Akan Buka Konsulat di Bali, Dubes Korea Selatan Berkomitmen Untuk Terus Memajukan Hubungan Bilateral Antar Indonesia dan Korea

0

by Yuri H.

Dubes Korea untuk Indonesia, Kim Chang Beom di tengah sesi tanya jawab dengan wartawan

Pada hari Selasa (14/01), Kedutaan Besar Republik Korea mengadakan konferensi pers yang berisi paparan hasil kerja sama antara Korea dan Indonesia di tahun 2019 dan menjelaskan agenda pokok tahun 2020 yang dimiliki pemerintah Korea.

Konferensi pers yang dipimpin oleh duta besar Kim Chang Beom ini dengan terperinci membahas tentang pencapaian yang telah dilakukan oleh pemerintah negara Korea dan Indonesia, termasuk di antaranya adalah penandatanganan MoU untuk kerjasama terkait pembangun ibukota Indonesia yang baru. 

Termasuk dalam pembahasan di konferensi pers tersebut adalah rencana dari pemerintah Korea untuk memberikan multiple visa untuk pemegang paspor Indonesia yang berkunjung ke Korea. Lalu masih dalam pembahasan tentang visa, saat ditanya tentang rencana membebaskan warga negara Indonesia dari beban pembuatan visa, duta besar menerangkan rencana untuk membebaskan visa untuk pengunjung Indonesia yang saat berpergian ke Korea, memilih Jeju sebagai tujuan akhirnya. Hanya saja keringanan ini masih diperuntukkan bagi orang Indonesia yang bepergian bersama group travel.

Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia, Kim Chang Beom

Untuk tahun 2020, duta besar Kim Chang Beom menekankan tiga poin yang akan menjadi objective dari agenda mereka, “enhancing connectivity,”exhilarating economic partnership” dan “collaborating and shaping global and regional agendas”. Pemerintah Korea berkomitmen untuk terus mendukung hubungan bilateral dan pertukaran budaya antara Korea dan Indonesia, ditunjukkan dengan akan dibukanya konsulat pertama mereka di Indonesia yang akan bertempat di Bali dan dilanjutkannya program Teko Nang Jawa yang telah sukses dilaksanakan tahun lalu.

Yuritiani Hepi (editor) yhepi@tenindoensia.com 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here