[TEN INTERVIEW] ‘VIP’ Lee Sang Yoon, “Karakter Sung Joon Terkadang Membuatku Frustasi”

9

By Suci A.

Lee Sang Yoon / Credit : J-Wide Company

Lee Sang Yoon, aktor yang menghiasi layar kaca pemirsa di setiap hari Senin dan Selasa malam di setiap minggunya. Dalam drama SBS VIP, Lee Sang Yoon berperan sebagai Park Sung Joon, seorang suami yang berselingkuh dan rela meninggalkan sang istri yang pintar, baik dan cantik. Parahnya lagi, ia berselingkuh dengan karyawan yang satu tim dengan istrinya. Walaupun Lee Sang Yoon mendapat cercaan dari seluruh pemirsa di dunia, namun ia tetap bersyukur atas cinta yang diberikan pemirsa untuk dramanya. Lee Sang Yoon bahkan kurang senang dengan perilaku karakternya, Park Sung Joon. Ketika ditemui, Lee Sang Yoon berbagi banyak hal tentang dramanya.

10. Apa yang membuat Sung Joon meninggalkan istrinya Jung Soon dan berselingkuh dengan Yuri?

Lee Sang Yoon: Sung Joon dan Yuri sama-sama memiliki rasa sakit yang mendalam. Sung Joon berada dalam situasi di mana dia dapat berbicara dengan Yuri, yang memiliki rasa sakit yang sama menjadi anak di luar nikah, pada saat ayah biologisnya mengalami kematian. Itu adalah masa-masa yang menyakitkan bagi Sung Joon. Bagiku yang memerankan karakter Sung Joon, itu adalah titik fokus seorang Sung Joon. Karena karya ini sendiri mengikuti sudut pandang Jung Soon, jadi apapun yang kukatakan bisa saja terdengar sebagai dalih. Aku juga tahu sikap yang dilakukan Sung Joon adalah sebuah kesalahan.

10. Sepertinya para pemirsa sangat marah pada Sung Joon. Apa saja reaksi kemarahan pemirsa?

Lee Sang Yoon: Mereka sangat gerang. (tertawa) Intinya mereka sangat benci (sung Joon). Ada juga beberapa orang asing yang mengirim DM di instagram dengan kata ‘hate’. Beberapa komentar lainnya menulis, ‘Aku ingin lihat apakah hidupmu lebih baik setelah meninggalkan Jang Nara yang cantik,’ ‘Sadarlah!,’ ‘Lee Sang Yoon, aku jadi tambah benci denganmu,’ ‘Sebenarnya aku fansmu, tapi menonton drama ini membuatku benci padamu,’ dan lain-lain. Ada juga orang yang kecewa padaku setelah setuju untuk memerankan karakter ini. Aku pikir usahaku berhasil membuat pemirsa mengumpat pada karakter Sung Joon. Aku merasa tidak masalah jika pemirsa tidak menyukai karakter yang kuperankan sampai membuat mereka membenci akting hingga membenciku sendiri. Namun, jika mereka benar-benar tidak suka hanya karena aktingku, berarti itu adalah kesalahanku.

Lee Sang Yoon / Credit : J-Wide Company

10. Mungkin kamu sudah menduga akan dibenci oleh pemirsa, lalu apa yang membuatmu setuju untuk memerankan karakter ini?

Lee Sang Yoon: Aku tertarik dengan sikapnya yang tidak banyak bicara. Aku ingin memainkan karakter yang sulit untuk ditebak isi hatinya dan tidak menunjukkan emosinya dengan mudah. Penulis mengatakan bahwa dia mengatur karakter Sung Joon sambil memikirkanku. Karena itu, aku merasa bersyukur dan membaca naskah dengan pikiran yang terbuka. Penulis ingin membuat karakter Sung Joon dapat menunjukkan sesuatu yang berbanding terbalik dari sebelumnya. Melihat reaksi yang muncul, tampaknya penulis telah berhasil menunjukkan karakter Sung Joon yang diinginkannya dengan mengkastingku.

10. Banyak pemirsa yang protes karena hanya kata ‘Jung Soon!’ yang sering kamu katakan. Sebagai orang yang memainkan karakter, apa kamu merasa kurang bisa menunjukkan kekuatan karakter?

Lee Sang Yoon: Sebenarnya aku tidak punya banyak kesempatan untuk menjelaskan tentang karakter Sung Joon. Banyak pemirsa yang lebih fokus untuk mencari tahu siapa wanita selingkuhan Sung Joon. Aku rasa semakin aku tidak menunjukkan jati diri Sung Joon, maka itu membuat pemirsa semakin penasaran. Berhubung cerita drama ini melihat dari sudut pandang Jung Soon, jadi tidak ada yang bisa dilakukan Sung Joon untuk memikat hati pemirsa.

10. Banyak pemirsa yang tidak menyukai ekspresi wajahmu. Mungkin karena karakter Sung Joon sendiri tidak menunjukkan perasaannya. Apakah kamu merasa khawatir dalam memainkan karakter yang pendiam seperti Sung Joon?

Lee Sang Yoon: Aku berusaha untuk mengekspresikan Sung Joon seolah-olah dia adalah orang lain dan bukan siapa-siapa, sampai perselingkuhan itu terungkap. Karena itu akan kurang menarik jika sudah ketahuan lebih dulu. Sung Joon benar-benar tidak mengungkapkan isi hatinya, bahkan ketika bersama Jung Soon atau Yuri. Dia tidak tahu bagaimana mengekspresikan perasaannya dan menganggapnya sebagai pria yang menjalani kehidupan yang tidak bisa dia tunjukkan.

