[TEN INTERVIEW] Kim Hye Yoon, ‘Aku Ingin Mendapat Penghargaan Best Couple of the Year….’

0

By Aisya J.

Aktris Kim Hye Yoon telah menunjukkan kemampuan akting yang luar biasa dalam drama Extraordinary You yang telah menyelesaikan tayangannya pada 21 November lalu. Drama Extraordinary You menceritakan kisah siswi SMA bernama Eun Danoh (Kim Hye Yoon) berusaha merubah takdir setelah menyadari dirinya adalah seorang ekstra dalam komik. Kisah romantis hingga aksi lucu disajikan Kim Hye Yoon dengan sangat sempurna. Ia juga dipuji karena berhasil memainkan dua karakter yang berbeda sebagai Eun Danoh dalam stage dengan sifat yang polos dan Eun Danoh dalam shadow yang penuh semangat dan ceria.

Kini, Kim Hye Yoon benar-benar telah menghapus cap negatif yang melekat dirinya yang ia dapat setelah bermain dalam drama Sky Castle. Meski drama Extraordinary You merupakan drama pertamanya sebagai pemeran utama, Kim Hye Yoon secara menyeluruh menyampaikan emosi dan dialog dengan sangat baik sehingga kini ia menerima banyak cinta dari penggemar Korea bahkan luar negeri. Baru-baru ini Tenasia melakukan interview bersama Kim Hye Yoon di sebuah café di Seoul.

10. Bagaimana perasaanmu mendapat penilaian yang bagus di drama pertamamu sebagai pemeran utama?

Kim Hye Yoon: Meski banyak hal yang masih kurang, namun aku bangga karena drama ini dibuat dengan sangat baik oleh sutradara, para staf, dan juga teman-teman aktor dan aktris.

10. Sebagai pemeran utama, apa kamu merasa tertekan karena harus memimpin jalan cerita drama?

Kim Hye Yoon: Tidak mungkin kalau aku bilang aku tidak merasa memiliki tanggung jawab. Apalagi karakter Danoh lebih sulit dari dugaanku karena ia bertemu dan berkomunikasi dengan semua karakter. Dengan begitu, bagianku menjadi lebih banyak dan itu juga menguras tenagaku. Meski sebelum syuting aku telah melakukan banyak olahraga dan menjaga kondisi tubuhku, namun aku semakin kelelahan di pertengahan drama.

10. Menurutmu hal apa yang paling kurang dalam dirimu?

Kim Hye Yoon: Aku tidak bisa berkonsentrasi ketika fisikku lemah dan itu membuatku jadi memiliki banyak kesalahan ketika membaca dialog. Setelah melihat kebelakang, yang paling aku sesalkan adalah aku gagal berkonsentrasi penuh 100%.

10. Olahraga apa yang kamu lakukan untuk menjaga tubuhmu?

Kim Hye Yoon: Pilates, personal training, hingga berenang sudah kulakukan bahkan sebelum syuting. Aku harus melakukan semua olahraga itu karena karakter Danoh merupakan siswa yang memiliki penyakit jantung. (tertawa)

10. Sebagai Danoh, apakah ada hal yang membanggakan bagimu?

Kim Hye Yoon: Setelah menjadi Danoh, aku merasakan bahwa kemampuan aegyo-ku meningkat. Aku bangga dengan perubahan ini. Begitulah caraku memperdalam karakter Danoh. (tertawa)

10. Apakah kamu mengalami kesulitan karena harus memerankan 3 karakter Danoh yang berbeda mulai dari stage dan shadow yang ada dalam komik ‘Secret,’ dan Danoh dalam komik ‘Trumpet Creeper.’

Kim Hye Yoon: Itu malah akan lebih susah dari sisi penonton jika aku memikirkan hal itu terlalu dalam dan menjadikan aktingku menjadi rumit. Maka dari itu aku mencoba membuat ini menjadi lebih simple. Meski ketiganya merupakan karakter Danoh yang berbeda namun mereka tetaplah Danoh. Aku mencoba membuat Danoh berbeda dalam cara bicara dan perbedaan zaman.

10. Apakah kamu tersentuh dengan pesan dalam drama ‘ekstra juga bisa jadi pemeran utama?’

Kim Hye Yoon: Maksud ‘pemeran utama’ dalam drama kami bukan ‘peran’ yang menjadikannya sebagai pemeran utama, melainkan ‘kemandirian.’ Tujuan utama Danoh tidaklah menjadi pemeran utama. Seperti yang Danoh katakan dalam drama, ia ingin melakukan hal yang ingin dilakukan, makan makanan yang ingin dia makan, dan hal lain yang membuat dia bahagia. Pada akhirnya tujuannya yang sesungguhnya adalah untuk hidup bahagia. Aku benar-benar menyukai pesan itu.

10. Kamu telah debut sebagai seorang aktris selama 5 tahun dan hanya memainkan peran-peran kecil. Pernahkah kamu memimpikan untuk menjadi pemeran utama?

Kim Hye Yoon: Sebagai manusia tentu saja aku memiliki keinginan yang berlebih akan hal itu. Ketika aku menjadi figuran, aku berharap memiliki dialog setidaknya satu bait. Ketika aku memiliki satu bait dialog, aku berharap menjadi peran pendukung. Setelah menjadi peran pendukung, aku berharap ingin menjadi pemeran utama. Namun daripada menginginkan sebagai pemeran utama, sepertinya akan lebih bagus jika aku memiliki hidup yang baik.

