[TEN INTERVIEW] Punya Chemistry yang Kuat dengan Jang Dongyoon, Kim Sohyun Sebut Ingin Mendapatkan Penghargaan ‘Best Couple’

0

By Ilham R.

Kim Sohyun, seorang aktris muda yang memimpin cerita dengan kemampuan aktingnya yang luar biasa, dan ketika dia menelan emosinya, dia menelannya dan meledakkannya. Begitulah yang kita rasakan jika melihat Kim Sohyun dalam drama saat ia memerankan karakternya. Itu adalah kekuatan yang kuat yang Kim Sohyun miliki sebagai seorang artis. Kita dapat memastikan kekuatan dari Kim Sohyun dalam drama KBS2 The Tale of Nokdu yang selesai pada tanggal 25 November lalu.  Drama The Tale of Nokdu merupakan drama comedy romantic yang menceritakan kisah Nokdu (Jang Dong Yoon) yang menyelinap ke desa para janda serta Dong Ju (Kim So Hyun) yang merupakan calon gisaeng (wanita penghibur) yang tidak mau menjadi gisaeng. Kim Sohyun berperan sebagai calon gisaeng bernama Dongju. Dari seorang gadis yang perlahan jatuh cinta kepada Nokdu hingga kebenaran yang terungkap, ia memainkan setiap adegan seperti miliknya. Kemampuan akting yang tak perlu dibicarakan lagi, penampilannya yang lugu, hingga tatapan mata yang percaya diri dan solid, Tim Tenasia bertemu dengan Kim Sohyun di salah satu café di Seoul pada hari Minggu lalu.

10. Dramamu dengan waktu syuting selama 6 bulan lebih telah selesai. Bagaimana perasaanmu?

Kim Sohyun: Syuting drama ini dimulai saat panas dan berakhir saat dingin. Tim syuting, tim wardrobe dan semuanya telah bekerja keras hingga akhirnya melewati dua musim seperti ini. Aku merasa berterima kasih karena ini drama yang dibuat dengan mengumpulkan semangat dengan menyenangkan bersama-sama walaupun berat.

10. Dongju berambut pendek yang tidak bisa dilihat dalam drama kolosal. Itu berkat karakter yang mengejutkan dalam drama kolosal yang terbiasa dengan rambut yang diikat dan berpengaruh pada 200% respon dari sinkronisasi dan karya original dari drama ini. Sepertinya kamu sempat galau sebelum memotong rambutmu.

Kim Sohyun:  Dalam karya asli webtoon The Tale of Nokdu, Dongju muncul dengan rambut pendek itu adalah alasan yang jelas mengapa aku memotong rambutku. Dalam drama Dongju memotong rambutnya untuk melindungi anak kecil karena diancam oleh seorang bangsawan. Aku memotong rambutku dengan pikiran ayo fokus sesuai dengan sifat si karakter. Aku berusaha untuk semaksimal mungkin menyesuaikan Dongju seperti dalam karya aslinya. Walaupun ada respon yang mengatakan canggung, tetapi aku puas dan bersyukur karena ada yang mengatakan sangat mirip (dengan karya asli).

10. Dalam drama ini kamu memerankan karakter yang sedikit berbeda dengan karakter yang kamu perankan dalam karya sebelum-belumnya. Biasanya selama ini kamu memerankan karakter yang cerah. Namun, karakter seperti Dongju yang tuff dan tidak ragu-ragu adalah pertama kalinya.

Kim Sohyun: Dongju adalah wanita yang kasar. Hahaha. Sebenarnya sifatku dengan Dongju juga mirip tetapi aku belum pernah mendapat kesempatan untuk memerankan karakter seperti Dongju. Karena ini bukan karakter yang sudah biasa bagi pemirsa, makanya aku jadi khawatir. Aku banyak berpikir apakah aku bisa mengekspresikan Dongju secara menarik, tetapi aku hanya hidup sebagai Dongju daripada hanya berperan saat waktu syuting.  Setelah drama ini selesai, saat aku melihat respon dari pemirsa banyak loh yang menyukai Dongju. Aku senang dan berterima kasih karena banyak yang mengatakan aku cocok berperan sebagai Dongju.

