[TEN INTERVIEW] Debut setelah Menangkap Perampok, Jang Dong Yoon, ‘Semuanya Berjalan seperti Takdir yang Digariskan’

0

By Aisya J.

Jang Dong Yoon / credit = Dongyi Company

Jang Dong Yoon membuktikan potensi tak terbatas dalam dirinya. Drama The Tale of Nokdu yang dibintanginya telah berakhir pada tanggal 25 November lalu. Drama The Tale of Nokdu merupakan drama comedy romantic yang menceritakan kisah Nokdu (Jang Dong Yoon) yang menyelinap ke desa para janda serta Dong Ju (Kim So Hyun) yang merupakan calon gisaeng (wanita penghibur) yang tidak mau menjadi gisaeng. Tidak seperti drama-drama lainnya, drama The Tale of Nokdu mengangkat jalan cerita yang unik dimana Nokdu yang merupakan laki-laki harus berdandan seperti seorang wanita. Meski terlihat polos, Jang Dong Yoon mampu menunjukan akting yang stabil bahkan diakui karena keseriusannya dengan menurunkan berat badan sebanyak 10 kg untuk memperkuat karakternya sebagai Nokdu

Dari awal kemunculannya, Jang Dong Yoon memang bukanlah seseorang yang mempersiapkan diri sebagai aktor. Ketika masih duduk di bangku perkuliahan pada tahun 2015, ia diwawancarai sebuah berita salah satu stasiun televisi setelah ia tak sengaja menangkap seorang pencuri di sebuah minimarket dan itu membuka jalannya menjadi seorang aktor. Ia memulai karir beraktingnya dengan bermain dalam web drama berjudul Women at a Game Company pada tahun 2016, setelah itu namanya mulai dikenal setelah ia membintangi drama School 2017. Ia kembali menunjukan kemampuan berakting yang mumpuni dalam drama The Tale of Nokdu dan mengukuhkan dirinya sebagai salah satu rising star di usia 20 tahunan. Tenasia menemui Jang Dong Yoon di sebuah kafe di Seoul untuk berbagi cerita setelah drama yang ia bintanginya itu berakhir.

10. Kabarnya kamu menonton episode terakhir The Tale of Nokdu bersama pemeran lainnya. Pasti rasanya berbeda karena menonton akting kalian bersama-sama.

Jang Dong Yoon: Rasanya berbeda dengan aku menonton drama itu sendiri. Nonton bersama lebih dapat feel-nya.

10. Kamu kelihatannya senang dengan penampilanmu dengan rambut panjang. Meski syuting telah berakhir namun rambut kamu masih belum dipotong.

Jang Dong Yoon: Sebelum episode terakhir aku memotongnya sedikit. Setelah memanjang rambut lebih dari 6 bulan, rasanya penampilanku saat ini terlihat lebih menawan. Padahal awalnya ketika rambutku dipanjangkan aku ingin memotongnya segera. Karena tidak nyaman dan rambutku itu susah kering, aku bahkan memakai penjepit rambut. Meski agak ribet karena aku tidak pernah memanjang rambut sebelumnya, tapi sekarang aku suka dengan gaya rambutku. Aku ingin mencoba berakting dengan rambut panjang.

10. Apa pendapatmu dengan jalan cerita drama yang awalnya berfokus pada kisah cinta Nokdu dan Dong Ju namun hingga akhir episode lebih berfokus pada rahasia Nokdu?

Jang Dong Yoon: Suasana dalam drama sangat berbeda sampai-sampai bisa dikatakan sebagai drama yang berbeda. Ketika kami melakukan syuting adegan yang lucu dan menyenangkan, itu membawa energi yang baik di lokasi syuting, namun ketika melakukan syuting adegan menyedihkan, kami benar-benar berakting dengan sangat sedih. Drama ini begitu dramatis sehingga aku ingin melakukan akting yang romantis dan kocak (seperti di awal episode). Sangat disayangkan karena untuk melihat adegan romantis kita harus melihat itu di episode terakhir. Tapi aku senang karena akhir drama yang happy ending seperti yang semua orang harapkan.

