Lee Byung Hyun X Kwak Do Won Suguhkan Kisah 40 Hari yang Menegangkan dalam Film ‘The Man Standing Next’

0

By Suci A.

Dari kiri Kwak Do Won, Lee Byung Hun, Lee Hee Joon / Credit : Reporter Jo Joon Won

Sutradara film Inside Men (2015), Woo Min Ho, kembali bertemu dengan aktor Lee Byung Hyun dalam film The Man Standing Next. Film ini akan dibintangi oleh para pemain hebat seperti, Lee Sang Min, Kwak Do Won, dan Lee Hee Joon. Film ini diharapkan dapat menciptakan ketegangan intens dengan mengambil tema-tema politik dan latar belakang pembunuhan presiden.

Aktor Lee Byung Hyun, Kwak Do Won, Lee Hee Joon dan sutradara Woo Min Ho telah menghadiri acara konferensi pers produksi film The Man Standing Next yang diadakan di CGV Apgujeong, Seoul pada (12/12).

The Man Standing Next akan menyuguhkan kisah selama 40 hari direktur Central Intelligence Agency Kim Kyu Pyeong (Lee Byung Hun), sebelum terjadi pembunuhan terhadap presiden di tahun 1979. Film ini diadaptasi dari buku nonfiksi terlaris dengan judul yang sama dan telah terjual lebih dari 520 ribu kopi.

Sutradara Woo Min Ho / Credit : Reporter Jo Joon Won

“Saya menemukan buku itu sekitar 20 tahun yang lalu setelah saya kembali dari militer,” kata sutradara Woo Min Ho. Buku itu membahas awal dan akhir dari Central Intelligence Agency. Saya ingin memasukkan hal-hal yang paling menarik ke dalam 40 hari terakhir,” katanya.

Selanjutnya, “Urutan kejadian dan waktunya tetap sama. Hanya adegan lembaga persidangan AS yang terjadi 2 tahun lalu. Kasus ini saya letakkan di bagian depan sebagai simbolis pembunuhan presiden. Walaupun Saya mengambil kasus dari karya aslinya, namun terdapat beberapa hal yang saya produksi untuk keperluan film. Saya berusaha menjaga nada dingin dari buku aslinya.”

Ketika ditanya tentang kerjasama keduanya dengan aktor Lee Byung Hun, sutradara mengatakan, “Tidak ada kata-kata untuk menjelaskan tentangnya.” Sutradara mengatakan bahwa dirinya tidak akan memproduksi film jika Lee Byung Hun menolak dikasting. Saya bekerja lebih keras dari film sebelumnya, dan saya sangat kagum karena Lee Byung Hun melakukan aktingnya dengan sangat baik.

Sutradara Woo juga tidak lupa memberikan pujiannya pada Kwak Do Won dan Lee Hee Joon. “Saya meng-kasting Kwak Do Won sampai mencarinya langsung ke Filipina. Saya sangat kagum karena dia menciptakan karakter dengan usahanya sendiri. Saya juga terkesan melihat kerja kerasnya ketika naskah tidak lepas dari tangannya. Saya sangat senang dengan aktingnya.” Selanjutnya, “Lee Hee Joon telah menunjukkan penampilan yang berbeda dengan sebelumnya. Saya yakin para penonton akan tertarik melihat akting mereka.”

Aktor Lee Byung Hun / Credit : Reporter Jo Joon Won

“Emosi Kim Kyu Pyeong sangat ekstrim, tetapi ekspresinya dapat dikontrol,” ujar Lee Byung Hun. “Saya merasakan kehangatan setelah membaca naskahnya. Saya memutuskan untuk bergabung dalam film ini karena bergenre noir dan diambil berdasarkan kisah nyata.”

Ketika ditanya apakah dia tidak merasa terbebani dengan kisah dan tokoh aslinya, dia menjawab, “Semuanya saya lakukan dengan sangat hati-hati. Saya mempelajari semua data yang sebenarnya. Walaupun kita tahu kasusnya, tetapi kita tidak tahu bagaimana perasaan dan hubungan yang terjadi pada setiap karakter. Saya rasa film ini menunjukkan makna yang mendalam.”

“Berhubung film ini mengangkat tentang kasus besar, jadi saya harus berakting dengan dialog sesuai dengan naskah. Jika saya menambah adlib atau dialog yang berada di luar naskah, dikhawatirkan akan membawa emosi yang berbeda dengan aslinya,” ungkap Lee Byung Hun.

Ketika ditanya tentang chemistry-nya dengan aktor lain, Lee Byung Hun menjawab, “Saya baru pertama kali bekerjasama dengan Kwak Do Won, Lee Hee Jun dan Lee Sung Min. Mereka benar-benar aktor yang hebat.”

Selanjutnya, “Akting bersama Kwak Do Won rasanya seperti bermain bola ping-pong. Saya bisa memprediksi bagaimana situasi yang akan terjadi, namun ada banyak hal yang tidak bisa saya prediksikan ketika berakting dengan Kwak Do Won. Saya merasa dia telah tenggelam dalam situasi.”

Aktor Kwak Do Won / Credit : Reporter Jo Joon Won

Kwak Do Won berperan sebagai Park Yong Gak, mantan kepala Central Intelligence Agency. “Tidak ada banyak data tentang tokoh aslinya. Saya memiliki banyak kekhawatiran karena harus mengekspresikan perasaan yang melewati batas antara hidup dan mati.”

Dalam video making, Kwak Do Won terlihat selalu membawa naskah ditangannya. Menanggapi hal itu, ia berkata, “Saya pikir jawaban dalam berakting ada di dalam naskah. Sama seperti ketika mengerjakan ujian, Saya akan selalu mempelajari naskah selama melakukan persiapan akting.”

Aktor Lee Hee Joon / Credit : Reporter Jo Joon Won

Lee Hee Joon berperan sebagai Kwak Sang Cheon, kepala paspampres. Lee Hee Jun berkata, “Karakter ini sangat meyakini kepercayaan dirinya.”

Selanjutnya, Lee Hee Joon mengatakan, “Ketika melihat naskahnya, hati saya melonjak. Saya merasa seperti harus minum air dengan cepat. Naskahnya sangat menarik, namun banyak bagian yang sulit untuk bisa dirasakan. Saya sampai bertanya-tanya, mengapa karakter ini bertindak seperti ini di akhir film. Karena itu, Saya banyak berdiskusi dengan sutradara dan membaca buku-buku sejarah, serta mencoba belajar dari sudut pandang penonton.”

Lee Hee Jun rela menaikkan berat badan sebanyak 25 kg demi karakternya di film ini. Dia mengakui bahwa di luar jam tidur, dia selalu makan untuk menaikkan berat badannya.

Baik sutradara dan para aktor berharap para penonton dapat merasakan ketegangan seperti yang mereka rasakan di lokasi syuting.

Film The Man Standing Next akan dirilis pada Januari 2020 mendatang.

Original article : http://tenasia.hankyung.com/archives/1874207 

Translation by : Suci A. sucii.anggunisa@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here