10. Dongju menggambarkan sebagai karakter perempuan yang independen dan berinisiatif tinggi. Daripada bersembunyi atau menjalani takdirnya ia menyelesaikan dan keluar dari masalah itu. Sepertinya kamu banyak mengobrol dengan penulis Baek Soyeon dan Lim Hyejin.

Kim Sohyun: Tekad penulis terhadap kemauan dan karakter perempuan yang aktif dan inisiatif besar. Saat aku memerankan selama itu, mereka cukup mengerti bahwa ada bagian yang disayangkan atau kesulitan yang dirasakan pemeran wanita. Dia mampu mengekspresikan perubahan emosi Dongju dengan baik dalam ranah drama sejarah. Jalan ceritanya cepat, tetapi perubahan emosi Dongju lumayan lambat. Aku bisa melakukannya dan percaya karena pesan yang ingin di sampaikan sangat jelas.

10. Emosi Dongju naik turun saat kamu berperan sebagai Dongju, tetapi ruang lingkup mengekspresikan emosi menjadi lebih luas dan lebih dalam. Akting yang dikembangkan memberikan kekuatan besar dalam membantu pemirsa memahami situasi dan emosi Dongju.

Kim Sohyun: Awalnya aku lumayan fokus saat berakting emosi, tetapi aku merasakan hal yang berbeda saat syuting The Take of Nokdu dengan drama sebelumnya. Dongju awalnya adalah karakter yang sangat ceria di awal cerita, tetapi saat memasuki pertengahan karakternya menjadi sedikit berat. Biasanya drama romantis selalu begitu. Karena Nokdu bergaya seperti wanita dan menghabiskan waktu sebagai saudara perempuan, aku jadi memikirkan, “Apakah akan memperdalam perasaanya lebih dalam sebagai seorang laki-laki dan perempuan?” tetapi kisah Nokdu dan Dongju satu persatu semakin terbuka, keceriaan di depan mereka terasa sedih di belakang mereka. Perasaan itu aku terima dengan baik.

10. Adegan ayunan Dongju menjadi adegan yang paling banyak dibicarakan. Ini adalah adegan di mana emosi dan kehendak Dongju diekspresikan dengan baik dalam mengatasi kebahagiaan dan kesedihan masa lalu dan dengan demikian para penonton memilihnya sebagai adegan terbaik.

Kim Sohyun: Aku senang jika komentar mengenai simpati dan menangkap emosi dari Dongjyu dari adegan itu. Perasaanku senang dan aku merasa, “berarti para penonton mengetahui apa maksudku. Ternyata aku mengekspresikannya dengan tidak salah.” Hehe

10. Saat kamu masih kecil, aktingmu terbilang menyampaikan emosi. Kamu menangis dengan sedih dan tersenyum dengan bahagia. Apakah ada rahasia untuk berakting dengan perasaan?

Kim Sohyun: Sebaliknya aku terus belajar karena aku tidak tahu bagaimana itu (perasaan) dapat muncul dengan baik. Aku hanya mencoba berakting dengan transparan dan tidak menjijikkan agar terlihat dengan murni. Mungkin ada kekurangan akting yang harus aku ekspresikan secara teknis karena aku mengekspresikan perasaan atau emosinya sesuai dengan apa yang aku rasakan. Karena aku mengekspresikan perasaan itu sesuai dengan yang ada sepertinya para penonton melihat hal itu dengan segar.

10. Apakah ada adegan yang menurutmu disayangkan?

Kim Sohyun:  Saat adegan kissing yang muncul di awal-awal. Karena itu adalah adegan yang diambil saat kami memulai syuting pertama, aku merasa perasaan Nongdu dan Dongju belum begitu muncul. Aku berterima kasih karena penonton melihat adegan itu dengan baik, tetapi aku merasa padahal kami bisa melakukannya dengan baik daripada itu.