10. Nokdu merupakan karakter pria yang menyamar menjadi perempuan yang belum pernah dilihat dalam drama-drama sebelumnya. Bagaimana reaksi orang-orang di sekitarmu?

Jang Dong Yoon: Orang-orang yang mengenalku khususnya teman-teman pria, semua risih melihatku berdandan seperti perempuan hahaha. Meski awalnya aku bersemangat, namun aku juga kaget melihat diriku yang berpakaian seperti seorang perempuan. Sepertinya teman-temanku juga berpikiran yang sama denganku. 90% orang mengatakan bahwa mereka risih dengan penampilanku hahaha.

10. Apa yang kamu perhatikan untuk menunjukkan karakter wanita?

Jang Dong Yoon: Yang terpenting adalah suara. Aku sangat berfokus pada perbedaan suara sebagai Nokdu dan Janda Kim. Salah satu argumen paling kuat di awal pertemuan adalah aku berusaha untuk tidak melebih-lebihkan karakter Nokdu versi perempuan. Aku berusaha untuk tidak melakukan hal-hal yang dilakukan seorang pria ketika menirukan perempuan yang menirukan mulai dari suara, gerakan, sampai gerak-gerik yang khas. Padahal suara wanita tidak ada bedanya dengan suara laki-laki, kan? Ada perempuan yang memiliki suara bass dan juga ada laki-laki yang  memiliki suara tinggi. Aku ingin membuat Janda Kim menarik tanpa melebih-lebihkannya. Meski ada yang sedikit lebay karena ini juga merupakan drama komedi, namun aku merasa Nokdu versi perempuan banyak dicintai karena ia tidak keluar dari jalur yang sudah ditentukan. 

10. Tidak hanya akting, kabarnya kamu juga mempersiapkan diri sebagai ‘wanita.’ Apa kamu melakukan diet untuk lebih terlihat seperti ‘wanita’?

Jang Dong Yoon: Seperti halnya akting, banyak hal yang harus aku lakukan untuk menunjukkan bahwa aku seorang wanita dengan wajahku, jadi aku menaruh banyak perhatian lebih pada lemak tubuh. Aku melakukan pilates dan mencoba tarian kontemporer. Aku juga bermain badminton dengan CEO agensiku selama 3 – 5 jam. Karena tidak punya waktu untuk latihan aerobik, ketika keluar menemui teman aku lebih memilih berjalan kaki daripada menggunakan transportasi umum. Sebenarnya aku ingin menunjukkan sisi garang dari Nokdu, karena itulah aku membesarkan tubuhku. Namun ternyata sutradara lebih menginginkan Nokdu bertubuh langsing hahaha.

Jang Dong Yoon / credit = Dongyi Company

10. Bagaimana chemistry-mu dengan aktor muda yang lain seperti Kim So Hyun dan Kang Tae Oh?

Jang Dong Yoon: Dengan arahan sutradara, dua bulan sebelum syuting kami melakukan pertemuan, kami makan bersama dan juga membaca naskah. Mulai sejak itu kami menjadi dekat. Karena kami sudah memiliki hubungan baik sejak itu, kami menjadi nyaman dan dekat satu sama lain. Dan karena chemistry yang baik antara kami, sepertinya penonton juga dapat menonton dengan lebih menyenangkan.

