Jung Joon Young dan Choi Jong Hoon Dituntut Masing-masing 6 & 5 Tahun Penjara

0

By Aisya J.

Jung Joon Young dan Choi Jong Hoon dijatuhi hukuman penjara atas kasus pemerkosaan berkelompok yang melibatkan mereka dalam sidang pertama hari ini (29/11).

Pengadilan Pusat Distrik Seoul memvonis Jung Joon Young yang didakwa dengan tuduhan melanggar Undang-Undang tentang kasus kejahatan seksual dengan hukuman 6 tahun penjara.

Sedangkan Choi Jong Hoon yang didakwa dengan tuduhan yang sama, dijatuhi hukuman 5 tahun penjara. Pengadilan juga mengharuskan mereka untuk menjalani program rehabilitasi kekerasan seksual masing-masing 80 jam tidak boleh melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan memfasilitasi anak-anak dan remaja selama 5 tahun. Permintaan masa percobaan yang diajukan mereka juga ditolak pengadilan.

Pengadilan mendakwa, “Kedua terdakwa menyatakan bahwa wanita dalam keadaan sadar dan mereka (terdakwa dan korban) melakukan hubungan seksual atas dasar kemauan tanpa ada paksaan.” Lalu dilanjutkan, “Namun pihak Choi Jong Hoon keberatan dengan mengatakan bahwa tidak ada hubungan seksual dengan korban.” Lalu, “Namun, kami memiliki bukti percakapan dari group chat Kakaotalk dimana Joon Jung Young mengatakan bahwa Choi Jong Hoon melakukan hubungan seksual dengan korban. Dengan bukti ini, kami membenarkan bahwa Jung Joon Young dan Choi Jung Hoon bekerja sama melakukan hal tersebut kepada wanita yang sedang tidak sadar karena pengaruh alkohol.”

Mengenai dakwaan terkait video seks ilegal yang dibagikan di group chat Kakaotalk, pengadilan memutuskan bahwa isi pembicaraan di group chat tersebut dinyatakan tidak bersalah karena kurangnya bukti.

Dalam sidang putusan terakhir, jaksa menuntut 7 tahun penjara untuk Jung Joon Young, 5 tahun penjara untuk Choi Jong Hoon, serta 10 tahun penjara untuk Mr. Kwon, yang merupakan kakak kandung Yuri SNSD. Jaksa juga menjatuhi mereka masing-masing 5 tahun masa percobaan. Dalam sidang ini, karena Jung Joon Young mengakui telah melakukan kejahatan merekam video secara ilegal, pengadilan mengurangi hukumannya menjadi 6 tahun penjara. Pengadilan menyampaikan, “Menimbang bahwa tidak ada riwayat kejahatan sebelumnya dan para terdakwa yang mengakui beberapa kejahatan.”

Mereka didakwa atas tuduhan pemerkosaan secara berkelompok atas seorang wanita yang mabuk di Hongcheon, Provinsi Gangwon, pada Januari dan Daegu di bulan Maret tahun 2016 lalu. Jung Joon Young juga dituduh membagikan hasil rekaman video yang diambil secara diam-diam ketika berhubungan seks dengan seorang wanita di group chat Kakaotalk pada akhir 2015.

Mr. Kwon dijatuhi hukuman 4 tahun penjara. Jung Joon Young dan Choi Jong Hoon terlihat menangis setelah mendengar hasil putusan pengadilan.

Original article :http://tenasia.hankyung.com/archives/1865603

Translation by : Aisya Julia aisyajulia@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here