Adegan kissing Kim Sohyun dan Jang Dangyoon dalam drama ‘The Tale of Nokdu’ / Credit: KBS2

10. Bagaimana kolaborasimu dengan Jang Dongyoon, lawan mainmu?

Kim Sohyun: Jang Dongyoon adalah aktor yang sangat berenergi dan aktif. Dia sangat ramah dan banyak omong, sampai-sampai aku merasa dia seperti idiot haha, jadi aku tidak perlu menaikkan suasana lagi. Sepertinya kami sudah terbiasa dengan energi masing-masing. Aksinya pun bagus. Walaupun aku mendorongnya pelan-pelan tapi ia jauh terdorong. Bahkan sampai-sampai ada komentar tenaga Dongju kuat karena ia dengan mudah mendorongnya. Kerja sama kami bagus. Haha, aku sangat nyaman membicarakan tentang akting dengannya. Jika ada adegan yang muncul sesuai dengan yang kami maksud, kami sangat senang dan puas. Dia benar-benar partner yang cocok denganku.

10. Apakah ada adegan yang muncul sesuai dengan kehendakmu?

Kim Sohyun: Ada. Saat di awal drama, ada adegan dimana Dongju mengikuti Nokdu ke Hanyang dan baring sambil berselimut dan mengatakan, “Aku tidak mengikutimu ya.” Saat itu, ada saat aku merebut bantalnya dan memukul jidatnya, itu adalah improvisasi. Saat merampas bantalnya, dan saat memukul dahinya kena. Semua hal kecil tersebut benar-benar pas. Karena dia menerima aktingku dengan baik semua adegan satu per satu muncul dengan natural. Adegan saat mengecup bibir secara bergantian dari bibir, hidung, dan mata juga bagus. Itu adegan yang dilakukan di ruangan kecil, sutradara hanya mengatakan lakukan dengan senyaman mungkin setelah melihat suasananya. Aku merasa tentram mendengar omongan itu. Aku pikir adegan itu sangat cantik.

10. Apa perasaanmu saat melihat Jang Dongyoon berpenampilan seperti wanita?

Kim Sohyun: Cantik. Haha. Saat aku pertama bertemu dengan Dongyoon dia dating dengan memakai topi. Saat itupun wajahnya kecil dan putih, aku berpikir sepertinya dia akan cantik jika berdandan seperti perempuan. Lalu waktu dia sudah berdandan menjadi wanita ternyata sangat cantik ya. Aku terkejut karena dia cantik. Saat di lokasi syuting pun aku sering bilang dia sangat cantik.

10. Nokdu juga cantik berdandan seperti wanita, tetapi kamu juga terlihat lucu saat Dongju berdandan seperti laki-laki.

Kim Songhyun: Aku terlihat seperti bocah karena berdandan seperti laki-laki. Banyak orang yang mengatakan aku seperti bayi laki-laki. Haha

10. Khususnya, chemistry antara Nokdu dan Dongju sangat bagus. Banyak orang juga salah paham, melihat hubungan kalian yang begitu baik di sosial media ataupun di making video. Itu akan menjadi pujian yang bagus untuk akting asmara.

Kim Sohyun: Saat itu Jang Dongyoon sudah masuk dalam perannya sebagai Nokdu dan akupun juga begitu. Kami berdua sama-sama bertekad dan ingin menunjukkan romantisme antara Dongju dan Nokdu. Aku senang dengan pujian yang mengatakan kami berdua sangat cocok karena berharap secara tulus bahwa Dongju dan Nokdu berakhir dengan bahagia. Aku sangat puas karena berpikir itu semua adalah berkat cinta dan dukungan terhadap drama ini.

10. Kamu dikenal dengan sebutan ‘Queen of Colossal Drama’ dan selalu dipuji dengan aktingmu yang stabil dan baik semenjak aktingmu saat anak-anak. Apakah kamu merasa beban dengan image dan sebutan seperti itu?

Kim Sohyun: Karena aku datang dari jaman anak-anak, orang menyebutku, “Sohyun kan pandai berakting.” Tetapi aku selalu merasa baru dan sulit saat berakting dan bertemu dengan karakter baru. Alih-alih merasa beban dan bertanggung jawab dengan sebutan itu, aku lebih merasa canggung. Aku menjadi bertekad untuk mengumpulkan filmografi kedepannya dengan sebutan ‘Queen of Colossal Drama’ atau  sebutan-sebutan yang lain.