10. Bagaimana chemistry-mu dengan Kim So Hyun?

Jang Dong Yoon: Ketika aku bertemu dengannya secara pribadi, dia orangnya polos dan ceria, terlihat seperti adik bagiku. Namun ketika di lokasi syuting, dia memiliki karakter yang kuat. Bisa saja itu karena Kim So Hyun telah mengisi seluruh hidupnya dengan berakting. Karena dia telah berakting sedari kecil, dia terlihat sangat santai dan baik dalam mengatur emosi. Dia benar-benar tenang dan tidak gegabah. Dia juga banyak mengajak berkomunikasi denganku agar tidak terjadi kesalahpahaman, dan aku belajar hal itu darinya. Dia tidak memberi saran secara langsung namun lebih mengatakan hal seperti, ‘baiknya aku gimana ya di adegan ini?’ ‘yang barusan keren banget,’ dan masih banyak lagi. Saat itulah aku merasa bahwa dia benar-benar seorang veteran. Banyak hal yang bisa dipelajari dari Kim So Hyun. 

credit = The Tale of Nokdu

10. Chemistry antara Nokdu dengan Yulmoo (Kang Tae Oh) juga menjadi pembicaraan. Terutama kiss scene kalian.

Jang Dong Yoon: Itu merupakan adegan yang aku nantikan di siaran tv dan memiliki kesan mendalam bagiku. Ketika syuting adegan ini, aku benar-benar membaca naskah dengan santai dan menantikan chemistry Nokdu dengan Yulmoo. Meski aku sama sekali tidak gugup, dialog yang terkesan berlebihan membuat Tae Oh mengatakan, ‘aku tidak bisa melakukannya,’ padahal aku sudah mau menempelkan bibirku. Sutradara bahkan bertanya sekali lagi, ‘apa benar kalian akan melakukannya?’ Gara-gara Tae Oh yang salting, rasanya aku seperti ditolak. Karena aku banyak melakukan adegan ciuman, jadi aku membimbing Tae Oh karena aku terlihat lebih tenang daripada dirinya hahaha. 

10. Banyak yang mengatakan bahwa kamu berhasil membawakan karakter Nokdu dan berhasil mendulang banyak popularitas.

Jang Dong Yoon: Aku pikir Nokdu merupakan karakter yang tak tertandingi. Karena banyak hal yang harus aku lakukan hahaha. Aku sangat bangga bisa memainkan karakter Nokdu. Aku juga merasakan rasa cinta penonton pada Nokdu. Tentunya aku juga sedih karena drama ini telah berakhir. Banyak yang memuji peranku karena ini merupakan karakter dimana aku juga memiliki banyak kesulitan dan aku sangat berusaha untuk menampilkan yang terbaik. Kedepannya, daripada mencoba karakter di zona nyaman, aku ingin mencoba karakter yang bisa menantang diriku sendiri.

10. Peran membela kebenaran seperti Nokdu nampaknya mirip dengan dirimu sesungguhnya. Sebelum debut kamu pernah menangkap pencuri di sebuah mini market, bukan?

Jang Dong Yoon: Bahkan keluargaku khawatir karena sifatku yang tidak bisa melihat ketidakadilan. Mereka mengatakan untuk tidak ikut campur. Namun karena aku tidak melakukan kesalahan apapun, aku berpikir akan lebih baik jika kita hidup tanpa mengubah nilai-nilai yang ada di masyarakat. Baru-baru ini aku menangkap beberapa anak SMA yang sedang merokok. Aku tidak ingin melihat nenek-nenek sekitar sekolah membersihkan puntung rokok setiap pagi, jadi aku menangkap mereka bersama dengan guru mereka hahaha. Tapi, tanpa aku sadari, bisa saja aku melukai hati mereka dengan sikapku ini. Maka dari itu, kini aku berusaha untuk mengajaknya orang bersangkutan berbicara dengan baik.

10. Banyak yang bilang sifatmu mirip dengan Nokdu. Selain sifat, apakah ada yang lain?

Jang Dong Yoon: Menurutku sifat rajin dan giat kami nampaknya mirip. Jika ada hal lain, mungkin kami sama-sama malu kalau berada di depan lawan jenis hahaha. 

10. Penghargaan akhir tahun segera datang. Apakah kamu tidak memiliki keinginan untuk mendapatkan penghargaan?

Jang Dong Yoon: Sebuah kebohongan kalau aktor atau aktris yang tidak memiliki keinginan akan hal itu. Kalau aku mendapatkannya tentu aku sangat bersyukur, tetapi kalau aku tidak mendapatkannya, bahkan dengan diundang ke acara penghargaan saja sudah membahagiakan bagiku. Aku tidak terlalu banyak berharap. Aku hanya ingin mendapatkan drama yang bagus dan menunjukan akting yang bagus pula.

