Bawa Pulang Total 9 Trofi, BTS Sapu Bersih Daesang dan Cetak Sejarah Baru di MAMA 2019!

0

By Ilham R.

2019 MAMA / credit: Mnet

Grup BTS membawa pulang total 9 penghargaan termasuk menyapu bersih 4 penghargaan Daesang di acara penghargaan Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2019. BTS menampilkan aksi panggung dari zaman dahulu, sekarang hingga masa depan dan membuktikan diri mereka sebagai Artist of the Year.

MAMA tahun kali ini diadakan di Nagoya Dome, Jepang. Sama seperti sebelumnya, acara ini dibawakan oleh Park Bogeum sejak 3 tahun yang lalu.

4 Penghargaan Daesang yang diberikan kepada BTS antara lain adalah Artist of the Year, Song of the Year, Album of the Year, dan Worldwide Icon of the Year. Para anggota BTS menyampaikan kesannya secara bergantian setiap mereka menerima penghargaan. Jimmy Fallon pembawa acara kondang di Amerika Serikat pun dipilih untuk membacakan penghargaan Album of the Year meskipun hanya lewat video. Saat menerima penghargaan, J-Hope memberikan kesannya dan mengatakan, “Dulu aku hanyalah anak yang tidak tahu apa-apa selain menari. Kedepannya aku akan berusaha untuk kembali dengan pesan yang bagus, musik yang bagus, dan pengaruh yang baik.”

Pada saat menerima penghargaan Worldwide Fans Choice, Jungkook mengungkapkan, “Bahkan sampai sekarangpun aku masih merasa takjub dapat menerima penghargaan yang besar.” Termasuk BTS, kategori ini dimenangkan oleh 10 grup yakni GOT7, SEVENTEEN, TXT, TWICE, ATEEZ, Monsta X, X1, EXO, dan BLACKPINK.

Tahun ini telah menjadi tahun kontroversi terus-menerus yang menyangkut tentang tangga musik dan Sajaegi. Jin BTS dan Heize secara tidak langsung menyampaikan pesan bahwa mereka ingin menciptakan lingkungan musik yang lebih sehat. Saat menerima penghargaan Song of the Year, Jin mengatakan, “Kami benar-benar membuat lagu dengan kerja keras. Aku harap akan datang masa di mana semua lagu-lagu bagus dikenali dan didengarkan oleh banyak orang. Bagaimana kalau kita membuat musik yang bagus dengan cara yang lebih jujur, meskipun dengan cara negatif juga bagus? Aku harap akan datang era ketika semua orang membuat musik yang bagus dan mendengarkan musik yang bagus,” harapnya.

Heize yang mendapat penghargaan Best Hip Hop Music juga menyindir para Sajaegi dengan mengatakan, “Aku harap tahun 2020 menjadi tahun terciptanya lingkungan bermusik yang lebih baik lagi. Di mana, musisi tidak terlalu fokus pada pencapaian akhir dan usaha persiapan serta pikiran mereka tidak sia-sia. Aku juga berharap tahun depan menjadi tahun dimana para musisi tanpa beban menciptakan dan menyuguhkan musik yang berkualitas untuk semua orang. Semuanya telah bekerja keras tahun ini,” ujarnya saat menyampaikan pidatonya.

Lalu untuk grup pendatang baru wanita baik pria dimenangkan oleh ITZY dan TXT. ITZY mengalahkan pesaingnya yakni Rocket Punch, BVNDIT, EVERGLOW, SOMI, dan Cherry Bullet yang sama-sama memperebutkan kategori Best New Female Artist. Sedangkan untuk kategori Best New Male Artist dimenangkan oleh TXT dengan mengalahkan sederet artis pendatang baru lainnya seperti AB6IX, ATEEZ, Kang Daniel, dan Kim Jaehwan.

Aksi panggung yang paling menarik perhatian di panggung MAMA 2019 adalah penampilan yang luar biasa dari Park Jinyoung dan MAMAMOO. Park Jinyoung dan Hwasa menguasai panggung dengan membawakan remix dari lagu hits Don’t Leave Me dan Park Jinyoung muncul dengan memakai celana plastik yang merupakan salah satu trademark-nya. Kemudian Park Jinyoung melanjutkan penampilannya dengan MAMAMOO dari lagu hits mereka masing-masing seperti Who’s your mama? dan Yes I am memanaskan panggung MAMA 2019. Para penyanyi yang datang ke MAMA 2019 termasuk GOT7 memberi tepuk tangan yang meriah. Park Jinyoung juga menampilkan lagu barunya FEVER dalam versi piano. 

