[TEN INTERVIEW] Lee Byunghun Bercerita Tentang Posisinya Sebagai Pemain Film ‘Ashfall’

0

By Ilham R.

Lee Byunghun / Credit: BH Entertainment

“Fakta bahwa skala visual dari film bencana ditambahkan dengan unsur-unsur film Buddy (Film buddy adalah genre film di mana dua orang yang pada umumnya adalah laki-laki disatukan dalam sebuah petualangan, pencarian, atau perjalanan) sangatlah menarik. Ada sangat sedikit film yang mengandung unsur-unsur dari film bencana dan film Buddy, jadi saya pikir ini adalah cerita yang berbeda.”

Aktor veteran Lee Byunghun menunjukkan kharismanya saat tampil dalam film Ashfall. Film yang tayang perdana di Korea pada tanggal 19 Desember lalu ini, berhasil menarik penonton sebanyak 2,460,000 orang hanya dalam 4 hari penayangan. Lee Byunghun berperan sebagai  Ri Joon Pyeong yakni seorang agen Korea Utara yang mengetahui lokasi nuklir dan membantu orang Korea Selatan dalam menyelesaikan misinya. Ri Joon Pyeong yang ditemukan sebagai mata-mata ganda dan disekap dalam penjara memiliki informasi yang merupakan kunci dari operasi tim Korea Selatan untuk mencegah letusan Gunung Baekdu. Dalam film itu, Gunung Baekdu yang sudah tidak aktif kembali meletuskan lava panas menciptakan gempa dan menyebabkan bangunan runtuh di pusat Seoul. Gunung Baekdu diimplementasikan ke dalam film dari imajinasi dengan skala besar letusan gunung berapi dan dikemas dalam cerita dan karakter yang khas.

“Pengaturan situasi dalam film hiburan bencana, tidak dapat sepenuhnya menghancurkan formula lama. Karena mengikuti sesuatu yang klise adalah bagian dari film bencana itu sendiri. Namun walaupun film ini sepertinya dapat diprediksi, film ini memberikan keseruan, emosional, air mata, humor, dan visual yang cukup mengagetkan para penonton. Tetapi bisa saja ada bagian yang disayangkan untuk sebagian orang. Tetapi dalam film komersial ini salah satu yang paling penting adalah menawarkan keseruan melalui filmnya,” jelas Lee Byunghun.

Lee Byunghun menunjukkan karakter agen elit dengan otak yang tajam dan tindakannya yang cepat. Sambil tampaknya ia bersedia bekerja sama dengan tim operasi dari korea Selatan namun ia sekaligus juga membingungkan tim Korea Selatan dengan perilakunya yang tak terduga. Di samping itu, ia menunjukkan pesonanya sebagai seorang manusia dan cintanya sebagai seorang ayah. Kontradiksi yang dihadiri Lee Byunghun dalam aktingnya adalah cara persuasif untuk menyampaikan karakter yang penuh warna kepada penonton.

Lee Byunghun mengungkapkan, “Tampaknya penting untuk menjaga emosi seperti itu. Aku berusaha untuk mengerahkan segala cara untuk tetap dalam emosi seperti itu. Bahkan saat waktu istirahat pun, aku berusaha untuk menjaga tingkat emosiku dalam tingkat tertentu.”

“Gayaku bukanlah yang meluangkan waktu dan belajar sembari mempersiapkan akting dari rumah. Saat membaca skenario, aku pikir penting untuk memiliki pemahaman yang objektif tentang apa yang sutradara katakan dan apa peran karakter dalam film pada awalnya. Selanjutnya, mari kita bayangkan emosi karakter dengan melihat karakter tersebut secara subjektif. Saat aku menghafal dialogku, aku tidak mencermati dialognya seolah-olah aku meneliti dialognya secara khusus. Ini cara yang baik bagiku dengan memikirkannya di dalam kepala setelah membaca sekali atau dua kali.”

Still cut film ‘Ashfall’ / Credit: CJ Entertainment

Lee Byunghun dan Ha Jungwoo, dua aktor yang paling terkenal di Korea ini bekerja bersama untuk pertama kalinya dalam film tersebut. Ha Jungwoo berperan sebagai Letnan Cho Inchang, tim penjinak bom Korea Selatan. Sementara saling mewaspadai satu sama lain, Cho Inchang dan Ri Junpyeong bergabung dan membangun pertemanan untuk mencegah letusan gunung berapi.

“Aku pasti mengetahui sifat kami satu sama lain. Kecerdasan dan humor yang khas dari Ha Jungwoo, semuanya pasti sudah tahu kan. Seperti yang diharapkan, dia juga bertindak lucu dan menyenangkan di depan kamera.”

Tahun ini, Lee Byunghun yang akan memasuki tahun ke-30 sejak debutnya yang bermain dalam film A Bittersweet Life sebagai karya yang memicunya sebagai seorang aktor terkenal. Dia mengatakan, “Melalui film itu, tidak hanya Hollywood, film saya sepertinya diketahui di luar negeri untuk pertama kalinya seperti Eropa. Aku juga memiliki agensi di Amerika dan itu merupakan kesempatanku untuk bisa bekerja di Amerika.”

Aktor Lee Byunghun / Credit: BH Entertainment

Lee Byunghun adalah anggota Academy of Motion Picture Arts and Sciences yang menjadi tuan rumah Oscar. Pada tahun 2016 dia menghadiri penghargaan Oscar ke-88 sebagai pembaca nominasi. Lee Byunghun mengatakan, “Aku punya ekspektasi yang besar,” mengenai film Parasite yang menjadi kandidat untuk penghargaan Oscar.

Dia juga mengungkapkan, “Tahun ini, jadwalku sudah ditentukan hingga pertengahan tahun ini.”

Saat ditanya apakah ada target atau tujuannya dalam dunia perfilman, Lee Byunghun mengatakan, “Aku ingin mendengar orang-orang mengucapkan, “Aku ingin menonton film itu,” jika aku bermain dalam film apapun. Tidak hanya di dunia entertain, orang-orang yang berkecimpung di bidang lain pun pasti juga sama, setiap orang pasti punya kurva kehidupan. Apakah kurva itu akan panjang, atau seberapa besar itu akan jatuh nantinya. Oleh karena itu, aku ingin orang-orang menunggu karyaku, di saat aku bermain dalam film atau karya apapun.

Original article: http://tenasia.hankyung.com/archives/1879964

Translations by: Ilham Ramadhan ilhamrams@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here