10. Kamu berperan sebagai siswi SMA dalam drama Sky Castle dan Extraordinary You. Tidakkah kamu menginginkan untuk mendapatkan peran dewasa?

Kim Hye Yoon: Aku ingin mencoba memainkan peran yang cocok di usiaku yang sudah 24 tahun ini. Aku bahkan tidak bisa membayangkan jika harus memainkan peran yang lebih tua dari umurku sekarang. Itu akan menjadi sebuah dunia baru yang tidak aku kenal. Setelah drama Sky Castle berakhir, ada seseorang yang bertanya padaku, ‘gimana kalau dapat peran anak SMA lagi?’ Saat itu aku menjawab, ‘tentu saja aku akan ambil peran itu. Karena meski dapat peran anak SMA karakternya pasti akan berbeda.’ Benar, kan? Dari lingkungan dan karakter saja Danoh sudah berbeda dengan Yeseo.

10. Karakter aslimu lebih mirip Yeseo atau Danoh?

Kim Hye Yoon: Ada beberapa karakter dari mereka yang ada dalam diriku. Karakter emosi Yeseo sama dengan karakterku yang dulu, namun kini untuk kepribadian aku lebih mirip dengan Danoh.

10. Hampir semua aktor dan aktris merupakan teman sebaya. Bagaimana perasaanmu?

Kim Hye Yoon: Dalam drama Sky Castle sebelumnya, aku banyak belajar dan bisa lebih fokus karena seluruh sunbaenim berakting dengan penuh keseriusan. Namun dalam drama Extraordinary You kami berdiskusi bersama untuk mendapatkan akting yang bagus. Suasana di kedua drama begitu bagus.

10. Kamu dan Rowoon memiliki perbedaan tinggi lumayan jauh sekitar 30 cm. Tidakkah kamu merasa kesulitan?

Kim Hye Yoon: Awalnya aku tidak terbiasa. Karena tinggi badannya yang tidak biasa yaitu 190 cm lebih. Sebenarnya aku merasa terbebani ketika orang-orang disekitarku mengatakan hal seperti ‘perbedaan tinggi yang jauh itulah yang bikin gemas’, ‘aku iri dengan pekerjaanmu.’ Tidak hanya dengan Rowoon, ketika berakting dengan Lee Jae Wook, Jung Gun Joo, dan aktor lainnya, aku harus selalu menginjak pijakan kayu. Untuk adegan berjalan saja tim produksi membuatkan jalan pijakan. Para aktor laki-laki juga harus menurunkan badannya untukku. Selesai syuting leherku selalu sakit karena selalu melihat lawan main yang tinggi-tinggi (tertawa).

10. Bagaimana kamu menilai aktingmu sebagai Danoh?

Kim Hye Yoon: 10 dari 100 (tertawa). Apalagi waktu untuk mempersiapkan syuting ‘Trumpet Creeper’ sangatlah singkat. Jika aku memiliki lebih banyak waktu, aku pasti akan menunjukkan yang lebih baik lagi.

10. Tidakkah nilai 10 dari 100 itu sangatlah kecil?

Kim Hye Yoon: Begitulah sifatku. Aku tidak mudah puas dan kurang percaya diri. Aku selalu berusaha hidup sesuai dengan rencana yang aku buat, dan jika aku tidak bisa mewujudkan hal itu aku menyalahkan diri sendiri. Meski orang-orang disekitarku selalu mengatakan ‘cobalah untuk lebih santai’ atau ‘tidakkah kamu terlalu bekerja keras?, tapi tidak mudah untuk melakukan itu semua. Rasanya seperti berdiri di tengah persimpangan. Meski begitu, aku tidak berpikir bahwa ini sebagai rasa minder. Aku bisa membuat kekurangan sebagai pendorong.

10. Penghargaan drama akhir tahun segera tiba. Tidakkah kamu punya keinginan untuk mendapatkan penghargaan?

Kim Hye Yoon: Aku tidak terlalu mengharapkan penghargaan Best New Actress karena banyak aktris pendatang baru lainnya yang bagus juga. Tapi aku berharap mendapat penghargaan Couple of the Year (tertawa).

10. Menurutmu 2019 merupakan tahun yang…?

Kim Hye Yoon: Seperti sebuah mimpi di musim panas. Sesuatu yang berlalu dalam sekejap dan ketika aku terbangun semua keadaan telah berubah. Meski begitu aku berusaha untuk tidak melupakan tujuan awalku. Meski aku banyak mengalami kesulitan dan bahkan hingga stres, namun aku ingin terus berakting karena aku merasa bangga setelah mencapai tujuanku.

10. Resolusimu di tahun 2020?

Kim Hye Yoon: Aku ingin belajar mengedit video. Dengan belajar mengedit aku dapat lebih cepat memahami bagian-bagian yang estetik dalam film maupun drama. Jadi sepertinya pandanganku terhadap drama atau film yang mau mainkan pasti lebih luas.

10. Hal apa yang kamu pelajari melalui drama Extraordinary You?

Kim Hye Yoon: Hmm… mungkin aegyo? Hohoho. Orang tuaku bahkan bertanya kenapa bisa aku melakukan aegyo seperti itu padahal aku tidak biasa melakukannya. Pandanganku terhadap pekerjaan juga semakin luas. Dulu aku hanya terfokus pada karakter yang aku mainkan saja namun kini aku mempelajari keseluruhan drama.

Original article : http://tenasia.hankyung.com/archives/1864330

Translation by : Aisya Julia aisyajulia@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here