10. Kamu debut dari tahun 2008 dan sudah menjadi aktris selama 11 tahun, dan sekarang sudah berumur 21 tahun. Tetapi pasti ada saat dimana ingin bersikap seperti anak kecil dan saat dimana kamu merasa sulit.

Kim Sohyun:  Ada saat dimana aku ingin bersikap seperti anak kecil. Banyak juga saat dimana aku berpikir harus bersikap seperti orang dewasa. Ibu saat aku masih kecil pernah memarahi karena aku bersikap yang bertentangan dengan sopan santun, oleh karena itu aku berpikir aku harus selalu bersikap dewasa di lokasi syuting. Sebaliknya, aku menjadi lebih nyaman saat menjadi orang dewasa. Karena aku banyak bertemu dengan abang-abang dan kakak-kakak di drama The Tale of Nokdu, aku juga banyak merengek. Hahaha. Dalam drama kali ini, karena tidak ada pikiran bahwa aku harus bertanggung jawab atau harus bersikap dewasa, jadi aku lebih bebas dan nyaman. Aku bias berakting dengan Kim Sohyun yang sudah berumur 21 tahun ini.

10. Sepertinya kamu menempatkan diri sebagai seorang aktris dewasa.

Kim Sohyun: Dibandingkan dengan umur, aku tidak merasa bahwa aku dewasa walaupun aku mendengar orang-orang menyebutkan aku sudah seperti orang dewasa. Alih-alih berusaha untuk terlihat dewasa, aku senang aku bisa lebih alami dengan mencocokkan dalam diriku. Sebaliknya, aku tidak cocok jika berakting secara ragu-ragu ataupun terpaksa. Dalam drama The Tale of Nokdu, ada sisi dewasa dari Dongju dan kadang seperti anak-anak.

10. Apakah ada peran yang ingin kamu tantang?

Kim Sohyun: Action. Aku ingin beraksi seperti kakak-kakak Muwoldan dalam drama The tlae of Nokdu. Sangat keren melihat adegan action dengan memakai seragam. Drama kolosal ataupun modern juga bagus, tetapi aku ingin mencoba aksi kolosal. Walaupun aku tidak percaya diri dalam gerakan tubuh tapi aku akan berusaha jika diberi kesempatan dan dipercayai untuk melakukan drama aksi.

10. Acara penghargaan akhir tahun akan datang. Apakah ada penghargaan yang kamu harapkan?

Kim Sohyun: Penghargaan Best Couple. Hahah. Aku berharap bisa mendapatkan penghargaan Best Couple karena banyak orang yang telah mencintai Dongju dan Nokdu.  Aku juga berharap kakak-kakak Muwoldan juga dapat dan Aengdu (Park Dayeon) juga dapat. Aku rasa akan banyak orang-orang dari drama ini yang mendapat penghargaan. Aku berharap banyak aktor-aktris yang lebih bekerja keras daripadaku mendapat penghargaan.

10. Apakah ada bagian lain selain akting yang ingin kamu coba?

Kim Sohyun: Aku rasa aku cocok dalam melakukan hal sendiri. Karena aku orangnya sangat khawatiran, aku rasa aku sulit dan tidak nyaman jika harus tampil dalam variety show. Tetapi aku ingin mencoba menjadi MC sekali-sekali jika ada kesempatan. Aku ingin mencoba menulis buku karena aku suka mencatat dan membaca buku. Aku juga ingin mencoba membuat novel.

10. Kamu ingin dipanggil sebagai aktris apa?

Kim Sohyun: Aku ingin orang menyebutku sebagai aktris yang berakting dengan tulus. Aku berharap orang dapat merasakan aktingku dengan sungguh-sungguh.

10. Apakah kamu mempunyai role model?

Kim Sohyun: Aku tidak mempunyai role model sih. Alih-alih role model aku merasa sekarang adalah saat dimana aku harus banyak mengetahui tentang diriku. Di saat aku sudah menemukan posisiku, saat itulah aku sepertinya bisa membuat role model.

Original article: http://tenasia.hankyung.com/archives/1867971

Translation by: Ilham Ramadhan ilhamrams@gmail.com   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here