10. Apa kamu pernah merasa frustasi dalam memerankan karakter ini?

Lee Sang Yoon: Aku berharap dia bisa mengungkapkan perasaannya, tetapi itu tidak pernah terjadi. Aku sendiri tidak punya cara untuk mengetahui apa yang ada dalam benaknya. Karena itu, aku sering dibuat frustasi olehnya. Hal yang paling sulit adalah ketika aku harus melakukan akting, apakah aku harus membiarkan pemirsa menebak perasaan Sung Joon sampai akhir, atau aku harus membuat pemirsa tahu tentang perasaannya.

Cuplikan drama SBS ‘VIP’

10. Bagaimana perasaanmu berperan sebagai pasangan suami istri dengan Jang Nara?

Lee Sang Yoon: Sebenarnya pasangan ini sejak awal sudah mengalami keretakan (tertawa). Nara adalah orang yang pandai berakting, jadi aku belajar banyak darinya. Dia juga sangat memperhatikan lawan mainnya. Sebaliknya, aku tidak bisa memberikan banyak bantuan padanya. Karena setiap kali Nara harus marah di dalam drama, yang kulakukan hanya diam saja. Dia memiliki banyak dialog, namun aku terpaksa harus diam, jadi aku merasa bersalah padanya karena hanya dia sendiri yang meluapkan perasaannya.

10. Apakah ada adegan yang membuat Jang Nara kesal padamu?

Lee Sang Yoon: Ada adegan di mana Jung Soon dan Yuri terkurung di atas atap dan kehujanan. Sung Joon kemudian membuka pintu atap dan memberikan payung pada Yuri. Sebenarnya kami harus melakukan akting sesuai rehearsal, namun Nara saat itu benar-benar marah. Di saat aku bingung memilih harus pergi ke mana, Nara seharusnya diam dan menungguku. Namun sebelum itu, dia sudah pergi duluan dan membuat NG.

Lee Sang Yoon / Credit : J-Wide Company

10. Banyak aktor/aktris yang tidak tampil dalam variety show demi fokus dalam aktingnya. Namun sudah 2 tahun ini kamu terus tampil dalam program All The Butlers. Mengapa? 

Lee Sang Yoon: Sebenarnya aku tidak menentukan waktunya. Awalnya aku pikir bisa tampil lama jika tidak terjadi masalah atau tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Tidak terasa, sudah 2 tahun aku bergabung dalam program itu. Seandainya membernya banyak dan keluar satu per satu, kurasa itu tidak masalah. Namun kami hanya berempat dan setiap member memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Jadi jika satu orang keluar, kekosongan itu akan sangat terasa. Lagipula setiap member sudah sangat dekat satu sama lain, karena itu aku terus melakukannya.

10. Apa maksudmu dengan masalah khusus atau hal yang perlu dikhawatirkan dalam program itu?

Lee Sang Yoon: Ketika seorang aktor harus kembali melanjutkan karir profesionalnya setelah terlalu lama tampil dalam variety show, maka dia diharuskan untuk mengubah image-nya. Saat itu aku berpikir apakah harus berhenti dari variety show. Namun aku merasa lega karena aku tidak memperlihatkan sisiku di variety show karena memainkan karakter yang membuat pemirsa menjadi marah. (tertawa). 

10. Setelah aktif selama satu tahun lalu, hal apakah yang membuatmu bangga dengan dirimu sendiri?

Lee Sang Yoon: Aku sangat senang bisa berakting dengan keluarga sesama agensi. Aku pernah berbicara dengan senior Min Sung Wook yang satu agensi denganku, bahwasanya aku ingin beradu akting dengannya. Perlahan, semakin banyak artis yang turut bergabung, rasanya membuat kami ingin mengadakan pertunjukan bersama. Setelah melakukan persiapan, kami benar-benar melakukan pertunjukkan itu bulan lalu. Ini terjadi setelah 3-4 tahun sejak pembicaraan itu dimulai. Hubungan kami semakin solid dan saling membantu satu sama lain. Kami juga melakukan penggalangan donasi.

10. Apakah ada hal yang kamu sayangkan karena rencanamu tidak sesuai dengan kenyataan?

Lee Sang Yoon: Selama mengikuti program All The Butlers, aku belajar dan mengetahui banyak hal baru. Tahun lalu aku mulai bermain piano, namun terpaksa berhenti karena tanganku terluka. Tidak terasa, kejadian itu sudah satu tahun berlalu. Sang master, yang baru-baru ini muncul dalam All The Butlers menemukan bahwa menari dapat membangunkan bagian-bagian tubuh yang tidak digunakan untuk lebih memanfaatkan tubuh. Aku ingin melakukan sesuatu seperti berolahraga atau menari untuk membangkitkan tubuhku.

Original article : http://tenasia.hankyung.com/archives/1881030 

Translation by : Suci A. sucii.anggunisa@gmail.com

9 COMMENTS

  1. Hi there! This is kind of off topic but I need some advice
    from an established blog. Is it very hard to set up your
    own blog? I’m not very techincal but I can figure things
    out pretty quick. I’m thinking about setting up my
    own but I’m not sure where to begin. Do you have any tips or suggestions?
    Appreciate it

  2. Hey I know this is off topic but I was wondering if you knew of any widgets
    I could add to my blog that automatically tweet my newest twitter updates.
    I’ve been looking for a plug-in like this for quite some time
    and was hoping maybe you would have some experience with something like this.
    Please let me know if you run into anything.
    I truly enjoy reading your blog and I look forward
    to your new updates.

  3. It’s a shame you don’t have a donate button! I’d certainly donate to
    this brilliant blog! I suppose for now i’ll settle for bookmarking and adding your RSS feed
    to my Google account. I look forward to new updates
    and will talk about this website with my Facebook group.
    Chat soon!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here