10. Banyak yang bilang bahwa ini merupakan waktumu bersinar. Penggemar dalam dan luar negeri semakin banyak dan bulan Desember ini kamu juga akan melangsungkan fanmeeting. Apa kamu juga merasakan popularitasmu?

Jang Dong Yoon: Aku juga berpikir bahwa memang benar aku mendapatkan popularitas melalui drama The Tale of Nokdu hahaha. Namun aku berusaha untuk tidak menggunakan kepopuleran ini sebagai referensi untuk berakting. Orang tuaku selalu mengatakan untuk tidak terpengaruh oleh popularitas dan aku pikir sepertinya aku tidak selayaknya untuk menjadi pusat perhatian. Berkat Nokdu aku bertemu dengan karakter baru dan bahkan mencoba melakukan adegan action. Aku merasa bangga karena bisa menantang diriku di tempat baru dan bisa memperluas spektrum aktingku.

10. Sepertinya kamu sangat terkejut sekaligus senang dengan bertambahnya popularitasmu. Bagaimana rasanya dicintai langsung oleh penggemar?

Jang Dong Yoon: Tidak ada yang bisa aku sampaikan selain rasa senang dan bahagia. Mereka menyayangi dan mendukungku bahkan seperti ibuku. Penggemar benar-benar memberiku cinta yang luar biasa. Karena itulah aku semakin bersyukur. Aku akan membalas cinta kalian tanpa melupakan tujuan awalku. 

Jang Dong Yoon / credit = Dongyi Company

10. Muncul dalam berita setelah menangkap pencuri dan secara tak sengaja itu menjadikan kesempatan bagimu untuk debut sebagai seorang aktor. Apa yang kamu rasakan setelah debut di tahun 2016?

Jang Dong Yoon: Jika boleh kukatakan, semuanya adalah kehendak Tuhan. Semuanya terjadi dan berjalan sangat mulus seolah telah ditakdirkan. Aku menangkap pencuri lalu masuk berita, lalu perusahaanku menghubungi setelah melihatku dalam berita. Waktu awal memulai karir sebagai seorang aktor, aku memiliki banyak kekhawatiran dan ketakutan yang besar, namun sekarang tidak lagi. Aku mulai merasa percaya diri sebagai seorang aktor sejak membintangi drama Just Dance tahun lalu.

10. Kamu ingin menjadi aktor yang seperti apa?

Jang Dong Yoon: Aku selalu menyukai ungkapan ‘aktor yang baik.’ Daripada memiliki image yang kuat, aku ingin menjadi orang yang baik dalam segala hal. Aku memiliki tujuan untuk bekerja cukup lama agar dapat diingat. Meski hal itu bisa saja terjadi, namun aku ingin menjadi aktor yang mendapatkan feedback baik seperti ‘dia aktor yang bagus’ atau ‘aku senang melihatnya dalam drama ini.’ Karena kita sebagai entertainer memang diharuskan untuk menghibur masyarakat. Tidakkah merupakan hal yang luar biasa ketika masyarakat mengatakan bahwa kita aktor yang bagus? 

10. Kesanmu terhadap drama The Tale of Nokdu?

Jang Dong Yoon: Drama yang paling aku syukuri dan melekat di hatiku. Karena aku banyak kewalahan sebagai Nokdu, pasti ada suka dan dukanya. Sepertinya drama ini akan tetap terkenang meski kedepannya aku akan melakukan berbagai drama lagi. Nampaknya karakterku yang memerankan wanita memiliki kesan yang dalam sehingga aku bisa keluar dari zona nyaman.

Original article : http://tenasia.hankyung.com/archives/1863454

Translation by : Aisya Julia aisyajulia@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here