Seniman Dunia Ivan Navarro Pajang Karya Hasil Kolaborasi dengan TVXQ di SMTOWN Museum

0

By Suci A.

Foto karya Ivan Navarro ‘TVXQ!’ / SM Entertainment

Pertemuan TVXQ dengan seniman seni instalasi asal Chile, Ivan Navarro, menjadi isu yang diperbincangkan di kalangan penggemar.

Pada 28 November lalu, Ivan Navarro telah memasang karyanya dengan judul ‘TVXQ!’ di SMTOWN MUSEUM, di mana ia mendapat inspirasi motif dari grup TVXQ dan menjadikan ini sebagai karya pertama hasil kolaborasinya dengan KPOP.

Bermula dari traumanya sejak kecil terhadap cahaya, Ivan menciptakan berbagai karya dengan berbagai media dan cara yang sama sekali berbeda dengan yang dilakukan seniman pada umumnya, yang biasa menggunakan neon dan lampu listrik. Karya-karyanya telah disimpan di berbagai museum, termasuk di Solomon R. Guggenheim Museum di New York, Saatchi Collection di London, LVMH Collection di Paris, National Museum of Modern and Contemporary Art dan Amorepacific Museum of Art di Seoul.

Karya Ivan Navarro berjudul ‘TVXQ!’ ini didasarkan dengan motif TVXQ, yang merupakan seri drum yang dipasang menggunakan cermin dan neon dan mewujudkan onomatope seperti BOMB, BEAT, BLOW dan lain-lain. Karya ini memiliki ciri khas dengan memberikan warna merah pada neon, di mana merah adalah lambang grup TVXQ. Melalui cahaya merah yang dipantulkan oleh cermin, diharapkan dapat menyampaikan energi yang kuat, seperti yang ditunjukkan TVXQ di atas panggung.

Selain itu, karya ini tidak hanya menunjukkan representasi visual suara secara bersamaan, namun juga menghilangkan fungsi asli dari instrumen itu sendiri. Dengan keheningan dan emosional dalam karya, diharapkan dapat membuat pengunjung untuk bereksplorasi dengan penglihatan dan suara. 

Tidak hanya karya Ivan Navarro saja, namun sejumlah karya hasil kolaborasi dengan seniman dunia lainnya juga dipajang dalam SMTOWN MUSEUM.

Original article : http://tenasia.hankyung.com/archives/1902654 

Translation by :Suci A. sucii.anggunisa@gmail.com 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here