergerakan melawan Jepang’, menandakannya sebagai salah satu lokasi yang menjadi saksi sejarah bangsa Korea.

Mengetahui sejarah tentang bendera nasional dan pergerakan melawan penjajahan Jepang, member DinDin mengatakan, “Aku tidak tahu ada pulau seperti ini di Korea,” menunjukkan rasa haru mengetahui sejarah pulau Soahn yang belum pernah diketahuinya sebelumnya. Moon Se Yoon menambahkan, “Apa aku juga bisa melakukan hal demikian jika hidup di masa itu?”

Sementara itu, program 2D1N Season 4 dapat disaksikan setiap hari Minggu pukul 06.30 p.m. KST.

Original article : http://tenasia.hankyung.com/archives/1918161

Translation by : Suci A. sucii.anggunisa@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here