Kemenangan ‘Parasite’ di 2020 Academy Awards Dapat Reaksi Hangat dari Media Jepang

0

By Suci A.

Poster film Parasite dan sutradara Bong Joon Ho / CJ, Tenasia
Yahoo Japan / Screenshot Yahoo Japan News

Film Parasite besutan sutradara Bong Joon Ho berhasil meraih kemenangan dalam kategori Best Original Screenplay dalam perhelatan 92nd Academy Awards. Hal ini menjadikan film Parasite sebagai film Asia pertama yang meraih kemenangan dalam kategori tersebut.

Sutradara Bong Joon Ho menerima piala penghargaan Best Original Screenplay di panggung 2020 Academy Awards, yang berlangsung di Dolby Theatre, LA pada 9 Februari lalu. Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah Academy Awards untuk seorang penulis Asia memenangkan penghargaan dalam kategori ini. Ini adalah film berbahasa asing pertama yang meraih kemenangan dalam 17 tahun sejak sutradara Spanyol Pedro Almodovar meraih kemenangan dengan film Talk To Her pada 2003 silam.

Sutradara Bong Joon Ho menyampaikan pidato kemenangannya di atas panggung, “Ini merupakan sebuah kehormatan untukku. Menulis skenario adalah pekerjaan yang membuatku kesepian. Aku tidak menulis untuk mewakili negara, namun ini adalah piala oscar pertama yang diraih Korea. Terima kasih kepada istriku yang selalu memberikan banyak inspirasi, juga kepada para pemain yang membuat dialog-ku menjadi keren dalam layar.”

Tidak hanya di Korea, media Jepang juga menyoroti kemenangan Parasite dalam 2020 Academy Awards, terbukti dengan masuknya berita ini dalam daftar berita TOP di portal terbesar Jepang. Sejumlah netizen Jepang berkomentar, “Hal yang bagus adalah bagus, dan Parasite adalah karya yang bagus”, “Aku sangat kagum dengan karya yang bagus ini”, “Film ini sangat menarik, karena itu berhasil mendapat penghargaan”, “Sayang sekali jika banyak orang tidak menonton film ini hanya karena ini film Korea”, dan berbagai komentar lainnya.

Original article : http://tenasia.hankyung.com/archives/1913584

Translation by : Suci A. sucii.anggunisa@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here