Penampilan Park Jinyoung X Mamamoo dan WayV / Credit: Mnet

Grup Cina WayV juga mencuri perhatian dengan aksi panggung mereka dan juga mendapat penghargaan Best New Asian Artist. Kun menyampaikan, “Terimakasih kepada pihak MAMA yang telah memberikan kami kesempatan untuk menampilkan lagu kami. Terima kasih juga untuk Lee Sooman.”

BTS menghiasi bagian terakhir dari acara penghargaan dengan pertunjukan skala konser. BTS menyampaikan pesan bahwa “masa lalu, masa kini, dan masa depan akhirnya ada di dalam diri kita” dengan membagi tema menjadi “masa depan yang bertemu dengan masa lalu.” Mulai dari lagu N.O, We are bulletproof pt.2, Mikrokosmos, hingga Dionysus, BTS menampilkan serangkaian lagu yang mencakup dari masa lalu dan masa kini.

Setelah menerima penghargaan Artist of the Year yang merupakan penghargaan terakhir, Suga menyampaikan pesan yang penuh air mata. Suga berkata, “Ini adalah tahun yang sangat sulit dan berisi kerja keras. Pada saat MAMA tahun lalu, para member menangis dan berkata, “Aku harus hidup dengan bekerja keras. Aku akan menjalani hidupku sebaik mungkin.” Jika melihat ke belakang, saat itu adalah masa sulit dan dunia seperti akan berantakan, tetapi setelah waktu berlalu aku bisa tersenyum dan berpikir. Setahun kemudian, aku tumbuh lebih besar dan lebih kuat,” ujarnya. 

RM juga menambahkan, “Tidak ada yang bisa kami lakukan. Kami akan bekerja keras untuk membuat musik dan berlatih di ruang latihan dan menari dengan giat, oleh karena itu kami akan bekerja keras dan bersinar di tempat kami untuk dapat menjadi kekuatan bagi kalian semua.” 

Berikut Daftar Pemenang MAMA 2019.

Artist of the Year (daesang)

BTS

Song of the Year (daesang)

BTS – Boy With Luv

Album of the Year (daesang)

BTS  Map of the Soul: Persona

Worldwide Icon of the Year (daesang)

BTS

Best New Male Artist

TXT

Best New Female Artist

ITZY

Best Male Artist

Baekhyun

Best Female Artist

Chungha

Best Male Group

BTS

Best Female Group

TWICE

Best Dance Performance Male Group

BTS – Boy With Luv

Best Dance Performance Female Group

TWICE – FANCY

Best Dance Performance Solo

Chungha – Gotta Go

Best Vocal Performance Group

BOL4 – Bom

Best Vocal Performance Solo

Taeyeon – Four Seasons

Best Music Video

BTS feat. Halsey – Boy with Luv

Best Band Performance

JANNABI – For Lovers Who Hesitate

Best Hip Hop & Urban Music

Heize – SHE’S FINE

Best OST

Gummy – Remember Me (Hotel Del Luna)

Best Collaboration

Lee Sora feat Suga – Song Request

Best Asian Artist Japan 

Aimyon

Best Asian Artist Mandarin

Li Ronghao

Best Asian Artist Thailand

NONT TANONT

Best Asian Artist Indonesia

ANDMESH KAMALENG

Best Asian Artist Vietnam

Hoang Thuy Linh

Favourite Dance Performance

GOT7

Favourite Vocal Performance

MAMAMOO

World Performer

MONSTA X

Breakthrough Achievement

SEVENTEEN

Worldwide Fans’ Choice

ATEEZ, BLACKPINK, EXO, GOT7, TXT, TWICE, Monsta X, BTS, SEVENTEEN, X1

International Favorite Artist

Dua Lipa

Best New Asian Artist

Way V

Original article: http://tenasia.hankyung.com/archives/1869471

Translations by: Ilham Ramadhan ilhamrams@gmail.com  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here