Sunny’s Corner: Chapter 13 – Hari Tahun Baru, Hari Libur Terbesar Korea

0

Halo! Ini Sunny.

‘Tahun baru’ adalah hari libur terbesar di Korea. Tahun Baru pada tahun ini adalah 25 Januari.

Menjelang Tahun Baru, banyak orang sibuk mencari tiket untuk pulang kampung, lalu pasar dipenuhi orang yang berbelanja makanan untuk liburan. Hari ini Sunny akan berbicara tentang liburan terbesar Korea, ‘Tahun baru’.

<Asal: https://pixabay.com/ko/illustrations/%EC%84%A4%EB%82%A0-%EB%B0%A4%ED%95%98%EB%8A%98-%ED%95%9C%EB%B3%B5-%EB%B3%B5%EC%A3%BC%EB%A8%B8%EB%8B%88-3935457/>

1. Apa itu ‘Sulbim‘?

Saat Tahun Baru mendekat, ada kebiasaan untuk membeli pakaian baru. Pakaian itu disebut ‘Sulbim‘. Kebiasaan mempersiapkan pakaian baru untuk Tahun Baru adalah tradisi lama. Tradisi memakai pakaian baru ketika Tahun Baru dan mengaturkan selamat tahun baru kepada leluhur dan tetangga memiliki arti “meninggalkan semuanya yang lama dan memulai yang baru”.

2. Menyampaikan salam tahun baru dan mendapat uang sebagai balasan.

Salam Tahun Baru kepada leluhur dan orangtua berarti memiliki kesehatan yang baik di Tahun Baru. Orangtua memberikan uang dan doa harapan sebagai jawaban atas ucapan selamat tahun baru yang dihaturkan kepada mereka. Pada akhir abad ke-18, ada catatan tentang kebiasaan memberikan sejumlah kecil uang yang memiliki arti bahwa uang diberikan kepada orang yang lebih rendah jabatannya yang datang ke orang yang tinggi jabatannya pada tahun baru untuk menyampaikan salam. Pada masa lalu, balasan ucapan selamat tahun baru berupa kesemek kering, jujube, buah, dan sebagainya. Balasan diubah menjadi uang pada akhir tahun 1960-an ketika ekonomi Korea berkembang.

<Asal: https://ko.m.wikipedia.org/wiki/%ED%8C%8C%EC%9D%BC:Yut-nori.jpg>

3. Permainan Tradisional di Hari Tahun Baru

Pada hari libur, orang-orang bertemu kerabat setelah waktu yang lama tidak jumpa. Sanak keluarga berkumpul dan makan makanan lezat serta berbincang-bincang, tetapi sanak keluarga juga menghabiskan waktu bermain permainan tradisional. Permainan tradisional di Tahun Baru antara lain permainan yut, permainan gasing, main layang-layang. Tentu saja, ada banyak orang yang tidak lagi memainkan permainan tradisional seiring berjalannya waktu, tetapi masih ada beberapa orang yang menikmati permainan tradisional.

Sunny juga sangat bersukaria ketika Tahun Baru sudah dekat. Sunny sudah membayangkan makanan lezat yang akan disajikan liburan ini. Minggu depan, saya akan memperkenalkan Anda sekalian dengan makanan lezat pada Hari Tahun Baru.

Sampai jumpa minggu depan ~

Tentang Penulis:

Master jurusan Terjemahan Bahasa Indonesia Hankuk University of Foreign Studies-Korea Selatan, dan pecinta berat Indonesia. Sunny’s Corner adalah segment baru yang dihadirkan oleh Tenasia Indonesia yang membahas tentang budaya dan cerita dari Korea Selatan. Sunny’s Corner akan memberi content baru yang original, menarik dan informative untuk pembaca Tenasia Indonesia.

Kalau ingin tahu siapa Sunny, kunjungi IG Sunny @sunny_kimsw

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here