Kolaborasi CONNECT, BTS, “Bersyukur Dapat Memberikan Pengaruh Positif Terhadap Kesenian”

0

By Suci A.

BTS / Credit : Big Hit Entertainment

BTS menyampaikan perasaannya setelah turut berpartisipasi dalam proyek kesenian kontemporer, CONNECT, BTS.

BTS telah menghadiri acara pameran proyek kesenian kontemporer global yang diadakan di Serpentine Gallery, London, Inggris pada 14 Januari (waktu setempat).

Jin BTS menyampaikan, “Walaupun hidup dalam budaya dan bahasa yang berbeda, kami merasa acara ini memiliki makna mendalam karena dapat membuat kita berkumpul untuk sama-sama menghargai nilai dari keberagaman dan menyampaikan pesan yang positif kepada masyarakat. Mari kita sama-sama menciptakan dunia yang dapat menjadi ‘penghubung’ dalam keberagaman, bukan dunia yang dipisahkan karena adanya perbedaan,” ujarnya sambil menjelaskan maksud diadakannya proyek tersebut.

Jungkook mengatakan, “Jika penulis membuat karya bersama pengunjung, maka kami berkomunikasi dengan penggemar melalui musik dan penampilan di atas panggung.”

Suga juga menyampaikan, “Selama hidup, aku selalu berpikir bahwa dengan musik, kami dapat berkomunikasi tanpa adanya pembatas, begitu juga dengan seni. Kami sangat bersyukur dapat memberikan pengaruh positif melalui seni seperti ini.”

J-Hope, “Aku pikir nilai kesenian itu sendiri akan lebih bersinar jika dapat dinikmati bersama. Melalui proyek ini, kami berharap dapat membalas rasa syukur kami kepada ARMY dan para pengunjung yang telah memberikan dukungan dan cinta yang begitu besar,” ujarnya.

Berbagai awak media tidak luput dalam memberitakan kehadiran BTS dalam proyek CONNECT, BTS ini. Sejumlah media lokal memberikan beberapa penilaiannya, seperti BBC yang mengatakan, “BTS memperkuat kerjasama dengan berbagai artis terkemuka untuk kegiatan kesenian global.” London AFP menyampaikan, “Grup Kpop BTS meluncurkan rencana seni kontemporer global.” Kemudian The Art Newspaper menyampaikan, “Hallyu telah mengejutkan dunia kesenian.”

Tidak hanya itu, The Times memperkenalkan bahwa CONNECT, BTS merupakan kolaborasi spesial dengan menggabungkan Kpop dan kesenian kontemporer yang belum pernah dilihat sebelumnya.” Artsy menyebutkan, “BTS, yang menjual habis tiket tur dunia dan mengumpulkan 23 juta followers di twitter, kini telah menduduki dunia kesenian.”

CONNECT, BTS telah berlangsung di London (14/1) dan akan dilanjutkan di berbagai kota lainnya, seperti di Berlin, Buenos Aires, New York, dan Seoul dengan total 5 kota yang diikuti oleh 22 orang seniman kontemporer.

Banyak seniman dan creator ternama di dunia mendukung filosofi yang diupayakan oleh BTS, termasuk pandangan positif tentang keanekaragaman dan menyajikan karya-karya yang diperluas dengan bahasa seni kontemporer. Melalui ini, BTS akan menyampaikan filosofi dan pesan mereka kepada dunia melalui pertemuan mereka dengan dunia baru seni kontemporer serta musik.

Sementara itu, informasi mendetail terkait proyek CONNECT, BTS ini dapat dilihat melalui laman resminya (www.connect-bts.com

Original article : http://tenasia.hankyung.com/archives/1895772 

Translation by : Suci A. sucii.anggunisa@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here